oleh

Efek Covid-19, Warga Papua Diminta Lakukan Diversifikasi Pangan Lokal

-Daerah-34 views

Kabartoday, JAYAPURA – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih terus mencabik-cabik kehidupan manusia di berbagai belahan dunia. Indonesia termasuk Provinsi Papua pun tak luput dari pandemi virus corona. Hingga Minggu (17/5), jumlah kasus positif Covid-19 di Papua mencapai angka 436. Dari jumlah ini, 323 orang masih dirawat, 106 telah dinyatakan sembuh, sementara tujuh orang meninggal dunia.

Akibat pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada kehidupan ekonomi masyarakat terutama yang bekerja di sektor informal. Banyak warga kehilangan pekerjaan. Yang masih bekerja pun pendapatan menurun drastis. Hal ini tentunya berdampak pada kehidupan keluarga.

Dengan kondisi ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menghimbau warganya agar dapat melakukan diversifikasi pangan. Mereka diminta tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja dan terdorong untuk juga mengkonsumsi bahan pangan lainnya sebagai pengganti makanan pokok yang selama ini dikonsumsinya.

BACA JUGA:  Damin Sada Marah, PSBB di Kabupaten Bekasi Omong Kosong

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Papua Semuel Siriwa kepada media ini di Jayapura Senin (18/5/2020).

“Untuk menambah daya tahan akan dampak pandemi Covid-19, kami mengajak masyarakat di Bumi Cenderawasih agar mulai mengalihkan asupan makanan ke pangan lokal yang ada. Selain harganya yang murah, kandungan gizi yang ada jauh lebih baik dari nasi,” ujar Siriwa.

Ir. Semuel Siriwa,M.Si – Kepala Dinas Pertanian Provinsi Papua

Untuk diversifikasi ke pangan lokal ini, Pemprov Papua tidak hanya melakukan himbauan terhadap warganya, namun aksi nyata juga dilakukan. Pemprov Papua memberikan bantuan bahan pangan lokal secara gratis untuk warganya.

BACA JUGA:  Penyerangan Anggota Polisi di Mandalawangi Ternyata Nggak Waras 

Bantuan pangan lokal ini dilakukan Sabtu (16/5/2020) dimana lebih dari 10 ton pangan lokal dibagi untuk warga di empat wilayah di Jayapura. Empat wilayah ini antara lain Gunung Merah Sentani Kabupaten Jayapura, Lapangan Trikora Distrik Abepura Kota Jayapura, Koya Timur Distrik Muara Tami Kota Jayapura dan Pasir II Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura.

Pangan lokal yang dibagikan untuk warga ini antara lain umbi-umbian seperti singkong, petatas (ubi jalar) serta keladi (ubi talas). Ada juga sagu yang merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia Timur, sayur mayur, rica (cabe) tomat serta bawang merah dan buah-buahan produk lokal.

BACA JUGA:  Honda Brio Terjang Pembatas Jalan Hingga Tewas

Dalam program pembagian pangan lokal ini, pedagang lokal juga ikut diuntungkan. Pasalnya, semua pangan lokal itu dibeli Pemprov Papua dari mama-mama Papua yang berjualan di pasar.

Saat pembagian pangan lokal ini Sabtu (16/5/2020), Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal menyerahkan secara simbolis kepada warga dan dilanjutkan pembagian oleh petugas di empat lokasi.

“Saat acara penyerahan secara simbolis itu, bapak Wagub didampingi bapak Penjabat Sekda Papua (M. Ridwan Rumasukun-red). Kemudian petugas kita melanjutkan pembagian pangan lokal ke lokasi sasaran. Untuk diketahui, pembagian pangan lokal ini bukan saja untuk masyarakat asli Papua tetapi masyarakat lainnya yang menetap di wilayah Provinsi Papua,” terang Siriwa yang bertindak sebagai koordinator kegiatan tersebut. (Jan)

Komentar