Kabar Today http://www.kabartoday.co.id Jujur & Aktual Wed, 17 Jul 2019 01:38:01 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.2 Bupati Banyuwangi : Semua Stakeholder Harus Berinovasi Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan http://www.kabartoday.co.id/bupati-banyuwangi-semua-stakeholder-harus-berinovasi-tekan-angka-kematian-ibu-melahirkan/ http://www.kabartoday.co.id/bupati-banyuwangi-semua-stakeholder-harus-berinovasi-tekan-angka-kematian-ibu-melahirkan/#respond Wed, 17 Jul 2019 01:38:01 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30689 Kabartoday, BANYUWANGI – Upaya penurunan terhadap angka kematian ibu (AKI) menjadi perhatian serius Pemkab Banyuwangi. Bahkan untuk itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengumpulkan seluruh Kepala Puskesmas dan Koordinator Puskesmas Pembantu (Pustu) se-Banyuwangi, camat, dan sejumlah kepala desa untuk bersama-sama untuk kepentingan dimaksud.

“Kemarin Senin (15/7/19), sudah kita gelar rapat koordinasi kesehatan di Pendopo. Saya ingin semua menaruh perhatian besar terhadap masalah ibu melahirkan yang beresiko tinggi,” jelas Anas di Banyuwangi , Rabu (17/7/19).

Dalam kesempatan itu, Anas mendorong semua stakeholder untuk terlibat dalam menekan angka kematian ibu saat melahirkan.

“Semua stakeholder harus bahu membahu. Menciptakan berbagai inovasi pelayanan kesehatan. Mulai camat, kepala desa harus bersama-sama dengan puskesmas melakukan upaya penurunan ini dengan inovasinya,” pinta Anas.

Inovasi kesehatan yang ditekankan oleh Anas adalah Mal Orang Sehat dan layanan jemput bola di setiap puskesmas. Dengan adanya dua inovasi tersebut, diharapkan adanya upaya preventif dari masyarakat untuk mencegah kematian ibu saat proses melahirkan.

“Semua potensi yang bisa mengakibatkan resiko ketika melahirkan bisa diketahui sejak dini, asal dipantau secara rutin. Jangan bosan turun ke masyarakat untuk menggerakkan program jemput bola. Khususnya secara rutin memantau ibu-ibu hamil (bumil),” paparnya.

Untuk memaksimalkan inovasi tersebut, Anas meminta kepada pihak kecamatan dan desa untuk ikut serta berkontribusi.

“Pak Camat, kalau turun ke masyarakat jangan hanya bersama Forpimka, tapi ajak juga Kepala Puskesmas. Agar mereka juga bisa menyampaikan program-program kesehatan. Begitu juga dengan para kepala desa,” ajak bupati asal Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari ini.

Selain itu, Anas juga mendorong kepada ibu yang hamil untuk konsultasi kesehatan rutin di puskesmas, baik yang beresiko maupun tidak.

“Terkadang, di tengah perjalanan mengandung itu, resiko kehamilan muncul. Jadi puskesmas dan desa harus aktif mengajak warganya memeriksakan rutin. Libatkan juga posyandu,” ujar Anas.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono mengatakan, peristiwa kematian ibu saat melahirkan banyak disebabkan oleh pendarahan dan preeklampsia. Penyebab terakhir sendiri, merupakan komplikasi pada kehamilan yang ditandai tekanan darah tinggi.

“Dua penyebab ini, sebenarnya bisa ditangani jika diketahui sejak dini,” papar Kadiskes yang akrab dengan sapaan dr. Rio ini.

Data dari Dinas Kesehatan mencatat, tahun 2018 ada 24 kematian ibu hamil, dengan angka kelahiran bayi 23 ribu jiwa. Selama ini, Banyuwangi telah membuat berbagai inovasi kesehatan untuk menekan AKI. Salah satunya adalah Laskar Stop Angka Kematian Ibu dan Anak (SAKINA) yang diinisiasi oleh Puskesmas Sempu sejak 2013.

Program tersebut terbukti berhasil menekan AKI. Pada tahun 2012, Kecamatan Sempu menjadi daerah dengan kasus kematian ibu melahirkan tertinggi di Banyuwangi dengan jumlah kasus mencapai 16 kematian. Berkat SAKINA, sejak tahun 2015 tidak ada lagi kasus kematian ibu di wilayah Kecataman Sempu.

“Kita menyiapkan Laskar SAKINA untuk berkeliling dan mengabarkan kepada kami, jika terdapat ibu hamil dengan resiko tinggi,” ungkap Kepala Puskesmas Sempu Hadi Kusairi.

Tak ketinggalan, dr. Rio pun telah meminta seluruh puskesmas untuk menggalakkan kegiatan serupa. “Puskesmas terus kita minta untuk terus melakukan upaya penekanan angka kematian ibu. Mengingat angka kelahiran bayi di Banyuwangi yang juga tinggi, maka potensi itu akan selalu ada, namun terus kita coba tekan,” tandasnya.

Selain itu, juga ada inovasi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Genteng, Banyuwangi. Melalui program Semua Kasus Beresiko Ditangani Sepenuh Jiwa (Sekartaji), bekerjasama dengan sejumlah elemen masyarakat untuk memberikan pelayanan jemput bola terhadap ibu yang hendak melahirkan.

