oleh

Edukasi Pertanian dan Rumah Maggot FORMAPEL Tingkat Kota (Cikini) Resmi dibuka

Kabartoday, Jakarta, Dalam acara pembukaan Edukasi Pertanian dan rumah Maggot yang dilaksanakan di jalan Gondangdia, kelurahan Cikini, kec. Menteng, Jakpus, pada hari Selasa, (21/1/2020). Dibuka oleh Jajaran dari YBM PLN distribusi DKI, PT. KAI Daop Jakarta dan dari jajaran Muspida, Muspida Pemda Jakpus.

Hendra sebagai pembina dari Forum Masyarakat Perduli lingkungan (FORMAPEL) dalam keterangannya di pembukaan Edukasi Pertanian dan rumah Maggot mengatakan, ” solusi bagaimana caranya kita mengurangi sampah organik menjadi sebuah inovasi dengan lalat Maggot, lalat Maggot dapat menghabiskan 4 hingga 5 kali lipat sampah organik tersebut dari berat maggot itu sendiri. Keuntungan dari budidaya maggot ini sebagai pakan ternak, pupuk juga adanya penambahan tenaga kerja tentunya.

BACA JUGA:  Pelantikan DPRD Kabupaten Blitar Diwarnai Aksi Unjuk Rasa

“Budidaya Maggot awalnya adalah usaha FORMAPEL tingkat RT, namun karena apa yang dihasilkan dapat menghasilkan pengurangan sampah organik, pupuk, pakan ternak berprotein tinggi dan yang lebih utama mampu membuka peluang usaha bagi warga yang kurang mampu, hingga kegiatan ini dilirik oleh Yayasan Baitul mal (YBM) PLN distribusi DKI untuk melangsungkan kerjasama, hal ini juga disambut baik oleh pihak dari PT KAI Daop Jakarta, dengan mereka memberikan fasilitas area PJKA (bawah kolong rel sta. Cikini) untuk dimanfaatkan sebagai lokasi giat edukasi pertanian dan rumah Maggot. Hingga FORMAPEL ditingkatkan menjadi tingkat kota, dan sudah 8 wilayah FORMAPEL, ” ujar Hendra.

BACA JUGA:  Erwin Arief Mengaku Sering Didesak Fayakhun Soal Fee Proyek Satelit PT Merial Esa

Dengan adanya giat FORMAPEL dilingkungan kelurahan Cikini, disambut baik oleh Lurah Cikini Fajar Laksono, walaupun ‘Ia baru menjabat 1 Minggu, Fajar optimis dan mengapresiasi adanya Rumah Maggot ini, selain potensi pengurangan sampah yang memang sangat butuh perhatian, manfaat lain adalah adanya edukasi dan cipta sumberdaya manusia, terangnya dengan di damping oleh ketua pengurus RW 05 kelurahan Cikini. (Anna)

 

Komentar