oleh

Eggi Sudjana Akan Diperiksa Pagi Ini Sebagai Tersangka di Polda Metro Jaya

Kabartoday, Jakarta – Eggi Sudjana pagi ini akan di pemeriksa Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya atas dugaan pernyataannya ‘People Power’ pada hari ini, Senin (13/5/2019) pukul 10.00 Wib.

Penetapan tersangkanya kata Kabid Humas Polda metro Jaya Kombes Argo Yuwono Kamis kemaren tanggal 9 Mei 2019 hanya agenda pemeriksaannya Eggi.

Ucapan People Power yang dilontarkan Eggi Sudjana telah dianggap penyidik sebagai Makar dan dituduhkan melanggar Pasal 107 KUHP dan atau pasal 110 KUHP jo Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946.

BACA JUGA:  Mr Kan: Kecurangan Dianggap Hal Biasa, Ketua KPU Merusak Asas Rule Of Law

“Penyidik telah melakukan gelar perkara. Dalam gelar perkara itu, penyidik menyatakan bahwa laporan terhadap Eggi memenuhi unsur pidana. “Urai Argo.

Sebelumnya Eggi dilaporkan oleh Suriyanto, yang mengaku sebagai relawan dari Jokowi-Ma’ruf Center (Pro Jomac), dan juga dikabarkan pelapor atas nama Suriyanto berprofesi sebagai ketum dari organisasi kewartawan PWRI.

Suriyanto ke Bareskrim Polri pada Jumat (19/4/2019). Laporan Supriyanto teregister dengan nomor LP/B/0391/IV/2019/BARESKRIM tertanggal 19 April 2019 dengan tuduhan ucapan People Power yang dituduhkan sebagai penghasutan..

BACA JUGA:  Prabowo Kalahkan Jokowi di Tanah Pasundan Dengan Selisih 5.326.878 Suara

Sementara Kuasa Hukum Eggi Sudjana, Pitra Romadhoni Nasution menilai status tersangka kliennya sangat dipaksakan.

“Penyidik sangat memaksakan klien saya sebagai tersangka, arti dan makna people power yang di maksud Eggi bukan makar, tetapi malah dituduh makar, itu salah alamat. Karena Eggi tidak mempersoalkan pemerintahan yang sah, karena yang dipersoalkan Eggi hanya pelaksanaan Pilpres 2019 dan capres yang sarat terjadinya kecurangan, bukan mempersoalkan presiden. “Beber Pitra saat dihubungi Kabartoday.co.id, Senin (13/5/2019) pagi.

Pitra menilai telah terjadi kesalahan konstruksi hukum jika kliennya ditetapkan sebagai tersangka oleh Penyidik Polda Metro Jaya.

BACA JUGA:  IPMMI Sebut Udah Gak Waras, Acungkan Dua Jari, 6 Guru Honorer di Tangerang Dipecat

“Ucapan people power Eggi kok dituduh makar, saya rasa itu salah alamat. Klien saya (Eggi Sudjana.red), tidak mempersoalkan pemerintahan yang Sah… Sekali lagi saya tegaskan sperti itu, karena Eggi mempersoalkan capres yang curang. Itu yang harus digaris pahami. “jelas Pitra.

Pitra berharap penyidik Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya tidak memaksakan atas proses hukum terhadap kliennya.

“Kami akan penuhi panggilan penyidik, dan kami akan datang, karena sebagai warga negara yang baik harus taat hukum. “Ujarnya.Op/red)

Komentar