“Program ini untuk mengantisipasi pasien yang bermasalah secara teknis, seperti tidak adanya kendaraan untuk mengevakuasi pasien ke rumah sakit. Nah kami siap menjemput pasien yang beresiko dan darurat. Ambulance RSUD Genteng telah dilengkapi alat komunikasi yang terhubung dengan beberapa elemen masyarakat. Seperti IDI, RAPI, dan lainnya, sehingga kami siap mendatangi pasien,” terang Direktur RSUD Genteng dr. Taufiq Hidayat, ikut menimpali. (HS)

Caption : Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat menggelar rakor dengan stakeholder dan SKPD terkait

]]>
http://www.kabartoday.co.id/bupati-banyuwangi-semua-stakeholder-harus-berinovasi-tekan-angka-kematian-ibu-melahirkan/feed/ 0
Pabrik Tabung Gas di Karawang di Demo Massa http://www.kabartoday.co.id/pabrik-tabung-gas-di-karawang-di-demo-massa/ http://www.kabartoday.co.id/pabrik-tabung-gas-di-karawang-di-demo-massa/#respond Tue, 16 Jul 2019 21:01:25 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30685 Kabartoday, Karawang – Aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  dan Ormas  melakukan aksi damai di PT Maju Teknik Utama Indonesia yang terletak di jalan Gintungkerta, Kecamatan Klari,  Karawang Timur.

Aksi tersebut disinyalir pengolahan limbah baja dilakukan sendiri oleh pihak perusahaan tersebut tanpa melibatkan warga sekitar.

Ketua Aliansi LSM dan Ormas, Suparno mengatakan selama beroperasinya perusahaan tersebut tidak pernah memberi kesempatan kepada warga sekitar dalam mengelola limbah baja, sehingga sangat berdampak pada kesenjangan sosial di warga, dan merugikan pemerintah kabupaten untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

“Saya minta perusahaan untuk segera memberi kesempatan kepada putra daerah dalam pengelolaan limbah sisa produksi, “kata Suparno yang akrab disapa Wa Parno,  Selasa (16/7) di lokasi.

Dia juga menegaskan kepada managemen perusahaan untuk mau berdialog dan berbagi dalam pengelolaan limbah pembuat tabung gas melon ukuran 3 kg dan tabung  gas ukuran 6 kg, sehingga dapat meningkatkan PAD bagi kepentingan pembangunan di Kabupaten Karawang.

“Kami berharap pihak perusahaan pro-aktif dengan masyarakat lingkungan ,”pintanya.

Aksi massa Aliansi didepan perusahaan dikawal ketat pihak Kepolisian Resort Karawang untuk menjaga munculnya amuk massa.

Suparno menduga vendor tabung gas PT  Maju Teknik Utama Indonesia yang sedang berjalan merupakan perusahaan Non PKP sehingga merugikan negara, “Perusahaa ini diduga masuk katagori perusahaan Non PKP, “tutupnya.(Aziz)

]]>
http://www.kabartoday.co.id/pabrik-tabung-gas-di-karawang-di-demo-massa/feed/ 0
Warga Wonosobo Banyuwangi Jadi Korban Gempa Nusa Dua Bali http://www.kabartoday.co.id/warga-wonosobo-banyuwangi-jadi-korban-gempa-nusa-dua-bali/ http://www.kabartoday.co.id/warga-wonosobo-banyuwangi-jadi-korban-gempa-nusa-dua-bali/#respond Tue, 16 Jul 2019 15:11:19 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30682 Kabartoday, BANYUWANGI – Gempa yang terjadi di 83 km barat daya Nusa Dua, Bali, di rasakan di seluruh Banyuwangi. Gempa ini mengakibatkan kerusakan bangunan di sejumlah wilayah. Namun kerusakan bangunan yang paling parah menimpa rumah Painem, warga Dusun Krajan Baru, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono.

Painem juga mengalami luka dibagian kening akibat tertimpa reruntuhan genteng dan batu bata rumahnya.

Menurut Painem, sesaat sebelum gempa berkekuatan 6,0 SR itu terjadi dirinya sedang mencuci piring di dapur. Saat gempa terjadi diapun berusaha menyelamatkan diri dan berlari ke luar rumah.

Meski berhasil namun perempuan ini sempat tertimpa reruntuhan bangunan rumahnya. “Saat saya lari keluar rumah terkena batu bata dan genteng yang runtuh,” kata Painem sambil berbaring di tempar tidur.

Saat itu, Painem langsung dibawa ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan. Usai mendapatkan perawatan, Painem diperbolehkan pulang.

Kini dia beristirahat di rumah ibunya yang terletak tidak jauh dari rumahnya. Untuk sementara Painem tidak bisa menempati rumahnya karena mengalami kerusakan parah khsusunya di bagian belakang.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 07.18 WIB menurut Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi dirasakan di seluruh Banyuwangi. Hanya saja skalanya berbeda. Gempa dirasakan lebih kuat di wilayah Banyuwangi selatan hingga Banyuwangi tengah.

“Sedangkan di Banyuwangi barat seperti wilayah Songgon dan Licin lebih ringan,” jelas Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi, Eka Muharram.

Eka Muharram menyebut, kerusakan akibat gempa di wilayah Banyuwangi tidak masuk kategori berat. Hanya ada satu yang terkategori sedang yakni rumah Painem. Karena kerusakan yang terjadi masuk kategori ringan, maka perbaikan akan dibantu pihak Desa setempat.

Sebab menurutnya, di Banyuwangi di dalam ADD setiap Desa sudah dialokasikan untuk kegiatan penanganan bencana. Sehingga untuk kategori kerusakan yang ringan akan ditangani dengan dana ADD dari Desa.

Dia menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada. Dari hasil analisis BMKG, kata Dia, gempa susulan tidak ada yang lebih besar. “Ada gempa susulan, tapi tidak terasa di Banyuwangi,” kata Eka Muharram mengakhiri. (HS)

Caption : Kondisi bagian belakang rumah Painem di Dusun Krajan Baruu, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono
Kondisi bagian belakang rumah Painem di Dusun Krajan Baru, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono

]]>
http://www.kabartoday.co.id/warga-wonosobo-banyuwangi-jadi-korban-gempa-nusa-dua-bali/feed/ 0
Warga Banyuwangi Semburat Keluar Rumah Terdampak Gempa Nusa Dua Bali http://www.kabartoday.co.id/warga-banyuwangi-semburat-keluar-rumah-terdampak-gempa-nusa-dua-bali/ http://www.kabartoday.co.id/warga-banyuwangi-semburat-keluar-rumah-terdampak-gempa-nusa-dua-bali/#respond Tue, 16 Jul 2019 15:04:50 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30679 Kabartoday, BANYUWANGI – Gempa berkekuatan 6.0 Skala Richter (SR) sekitar pukul 07.18 WIB, Selasa (16/7/19), di 83 km barat daya Nusa Dua, Bali dirasakan di Banyuwangi. Guncangan yang terjadi di Banyuwangi dirasakan cukup kuat.

