oleh

Dua Wagub Akan Hadiri Pembukaan Sidang Sinode III Keuskupan Amboina

-Daerah-3 views

Kabartoday, AMBON – Dua wakil gubernur (Wagub) dipastikan hadir pada pembukaan Sidang Sinode III Keuskupan Amboina Senin (9/9) malam di Ambon.

Dua wagub yang memastikan hadir masing-masing Wagub Provinsi Maluku Barnabas Orno serta Wagub Provinsi Maluku Utara Al Yasin Ali.

Ketua Organizing Committee (Panitia Pelaksana-red) Sinode III Keuskupan Amboina tahun 2019 Titus Renwarin memastikan dua Wagub tersebut akan hadir pada acara pembukaan.

“Sudah ada konfirmasi, wagub Maluku dan wagub Maluku Utara akan hadir pada acara pembukaan Sinode Keuskupan esok (Senin-red),” jelasnya Minggu (8/9) di Ambon.

Ia jelaskan panitia telah menyampaikan undangan kepada gubernur Maluku Murad Ismail dan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba. Demikian pula harapan Uskup Diosis Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi,M.S.C serta seluruh Umat Katolik akan kehadiran mereka.

BACA JUGA:  Solidaritas Kuli Tinta "RepublikNews" Berbagi Takjil

Tetapi karena ada kesibukan pemerintahan di waktu yang bersamaan, maka baik gubernur Maluku dan gubernur Maluku Utara mendelegasikan kepada masing-masing Wagub.

“Memang, kita semua berharap bapak Gubernur Maluku dan Gubernur Maluku Utara bisa hadir. Tetapi karena ada urusan pemerintahan lain di waktu bersamaan dan tidak bisa diwakilkan, maka yang hadir nanti adalah wakil gubernur dari dua provinsi ini,” terang Renwarin.

Ia paparkan, acara pembukaan Sidang Sinode III Keuskupan Amboina akan dibuka oleh Wagub Maluku Barnabas Orno Senin (9/9) dan akan berlangsung hingga Minggu (15/9). Sebelum pembukaan, kegiatan diawali dengan perayaan misa kudus pada Senin (9/9) pukul 17.00 WIT di Wisma Samadi Gonzalo Veloso kawasan Kopertis, Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

BACA JUGA:  GPMI Siapkan Generasi Rabbani DKI Jakarta

Adapun tema yang diusung pada Sinode tahun ini yaitu “Gereja Katolik Keuskupan Amboina membaharui dan memurnikan diri dalam pelayanannya di Maluku dan Maluku Utara, demi terwujudnya gereja yang mandiri”.

Kegiatan Sinode ini akan diikuti para imam serta umat Katolik yang terpilih di wilayah Keuskupan Amboina. Jumlah peserta sebanyak 200 orang terdiri dari 141 umat dan sisanya dari para imam.

BACA JUGA:  Bupati Banyuwangi : Semua Stakeholder Harus Berinovasi Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan

141 umat peserta ini berasal dari perwakilan wilayah Maluku Utara 18 orang, wilayah Pulau Seram dan Pulau Buru (20), wilayah Pulau Ambon (16), wilayah Kei Kecil (30), wilayah Kei Besar (12), wilayah Tanimbar dan Maluku Barat Daya (35) serta wilayah Kepulauan Aru 10 orang sehingga total berjumlah 141 peserta.

Untuk diketahui, Keuskupan Amboina telah melaksanakan dua kali sinode umat. Sinode I Keuskupan Amboina dilaksanakan di Ambon pada tanggal 25 Juni 3 Juli 1981. Saat itu, Keuskupan Amboina dipimpin Uskup Mgr. Andreas Petter Cornelius Sol,M.S.C. kemudian Sinode Il Keuskupan Amboina dilaksanakan juga di Ambon pada tanggal 7-18 September 2004. (MAL)

Komentar