oleh

Enumerator Kab. Garut Laksanakan Pendataan Konsumsi Perikanan Bagi Masyarakat

-Aktual, Daerah-120 views

Kabartoday, Garut,- Mensiasati keterbatasan petugas dilapangan, Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) Dinas Perikanan Dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Garut menggunakan Metoda Random Sampling untuk pendataan konsumsi perikanan masyarakat di Kabupaten Garut, metoda ini dilaksanakan oleh Enumerator dari Diskannak kabupaten, (23/7/2019).

Saat pendataan di wilayah Kecamatan Leuwigoong Enumerator Kecamatan Leuwigoong, Leles, Cibatu, Limbangan dan Malangbong, Amalia, S.Pt menyebutkan, “untuk sementara ini rata-rata konsumsi perikanan warga kecamatan leuwigoong dinilai masih minim, hingga pendaataan saat ini jenis ikan mas dan bandeng presto termasuk yang paling banyak diminati warga. Sementara untuk jenis ikan laut seperti ikan kembung dan tongkol segar masih sangat langka dijumpai dipasaran setempat.

Ketersediaan lahan budidaya ikan di Kecamatan Leuwigoong memadai untuk dikembangkan sebagai potensi yang potensial bagi pembangunan di Leuwigoong, “Papar Amalia menambahkan.

BACA JUGA:  Begini Cara Selamatan Tolak Bala Ala Warga Desa Adat Kemiren Banyuwangi

sementara Dede Cahyo, ketua kelompok perikanan Mina Sari megharapkan ada kebijakan pemerintah yang digelontorkan untuk merangsang dan mendongkrak budidaya perikanan ke wilayahnya.

Potensi yang kami miliki disini masih sangat membutuhkan bimbingan dan pembinaan dari pemerintah, terutama dalam segi bantuan sarana dan prasarana perikanan agar potensi perikanan ini bisa menjadi penopang yang handal bagi pengadaan pemenuhan gizi masyarakat dan memberikan dampak pembangunan yang luas di kecamatan leuwigoong, “ungkap Dede Cahyo yang juga Ketua RT setempat menyampaikan harapannya dihadapan petugas.

BACA JUGA:  Pemberitaan 'Giliran Pihak Eggi Sudjana Seret Amien Rais Jadi Tersangka' HOAX

Sementara itu Dedi, petugas enumerator menyimak apa yang disampaikan oleh warga di wilayah tugasnya. “Benar, beberapa lokasi di Kecamatan Leuwigoong potensial untuk dikembangkannya budidaya perikanan, terutama dilokasi ini, aliran airnya normal dan stabil mengalir dari daerah irigasi (DI) Bendung Leuwigoong yang dialiri air dari sungai copong. setelah menerima ini kami akan menyampaikan ke bidangnya. “tutur Dedi. (Alam)

BACA JUGA:  Prabowo Yakin Kalahkan Petahana Diangka 63% 

Komentar