Bahkan sejumlah warga sempat semburat keluar dari bangunan. Guncangan gempa terjadi sebanyak dua kali dan berlangsung selama beberapa detik.

Sejumlah warga berlarian meninggalkan rumah begitu merasakan gempa tersebut. Beberapa ibu rumah tangga yang sedang memasak juga spontan meninggalkan dapurnya. Bahkan ada ibu-ibu yang lari sambil membawa alat masaknya.

“Saya tadi sedang memasak. Begitu merasakan gempa, saya segera lari keluar rumah,” kata Rahayu, (31), warga Lingkungan Sukorejo, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Glagah.

Rahayu menyatakan, awalnya dia merasakan lemari es yang berada di dalam dapurnya berguncang keras. Pada saat bersamaan, rak yang berada di dapur juga bergoyang-goyang. Saat itulah dirinya menyadari sedang terjadi gempa. Sehingga dirinya segera keluar rumah bersama anaknya.

“Saya sempat agak lama di luar rumah. Takut masih ada gempa susulan,” kata ibu dua anak ini.

Sejumlah karyawan sebuah koperasi juga semburat meninggalkan tempat kerjanya. Mereka berlarian keluar ruangan untuk menghindari kemungkinan bahaya akibat goncangan gempa yang terjadi. Selama beberapa menit mereka berada di ruangan. Setelah beberapa lama tidak ada gempa susulan, mereka kembali masuk ke dalam ruang kerjanya.

Gempa juga dirasakan di pusat kota Banyuwangi. Reza, (39), warga Kelurahan Singotrunan, mengaku kaget saat terjadi gempa. Ketika itu, pria ini hendak mandi. Namun baru saja masuk ke dalam kamar mandi, dia merasakan guncangan yang sangat kuat.

“Seketika itu saya lari keluar rumah,” katanya.

Saat berita ini ditulis, belum ada laporan resmi kerusakan bangunan ataupun korban di wilayah Banyuwangi. Namun di media sosial WhatsApp, beredar kabar sejumlah bangunan mengalami kerusakan ringan seperti genteng bangunan turun dan atap teras sebuah masjid rusak. Ada juga kabar seorang ibu di wilayah Srono mengalami luka ringan di beberapa bagian tubuhnya. (HS)

]]>
http://www.kabartoday.co.id/warga-banyuwangi-semburat-keluar-rumah-terdampak-gempa-nusa-dua-bali/feed/ 0
Korban Gempa Dapat Bantuan Sembako Dari PCNU Banyuwangi http://www.kabartoday.co.id/korban-gempa-dapat-bantuan-sembako-dari-pcnu-banyuwangi/ http://www.kabartoday.co.id/korban-gempa-dapat-bantuan-sembako-dari-pcnu-banyuwangi/#respond Tue, 16 Jul 2019 14:17:00 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30676 Kabartoday, BANYUWANGI – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi menyalurkan bantuan kepada korban Gempa yang ada di Banyuwangi. Bantuan yang diberikan berupa paket paket sembako untuk kebutuhan sehari-hari dan uang tunai. Bantuan diserahkan langsung kepada korban dengan mendatangi rumahnya.

Penyerahan bantuan dilakukan langsung Ketua PCNU Banyuwangi KH. Ali Makki Zaini. Korban gempa yang mendapatkan bantuan kali ini adalah yang mengalami kerusakan paling parah dan mengalami luka yakni Painem, warga Dusun Krajan Baru, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono.

“Ini bantuan yang bersifat instan dulu,” kata Kyai yang akrab dipanggil Gus Makki ini.

Penyerahan bantuan diberikan langsung kepada Painem yang mengalami luka di bagian kening akibat terkena runtuhan bangunan rumahnya. Gus Makki mengajak lembaga NU Care dan lembaga penanggulangan Bencana NU.

Selain bantuan yang sudah diberikan, Gus Makki menyebut akan memberikan bantuan sembako selama Painem menjalani perawatan. Sehingga yang bersangkutan bisa beristirahat dan segera pulih dari kondisinya yang mengalami luka akibat gempa.

“Kita juga bantu bagaimana kebutuhan sembakonya tiap hari selama sakit, akan kita penuhi,” ujarnya.

Dia menyebut, ada dua titik yang akan mendapatkan bantuan awal. Selain Painem ada satu warga Desa Kaliploso yang rumahnya juga mengalami kerusakan pada bagian dinding yakni Tukidi. Meski rumahnya mengalami kerusakan namun Tukidi lebih beruntung. Karena saat kejadian dirinya sedang tidak berada di rumah.

Gus Makki berharap agar mereka yang menjadi korban gempa diberikan kesabaran. Karena musibah ini merupakan cobaan dari Allah SWT.

“Kami menghimbau siapa yang terdekat agar membantu semampunya kepada korban,” pungkasnya. (HS)

Caption : Gus Makki saat menyampaikan bantuan sembako dan sejumlah uang kepada Painem warga Wonosobo yang menjadi korban gempa, Selasa (16/7/19) pagi

]]>
http://www.kabartoday.co.id/korban-gempa-dapat-bantuan-sembako-dari-pcnu-banyuwangi/feed/ 0
Grup Xpress Air Segera Buka, Rute Banjarmasin – Banyuwangi http://www.kabartoday.co.id/grup-xpress-air-segera-buka-rute-banjarmasin-banyuwangi/ http://www.kabartoday.co.id/grup-xpress-air-segera-buka-rute-banjarmasin-banyuwangi/#respond Tue, 16 Jul 2019 13:05:20 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30673 Kabartoday, BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi akan semakin mudah diakses. Karena dalam waktu dekat, Grup Xpress Air akan segera merealisasikan penerbangan langsung rute Banjarmasin-Banyuwangi pada akhir Juli 2019 mendatang. Untuk mematangkan rencana tersebut tim dari Xpress Air pun datang ke Banyuwangi, membahas bersama Bupati Abdullah Azwar Anas.

