oleh

Dompet Dhuafa Luncurkan #JanganTakutBerkurban 

Kabartoday, Jakarta – Lebaran (Hari Raya Idhul Fitri) telah berlalu, Dompet Dhuafa akan segera mempersiapkan berbagi kebaikan di hari Idul Adha melalui kurban.

Peluncuran #JanganTakutBerkurban dikatakan Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi menyampaikan program tersebut sebagai wujud kebersinambungan dari tema #JanganTakutBerbagi.

Lebih laniut dikatakanjya, #JanganTakutBerkurban, selain menebar berkah daging kurban ke seluruh penjuru nusantara, peran dan kepedulian masyarakat (pekurban) juga menjadi andil besar dalam memajukan peternak lokal.

“Alasan kami karena pesatnya daging impor yang telah memenuhi pasar-pasar di Indonesia. Semangat tersebut akan terus digelorakan untuk memberikan edukasi hingga ajakan agar Jangan Takut Berbagi dan Berkurban. Kami rasa itu akan menjadi kunci kesuksesan program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa tahun ini. “Urai Yuli di Rest Bakso Boejangan, jalan raya warung buncit, Kamis (20/6/2019).

BACA JUGA:  Ini Wajah Pelaku Pembunuh Bocah Umur 7 Tahun di Bogor

Yuli juga merekomendasi data di tahun 2018, saat itu Dompet Dhuafa mendapat amanah kurban 18.558 ekor, setara doka (Domba Kambing), dengan pencapaian penerima manfaat lebih dari satu juta jiwa.

Selama bergulir dijelaskan Yuli, THK telah menyebarkan kurban sebanyak 237.520 ekor setara dengan doka, sementara untuk penerima manfaat sebanyak 4.911.208 Kepala Keluarga ke 34 Provinsi di Indonesia, bahkan lebih dari 15 negara konflik seperti Palestina, Somalia, Filipina, Myanmar, Bangladesh, Bosnia, Pakistan, Libanon, Libya, Timor Leste, dan lain-lain.

“untuk Kurban tahun ini, target capaian kami kisaran angka 30.000 ekor hewan kurban, dengan pendistribusian dagingnya menjangkau daerah-daerah pelosok, marginal, terluar dan termasuk wilayah terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda dan Konawe. “Jelas Yuli.

Melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan sudah melewati tahapan seleksi, serta pendampingan oleh tim program Dompet Dhuafa, Yuli juga berharap semua elemen masyarakat dan lembaga pemerintah maupun swasta ikut andil dan berperan hingga terwujudnya sasaran Kurban.

BACA JUGA:  Menghina TNI Dalam Orasinya, Robertus Robet Ditangkap Polisi

Untuk mempermudah para donasi maupun pekurban, Dompet Dhuafa memberikan kemudahan melalui kanal perbankan, QR Code, payment online, kerja sama dengan e-commerce, Jemput kurban, serta sekitar 75 konter dan gerai THK Dompet Dhuafa di wilayah Jabodetabek, termasuk juga jaringan cabang Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia.

Adapun pendistribusiannya hingga kepelosok Indonesia dan negara-negara yang tengah mengalami konflik kemanusiaan, semisal Palestina, Bangladesh, Myanmar, Filipina, Timor Leste, Somalia dan Sudan akan menjadi prioritas Dompet Dhuafa dalam penyaluran Kurban tahun ini.

“Hewan Kurban THK harus memenuhi standar dan mutu kualitas. Termasuk juga pengendalian dan pengontrolan mutu hewan kurban THK oleh Tim QC Dompet Dhuafa. “Ucap Yuli.

BACA JUGA:  KAI Menunggu Lahirnya Presiden Baru

Yuli juga mengaitkan soal perkembangan Kurban tidak terlepas dari kemajuan sektor wakaf. Menurutnya Iahan Indonesia berdaya di Subang merupakan wujud pengelolaan lahan wakaf yang menjadi aset produktif.

“Setidaknya tersedia 8,5 hektare. Lahan tersebut yang menjadi titik fokus kami dalam wujudkan kemajuan ekonomi bagi masyarakat Desa Cirangkong. Subang, Jawa Barat. “Ulas Yuli.

lebih rinci Yuli juga menyebut lahan itu yang terintergrasi dan tidak terfokus pada satu sektor pemberdayaan saja. Sehingga mampu menjadi pusat sentra ternak bagi masyarakat wilayah Subang.

Untuk lebih jelasnya, Yuli menyampaikan kesemua pihak yang ingin menyalurkan hewan kurban, dapat hubungi;

Public Relations Dompet Dhuafa Philanthropy Building, JI. Warung Jati Barat No.14 Jakarta Selatan 12540, IndonesiaTentang Dompet Dhuafa.

U.P: Corcom Dompet Dhuafa, Bani (+6285770424310), Fatzry (+6285884860211) www.dompetdhuafa.org

Reporter dan Liputan: Tri Wulan Sari

Komentar