oleh

Dukung ‘Zerro Plastik, Daging Qurban Polres Banyuwangi Berbungkus Besek Anyaman Bambu

Kabartoday, BANYUWANGI – Sebagai bukti konkrit dukungan terhadap program pemerintah mengurangi sampah plastik, Polres Banyuwangi menggunakan besek untuk membungkus daging qurban pada Idul Adha 1440 Hijriyah. Besek yang terbuat dari anyaman bambu ini digunakan untuk menggantikan kantong plastik karena lebih ramah lingkungan. Biasanya, besek seperti ini digunakan untuk membungkus tape.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi menyatakan, Polres Banyuwangi sengaja menggunakan besek untuk pembungkus daging kurban sebagai salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah mengurangi sampah plastik.

“Kita menggunakan besek sebagai tempat daging qurban sebagai salah satu upaya mengkampanyekan ‘zerro plastik’ atau pengurangan sampah plastik,” jelas Kapolres di sela pelaksanaan pemotongan daging qurban.

BACA JUGA:  Yohanes Effendy Akui Pembangunan GOR Bulutangkis Swadaya Warganya

Lebih jauh Polisi yang biasa dipanggil Taufik ini menjelaskan, Polres Banyuwangi ingin menjadi bagian langsung dalam mengurangi penggunaan pembungkus berbahan plastik. Sehingga tidak semakin menambah jumlah sampah plastik.

“Kami ikut serta dalam kegiatan mengurangi kantong plastik yang biasanya digunakan untuk bungkus,” tegasnya.

Pada Hari Raya Idul Adha kali ini, menurut Taufik, Polres Banyuwangi menyembelih 9 ekor sapi dan 13 ekor kambing. Untuk sapi di sembelih di Polres Banyuwangi sedangkan kambing pemotongannya diserahkan ke panti-panti asuhan dan masjid. Dari 9 sapi yang di potong di Polres, akan dikemas ke dalam 1.000 besek untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.

BACA JUGA:  Kampanye Pengurangan Sampah Plastik, Banyuwangi Gelar Festival Creative Recycle

Pantaua media ini, penggunaan besek untuk pembungkus daging qurban ini lebih praktis dan rapi. Untuk menjaga kesegaran daging dalam besek juga dilapisi dengan daun jati yang sudah sejak zaman dahulu digunakan masyarakat untuk membungus daging.

Endang Astuti, (30), warga Kebalenan, Banyuwangi, salah seorang penerima daging qurban mengaku kaget qurban yang diterimanya dibungkus dengan besek. Karena pada tahun-tahun sebelumnya daging qurban selalu dibungkus dengan kantong plastik.

BACA JUGA:  Ketua FKUB Kabupaten Kampar Tanggapi Gerakan People Power

“Penggunaan besek ini lebih bagus dan lebih aman daripada menggunakan kantong plastik. Terima kasih pak Kapolres,” kata perempuan ini usai menerima daging qurban dari Polres Banyuwangi. (HS) 

Caption : Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, saat memberikan daging qurban kepada warga, dan prosesi penyerahan hewan qurban kepada panitia serta saat pengemasan daging dalam besek

Komentar