”Kedatangan kami ke Banyuwangi dalam rangka mematangkan direct flight Banjarmasin-Banyuwangi dan sebaliknya. Kami tertarik ingin meramaikan Banyuwangi dan mencoba menggali potensi daerah ini,” kata Fanny Andri, Direktur Komersial Express Air saat bertemu Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Selasa (16/7/19).

Dijelaskan Fanny, rencana penerbangan perdana akan dilakukan pada akhir Juli 2019 mendatang.

“Sampai saat ini direncanakan tiga kali jadwal penerbangan dalam seminggu. Jadwalnya, pada siang hari yakni sekitar pukul 12.40 WITA dari Banjarmasin dan pukul 13.25 WIB dari Banyuwangi menuju Banjarmasin,” paparnya.

Pada penerbangan ini, lanjut Fanny, pesawat yang digunakan adalah pesawat Boeing 737 seri 500/300 dengan kapasitas 120 – 140 penumpang. Pesawat ini akan melayani kelas economy priority sebanyak 4 seat, sisanya merupakan kelas ekonomi.

“Perijinan dan prosesnya sudah mencapai 80 persen. Bersamaan kami sedang mempersiapkan tim advance untuk mengurus persiapan teknis, safety sampai marketnya. Agar target akhir Juli bisa terealisasi,” cetus Fanny.

Lebih lanjut Fanny mengatakan, pihaknya tertarik membuka rute baru ini karena potensi market yang sangat menjanjikan. Selain Banyuwangi telah menjadi tujuan wisatawan, pasar Banyuwangi sebagai lokasi studi banding instansi dari daerah lain di Indonesia adalah pasar yang menggiurkan. Tercatat cukup banyak pemerintah kabupaten/kota dari Pulau Kalimantan yang berkunjung ke Banyuwangi untuk melakukan kolaborasi program inovasi.

Tak hanya rute Banjarmasin, Fanny mengaku pihaknya tengah menyiapkan rute Yogyakarta – Banyuwangi.

“Kalau untuk Yogya pasarnya memang untuk wisatawan, jadi kami langsung menghubungkan wisatawan point to point,” ujarnya.

Fanny lalu menjelaskan mengapa Xpress Air mengambil titik rute dari Banyuwangi. Xpress Air mencoba mengakomodir mobilisasi masyarakat di remote area, yakni pasar yang jauh dari hub besar. Banyuwangi salah satunya.

“Kalau kita bicara hub besar pasarnya sudah terlalu jenuh. Sementara di sekeliling hub itu ada pasar, yang membutuhkan waktu panjang untuk menuju hub besar. Jadi kami mengakomodir perjalanan masyarakat di remote area untuk mempersingkat perjalanan,” beber Fanny.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik rencana Xpress air yang membuka rute Banjarmasin. Menurutnya, Banjarmasin termasuk pusat pertumbuhan yang sangat tinggi di luar Jawa, selain pasarnya juga ada.

“Xpress Air sudah riset, yang artinya ini sangat potensial dan menguntungkan untuk Banyuwangi dan Banjarmasin. Apalagi saat ini orang studi banding dari luar Jawa ke Banyuwangi tinggi. Tentunya ini prospek yang bagus,” kata Anas.

Ditambahkan Anas, dengan dibukanya rute ini akan memudahkan daerah disekitar Banyuwangi yang akan melakukan perjalanan ke Kalimantan dan Yogyakarta. Ini bisa dimanfaatkan oleh pekerja asal Jember, Bondowoso dan Situbondo.

“Bandara Banywuangi bisa menjadi hub kecil bagi daerah sekitarnya. Pintu orang masuk ke Banyuwangi ini akan semakin banyak dengan rute Banjarmasin dan Yogyakarta yang akan dibuka Xpress Air, tentunya akan membawa dampak positif bagi Banyuwangi. Ini akan menyambungkan Banyuwangi dengan kota di luar Jawa, apalagi rute Xpress Air banyak di luar Jawa,” kata Anas.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Banyuwangi Anton Marthalius mengapresiasi Xpress Air yang membuka rute baru dari dan ke Banyuwangi. Dari sisi slot time, kata dia, Bandara Banyuwangi masih berpotensi untuk menambah frekuensi

“Mencari virgin route ini memang sulit, jadi ini sangat menggembirakan. Ini akan membuka lebar akses ke Banyuwangi, apalagi ada maskapai nasional yang rencananya juga membuka dua rute domestik lagi dalam waktu dekat,” tandas Anton. (HS)

Caption : Tim dari Xpress Air saat membahas persiapan penerbangan bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

]]>
http://www.kabartoday.co.id/grup-xpress-air-segera-buka-rute-banjarmasin-banyuwangi/feed/ 0
ASDP Bakal Ubah Pelabuhan Banyuwangi Jadi Ikon Baru Pariwisata http://www.kabartoday.co.id/asdp-bakal-ubah-pelabuhan-banyuwangi-jadi-ikon-baru-pariwisata/ http://www.kabartoday.co.id/asdp-bakal-ubah-pelabuhan-banyuwangi-jadi-ikon-baru-pariwisata/#respond Tue, 16 Jul 2019 13:00:04 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30670 Kabartoday, BANYUWANGI – Pelabuhan Ketapang Banyuwangi bakal disulap menjadi ikon baru untuk penarik wisatawan. PT ASDP Indonesia Ferry berada digaris depan untuk hal ini. Karena pelabuhan yang merupakan jalur penyeberangan dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali itu juga menjadi pelabuhan digital dengan berbagai modernisasi pelayanan yang mengandalkan instrument teknologi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan direksi PT ASDP Indonesia Ferry sudah melakukan pembahasan terkait rencana pengembangan terkait hal tersebut. Terlebih status PT ASDP merupakan BUMN jasa angkutan penyeberangan pengelola Pelabuhan Ketapang.

