oleh

DLH Blitar Luncurkan Layanan Tinja Terjadwal dan Aplikasi Sedot Tinja

Kabartoday, Blitar – Plt. Walikota BlitarĀ  Santoso luncurkan layanan lumpur tinja terjadwal dan Aplikasi Layanan Informasi sedot tinja terintegrasi. Peluncuran 2 program itu di lakukan di IPLT Kelurahan Blitar Kecamatan Sukorejo, Senin (4/11) lalu.

Layanan yang di gagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar tersebut sebagai bentuk kepedulian lingkungan untuk mengajak masyarakat agar secara berkala melakukan sedot tinja.

Dalam sambutanya, Santoso mengatakan manfaat layanan sedot tinja menjadi satu hal penting dalam menjaga lingkungan dan hidup sehat. Dengan hadirnya aplikasi Sedot Tinja yang di beri nama aplikasi Sedoti diharapkan sebagai langkah baik untuk warga blitar.

BACA JUGA:  Bawaslu Banyuwangi Mulai Periksa Dugaan Penggelembungan Suara

“Melalui ini masyarakat dapat mencari informasi tentang layanan sedot tinja, pengetahuan tentang standart tanki septik dan manfaatnya. “Ucap Santoso.

Mantan Sekda ini juga mengapresiasi langkah DLH dalam menyediakan layanan aplikasi berbasis teknologi informasi. Menurutnya langkah tersebut merupakan inovasi dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat Blitat.

“Tinggal unduh aplikasi Sedoti, kemudian langsung bisa dioperasikan secara online. “Singkatnya.

BACA JUGA:  Penutupan MOM UNNAR, Rektor Minta Mahasiswa Ciptakan Karya Untuk Bangsa

Hadirnya layanan sedot tinja dan aplikasi ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk melakukan penyedotan atau pengurasan tanki septik secara berkala.

Sementara itu, layanan lumpur tinja terjadwal juga berperan penting dalam menjaga kondisi air tanah yang baik. Salah satu sebab pencemaran lingkungan adalah tangki septik yang tidak kedap, sehingga lumpur tinja dapat merembes ke tanah. “Jika sudah demikian akan dapat menimbulkan bermacam-macam penyakit menular. “Pungkasnya.[]Dwi

Komentar