“Beberapa waktu lalu kami bertemu Dirut ASDP. Kami membahas rencana pengembangan pelabuhan di Banyuwangi oleh ASDP, baik dari segi layanan publiknya atau aspek bisnisnya. ASDP ingin ingin mengubah “wajah” Pelabuhan Ketapang yang merupakan pintu gerbang sisi laut Banyuwangi sebagai daya tarik wisata,” kata Anas, Selasa (16/7/19).

Tak pelak Anas pun merespons positif pengembangan yang bakal digarap ASDP tersebut.

“Tentu ini akan menjadi daya tarik wisata baru, karena konsepnya sangat bagus. Akan dahsyat karena seiring dengan penuntasan Tol Trans Jawa sampai Banyuwangi yang jalurnya direncanakan searah dengan Pelabuhan Ketapang. Juga sejalan dengan Museum Kereta Api yang dalam proses persiapan pembangunan oleh BUMN PT INKA,” papar Anas.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, pengembangan pelabuhan tersebut bakal dilakukan secara menyeluruh, dari sisi pelayanan maupun konsepnya sebagai destinasi.

Dari sisi pelayanan, bakal dilakukan digitalisasi seperti automatic ticketing. Selain jalur pemesanan via online, ASDP bakal menyiapkan tempat check-in mobil sebelum masuk ke pelabuhan. Sehingga, ketika sampai pelabuhan, lewat sistem digital, mobil bisa langsung cepat terangkut ke kapal. Dengan digitalisasi, pelayanan bisa lebih cepat.

“Kami sudah hitung, ini akan jauh lebih cepat. Hitungannya pelayanan penumpang atau mobil masuk cukup sekian detik, karena digital semua,” ujarnya.

Dari sisi infrastruktur, Pelabuhan Ketapang bakal dipermak menjadi daya tarik pariwisata.

“Model bangunan dan berbagai fasilitas penunjang kita desain sedemikian rupa untuk menyambut wisatawan yang trennya naik di Banyuwangi,” papar Ira.

Ditambahkan Ira, dengan makin lancarnya jalur transportasi lewat Tol Trans Jawa sampai Banyuwangi, maka akan terjadi peningkatan orang bepergian jarak jauh dengan mobil. Untuk itu, kata dia, pihaknya ingin memastikan pelabuhan ikut berkontribusi dalam pengembangan pariwisata daerah.

“Ketika sektor pariwisata naik, kita harus menyelaraskan ke arah itu, salah satunya dengan membangun infrastruktur yang bisa menarik wisatawan,” bebernya.

“Karena itu, kami ingin memastikan bahwa apapun yang kita bangun selaras dengan visinya Banyuwanyi. Bandara Banyuwangi, pendopo, dan bangunan berarsitektur lainnya menjadi contoh kami untuk membangun infrastruktur di Pelabuhan Ketapang. Setelah diskusi kemarin, akan kami matangkan lagi secara final di internal kami. Intinya kami ingin mengembangkan wajah baru ASDP lewat dengan membangun pelabuhan yang akan menjadi daya tarik bagi wisatawan,” tutupnya.

Diketahui, pada 2018, total ada 13,4 juta penumpang pada jalur penyeberangan Banyuwangi-Bali. Total ada 2,5 juta kendaraan roda empat yang dilayani jalur tersebut. (HS)

Caption : Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat membahas rencana pengembangan pelabuhan di Banyuwangi oleh ASDP

]]>
http://www.kabartoday.co.id/asdp-bakal-ubah-pelabuhan-banyuwangi-jadi-ikon-baru-pariwisata/feed/ 0
Kampanye Pengurangan Sampah Plastik, Banyuwangi Gelar Festival Creative Recycle http://www.kabartoday.co.id/kampanye-pengurangan-sampah-plastik-banyuwangi-gelar-festival-creative-recycle/ http://www.kabartoday.co.id/kampanye-pengurangan-sampah-plastik-banyuwangi-gelar-festival-creative-recycle/#respond Tue, 16 Jul 2019 11:41:01 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30667 Kabartoday, BANYUWANGI – Event Festival Creative Recycle digelar Kabupaten Banyuwangi, Selasa (16/7/19). Gelaran sebagai kampanye pengurangan sampah dengan cara menarik. Ratusan siswa dilibatkan untuk berpikir secara kreatif dan diedukasi bagaimana memanfaatkan sekaligus mengurangi sampah di lingkungannya.

Tak tanggung tanggung, artis Dik Doank juga dihadirkan untuk mengedukasi ratusan siswa yang berjumlah 300 terdiri dari tingkat SD dan SMP. Mereka berkumpul di RTH Sayu Wiwit depan Taman Makam Pahlawan (TMP) di JL A Yani depan Kantor Pemkab Banyuwangi, untuk mengikuti festival kreasi daur ulang.

Mereka berlomba mengolah sampah anorganik menjadi barang yang bermanfaat. Mulai koran bekas menjadi tas belanja, botol plastik bekas minuman menjadi vas bunga hingga sedotan bekas yang didaur ulang menjadi bunga-bunga cantik yang siap dijual dan bernilai ekonomis.

Seperti yang dilakukan Ria Oktaviana, siswa SMPN 2 Banyuwangi. Ia membuat pohon dan bunga dari gelas teh plastik bekas, sedotan dan botol minuman bekas. Bersama temannya, ia juga sepakat untuk mengolah limbah plastik yang banyak terdapat di sekitar mereka.

“Sampah botol, gelas minum, dan sedotan plastik ini banyak tercecer di sekitar kami. Jadi kami terpikir untuk memanfaatkan, karena mudah sekali didapatkan. Kami berlatih mengutak-atik menjadi apa barang ini, akhirnya jadi pohon yang berbuah. Ternyata menyenangkan juga mengolah bahan bekas ini, kita diajak berpikir kreatif,” cetus Ria.

Dik Doank mengaku senang dengan cara Pemkab Banyuwangi melakukan kampanye pengurangan sampah melalui cara ini. Di hadapan peserta, artis yang memiliki sekolah alam Kandank Jurank Doank (KJD) ini lalu sharing dengan siswa tentang bahaya sampah jika tidak segera dikendalikan. Dik Doank juga mengedukasi dan membangkitkan kesadaran mereka untuk peduli terhadap sampah lewat permainan kreatif.

“Festival ini menarik. Selain melibatkan anak-anak agar tumbuh kesadaran sejak dini, kampanye ini juga dilakukan rutin dan dimasukkan agenda besar tahunan. Ini menunjukkan kearifan lokal yang berpihak pada lingkungan. Akhirnya, yang saya temukan dari festival ini bukan hanya masalah kebersihan, tetapi ada kehangatan, damai, dan sejahtera,” kata pelantun lagu ‘Pulang’ ini.

Yang menarik dari festival ini, lanjutnya, lokasi festival yang digelar di sebuah taman kota. RTH Sayu Wiwit yang merupakan lokasi acara adalah taman kota yang berada di depan Taman Makam Pahlawan. Taman ini “disulap” pemda menjadi sebuah RTH yang nyaman dan telah menjadi jujugan warga untuk menghabiskan waktu luangnya. RTH ini didesain arsitek nasional Andramatin.

“Ini keren sekali. Areal TMP nya didesain menjadi tempat yang nyaman untuk warga berkumpul. Banyuwangi menjadi inspirasi saya untuk lebih mencintai lingkungan. TMP-nya dijadikan tempat yang nyaman, bangunan bandaranya ramah lingkungan, dan kotanya bersih,” ucap Dik Doank.

Sementara itu Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menjelaskan bahwa festival ini digelar sebagai bentuk edukasi kepada warganya untuk aktif mengurangi sampah, terutama sampah plastik.

“Sengaja kami melibatkan siswa-siswa TK hingga SMP karena kami ingin mereka aktif berpikir dan berkreasi dalam masalah sampah. Ini adalah laboratorium mini bagi siswa untuk ikut memecahkan masalah sampah. Kita berupaya mendidik mereka sejak dini, agar tumbuh kesadaran sejak sekarang,” papar Anas.

Banyuwangi sendiri, kata Anas, telah melakukan kampanye anti plastik. Salah satunya, pemkab telah memperintahkan kepada seluruh jajarannya tidak memproduksi sampah plastik di setiap event.

“Atas inisiatif tersebut, Banyuwangi pun diundang di forum Bank Dunia untuk berbicara tentang sampah,” bebernya.

Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Husnul Chotimah menyatakan, produksi sampah rumah tangga di Banyuwangi setiap harinya mencapai 1.125 ton/hari. Dari jumlah tersebut, 80 persennya berupa sampah organik.

“Meski sampah plastik belum mendominasi, kami terus melakukan kampanye pengurangan sampah. Kami juga terus kampanye memilah sampah yang organik dan anorganik, sehingga pengolahan sampah menjadi lebih mudah. Bahkan di Muncar, bekerja sama dengan NGO Systemiq kami mengajak warga untuk bersama-sama mengurangi dan mengolah sampah berbasis pemberdayaan,” pungkas Husnul yang pernah menduduki kursi Camat Muncar ini. (HS)

Caption : Bupati Abdullah Azwar Anas bersama ratusan siswa peserta Festival Creative Recycle

]]>
http://www.kabartoday.co.id/kampanye-pengurangan-sampah-plastik-banyuwangi-gelar-festival-creative-recycle/feed/ 0
Tonin Apresiasi 700 Purnawirawan AD Tandatangani Surat Penjamin Kivlan Zen http://www.kabartoday.co.id/tonin-apresiasi-700-purnawirawan-ad-tandatangani-surat-penjamin-kivlan-zen/ http://www.kabartoday.co.id/tonin-apresiasi-700-purnawirawan-ad-tandatangani-surat-penjamin-kivlan-zen/#respond Tue, 16 Jul 2019 07:43:09 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30660 kabartoday, Jakarta – Sedikitnya 700 Purniwirawan Akabri angkatan tahun 1971 dan Abituren AKMIL sepakat berikan penjaminan penangguhan Kivlan Zen. Pernyataan tersebut dikatakan kuasa hukum Tonin Tachta Singarimbun di Aula Soeryadi, Kantor PPAD, Jl. Matraman Raya No. 114 Jakarta Timur, Selasa (16/7/2019).

Tonin mengapresiasi atas kepedulian teman-teman Akabri 1971 dan Abituren AKMIL dalam upaya membebaskan Kivlan Zen.

“Upaya kami akan terus bergulir sejak pra penangkapan hingga sidang Praperadilan, tadi juga sekitar 700 lebih para purnawirawan Akabri dan Abituren Akmil sudah menandatangani surat penjaminan untuk pak Kivlan. “Kata Tonin.

Meski sebelumnya sidang praperadilan yang digelar di PN Jaksel terlihat ketidak-profesionalan hakim Guntur dengan menunda sidang dua pekan kedepan, tertanggal 22 Juli 2019 tanpa memperdulikan batas penahanan 40 hari akan berakhir tanggal 27 Juli nanti.

Tonin juga menilai penyidik Polda Metro Jaya sangat memaksakan berkas kliennya dengan berbagai skenario tuduhan kepemilikan senjata api, serta gembar gembor otak dari rencana pembunuhan 4 jenderal dan 1 orang pemilik lembaga survei.

“Kasus ini kan jelas skenario yang dibuat penyidik maupun polisi agar pak Kivlan tersudutkan hingga dinyatakan bersalah, padahal faktanya mereka telah menyebar kebohongan publik dengan memutar ocehan Iwan Cs. “Ungkap Tonin.

Ia menduga adanya unsur kesengajaan yang dibuat untuk menggemboskan nama baik Kivlan Zen sebagai seorang Jenderal TNI AD berprestasi.

“Jika dalil kami benar adanya, karena seorang ditangkap, di tetapkan sebagai tersangka dan ditahan dilindungi oleh UU, dan itu tidak ada kewenangan subjektif melanggar administrasi/ prosedur penyidikan, karenp Polisikan sudah profesional. “pungkasnya.(Op/red)

]]>
http://www.kabartoday.co.id/tonin-apresiasi-700-purnawirawan-ad-tandatangani-surat-penjamin-kivlan-zen/feed/ 0
Hendrizal Salah Satu Kandidat Terkuat Balon Ketua KONI Meranti Periode 2019 – 2023 http://www.kabartoday.co.id/hendrizal-salah-satu-kandidat-terkuat-balon-ketua-koni-meranti-periode-2019-2023/ http://www.kabartoday.co.id/hendrizal-salah-satu-kandidat-terkuat-balon-ketua-koni-meranti-periode-2019-2023/#respond Tue, 16 Jul 2019 07:36:42 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30544 Kabartoday, Meranti,-  Berkaitan akan digelarnya Musorkab Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Meranti ke-III, dengan agenda memilih Ketua Umum yang baru periode 2019-2023, sejumlah pengurus Cabang Olahraga (Cabor) mulai tentukan Bakal Calon (Balon) yang menurut mereka layak menakhodai KONI Meranti untuk 5 tahun kedepan.

Sebagaimana diketahui bahwa, masa kepengurusan KONI Meranti Periode 2014-2019, akan berakhir dalam waktu dekat. Hal ini dibenarkan melalui pernyataan yang disampaikan langsung oleh saudara Sudarto selaku Dewan Pengarah, saat ditemui awak media di sekretariat KONI Meranti, Jalan Banglas No. 20 D Selatpanjang saat ditemui awak media Selasa, (16/07).

Terdapat 28 cabor dibawah pembinaan KONI Meranti, yang akan memberi hak suaranya dalam Musorkab pada bulan Agustus 2019, mendatang. Dari info yang kami terima bahwa, salahsatu cabor yaitu Tarung Drajat yang di ketuai saudara Hendrzal alias Bocank, memastikan akan mencalonkan dirinya sebagai Ketum KONI Meranti.

Selain itu saudara Bocank juga menjelaskan, dirinya telah melakukan pertemuan dengan beberapa pengurus cabor. Dari hasil pertemuan tersebut sebagian besar pengurus cabor telah memberi kepercayaan dan dorongan kepada beliau agar bersedia untuk dicalonkan sebagai Ketum KONI periode 2019-2023. Insya Allah, kita bahkan sudah mendapatkan dukungan secara tertulis dari 17 dari 28 cabor yang ada.

“Tentunya, atas dukungan kawan-kawan dari pengurus cabor sangat saya hargai dan juga saya menyatakan, apabila saya mendapat dukungan 50% +1 suara, dari seluruh cabor yang ada maka, saya bersedia untuk maju sebagai balon Ketua KONI Meranti dalam Musorkab KONI Meranti ke-III pada bulan Agustus 2019 nanti.” Jelas Hendrizal alias Bocank.

Dihadapan rekan-rekan Pers, dalam kesempatan coffee morning yang bertempat di M5 Caffe Jalan Teuku Umar Selatpanjang, saat menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan bebrapa awak media menyangkut kepengurusan KONI sebelumnya, saudara Bocank mengatakan, ada beberapa Hal yang akan menjadi skala perioritas apabila nantinya beliau akan terpilih sebagai ketua umum KONI yang baru. Selama ini menurutnya kepengurusan KONI yang lama sudah cukup baik dan tentunya ada capaian-capaian menyangkut perkembangan beberapa cabor yang telah mampu mengukir prestasi dalam berbagai even ini tentu tidak lepas dari perhatian KONI Meranti selama ini

Dari beberapa pengurus dan ketua-ketua cabor yang kami temui, diantaranya ialah H. Subarno (Ketua) cabor Sepak Takraw, Sembiring (Ketua) Percasi, M. Rusli SE, Hidayat Abdurrahman ( Ketua dan Seketaris) PABSI Meranti, Hariyanto (ketua) FPTI Meranti, H Arifudin (Ketua) FORKI Meranti, berhasil kami peroleh keterangan mengenai bakal calon yang akan mereka dukung sepenuhnya untuk menempati posisi ketua KONI yang baru yaitu, Saudara Hendrizal alias Bocank dari (Ketua) Pengkab Tarung Derajat Meranti.

Selaku Ketum Tarung Derajat, Ia dinilai piawai dan berpengalaman serta sukses menakhodai Cabor tersebut nyaris tanpa persoalan di internal kepengurusan selama 3 periode sejak 2010, hingga 2023, serta berbagai prestasi lainnya. Cabor tarung Derajat selalu pulang dengan membawa medali disetiap kejuaraan selama kurun waktu kepempimpinan beliau. Bahkan juga berhasil menduduki tiga besar pada porprov di Kabupaten Kampar. Beliau juga sudah sekian lama aktif diberbagai Ormas dan OKP diluar organisasi olahraga. Pengalaman organisasi ini juga akan bermanfaat ketika beliau memimpin KONI kedepannya.

Hal ini layak sebagai pertimbangan bagi sejumlah pengurus Cabor lainnya. Sehingga mereka sangat mendukung serta mendorong agar Bocank juga bersedia menakhodai KONI 5 tahun kedepan.

Sebagaimana diungakapkan oleh Saudara Haryanto, selaku ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Meranti. Menurutnya,

“Sosok ketua KONI yang akan datang haruslah orang yang memiliki Kredibilitas sehingga Ia dipercaya mampu membawa perubahan yang lebih baik untuk memajukan prestasi olahraga di Kepulauan Meranti, kemampuan ini kami percaya dimiliki saudara Bocank, sehingga kami pastikan bahwa dukungan kami sudah tepat.” Ungkap Haryanto kepada awak media. Hal senada juga disampaikan oleh beberapa pengurus cabor lainnya.

]]>
http://www.kabartoday.co.id/hendrizal-salah-satu-kandidat-terkuat-balon-ketua-koni-meranti-periode-2019-2023/feed/ 0
Soal Laporan FAM, Kajari Garut Sebut Ada Penyimpangan DD Simpang http://www.kabartoday.co.id/soal-laporan-fam-kajari-garut-sebut-ada-penyimpangan-dd-simpang/ http://www.kabartoday.co.id/soal-laporan-fam-kajari-garut-sebut-ada-penyimpangan-dd-simpang/#respond Tue, 16 Jul 2019 04:53:27 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30651 kabartoday, Garut – Sejumlah warga yang mengatasnamakan Forum Aspirasi Masyarakat (FAM) datangi kantor Kejaksaan Negri (Kejari) Garut di Jl. Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut pada pekan lalu. Kedatangan mereka untuk meminta penjelasan tentang perkembangan sejauh mana penanganan dugaan kasus tindak pidana korupsi yang terjadi di Desa Simpang, Kecamatan Cikajang, Garut.

Koordinator lapangang (Koorlap) FAM, Asep Nandang Sutisna menjelaskan, kehadirannya di kantor Kejari Garut tiada lain untuk mempertanyakan penanganan atas 14 point kasus yang telah dilaporkan pada waktu sebelumnya.

“Kita hanya mau tahu, sejauh mana perkembangan dalam penanganan kasus tersebut, yaitu Dugaan tindak pidana korupsi yang tengah terjadi di Desa Simpang, Kecamatan Cikajang, “kata Asep.

Melalui pesan singkatnya kepada Kabartoday.co.id, Selasa (16/7/2019), Asep mengatakan ada 14 kasus penyimpangan yang ditemukan dan sudah dilaporkan ke Kejari pada tanggal 21 Agustus 2018, namun hingga saat ini belum ada kelanjutan atas laporan tersebut.

Sebelumnya kehadiran FAM disambut oleh Kepala Kejari (Kajari) Garut, Azwar, SH dan digelar audiens. pada audiens yang digelar di ruang kantor tersebut, Kejari didampingi oleh Kasi Intel (Dodi Wijaksana, SH), Kasi Pidum (Gatot, SH), Ketua Tim Jaksa penanganan kasus Desa Simpang, Kecamatan Cikajang (Afriza, SH), Kasi Pidsus (Dani Maninka, SH), Kasi BB (Adrian, SH) dan Fungsional (Dik Dik, SH).

Terkait dengan persoalan yang dilaporkan FAM tentang dugaan kasus tindak pidana korupsi di Desa Simpang, Cikajang Kepala Kejaksaan Negri (Kajari) Garut, Azwar, SH dalam audensinya menanggapi kasus yang dilaporkan oleh PAM.

“Setelah dilakukan penyelidikan atas 14 poin kasus yang dilaporkan tersebut terdapat 9 poin yang masuk dalam dugaan unsur tindak pidana korupsi (Tipikor), antara lain ada penyimpangan atau penyalahgunaan dari anggaran Dana Desa (DD), “papar Kajari.

Untuk kasus tahun 2015 hingga 2018 sekarang ada14 point. Apabila ada penyimpangan silahkan laporkan kepada kami, dalam waktu dekat ini mungkin kami akan segera gelar perkara. Mohon sabar, “Pungkasnya.(Alam)

]]>
http://www.kabartoday.co.id/soal-laporan-fam-kajari-garut-sebut-ada-penyimpangan-dd-simpang/feed/ 0
Wakil Bupati Minta Warga Karawang Bisa Ngaji http://www.kabartoday.co.id/wakil-bupati-minta-warga-karawang-bisa-ngaji/ http://www.kabartoday.co.id/wakil-bupati-minta-warga-karawang-bisa-ngaji/#respond Tue, 16 Jul 2019 04:01:24 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30648 KabarToday, Karawang – Sejumlah guru ngaji keluhkan honor sebesar Rp 1,2 juta yang di dapat dari Pemkab Karawang ke Wakil Bupati Karawang, Ahmad Jamaksyari.

Wakil Bupati Karawang yang akrab disapa Jimmy itu menyatakan jika kedepan semua ustad dan guru ngaji harus bisa mengajar disekolah umum.

“Harusnya honor guru ngaji yang setiap tahun itu dicabut, namun nanti diganti oleh gaji setiap bulan dan bukan hanya mengajar ngaji saja melainkan mengajar di sekolah umum juga, “kata Jimmy saat menerima para guru ngaji di Rumah Dinas Wakil Bupati (RDWB), Senin (15/7).

Masih kata Jimmy, Pendidikan Agama di sekolah umum saat ini masih sangat kurang. Ia menjelaskan dalam satu minggu di sekolah umum hanya ada satu hari pelajaran pendidikan agama. Itu pun hanya 2 x 45 menit dalam satu pertemuan.

“Besok saya jadi bupati, temen-temen (ustadz) harus siap-siap saja untuk ngajar di sekolah umum. Karena 2 jam pelajaran agama dalam satu minggu di sekolah umum mana cukup buat ngedidik moral dan pengetahuan agama anak-anak. “Jelasnya.

Menurutnya, kebijakan Bupati Karawang pada 2020-2025 nanti harus lebih bisa memberdayakan guru ngaji dan ustadz kampung. Yaitu dengan cara memberikan mereka kesempatan mengajar di sekolah umum.

“Jadi besok kebijakan bupati terpilih, sekolah umum harus, bukan harus lagi tapi wajib berdayakan ustadz buat ngajar di sekolah. Jangan sulit-sulit ngajarnya, baca quran dan bacaan solat aja.” pintanya.

Ia juga membayangkan jika kelak anak-anak didik dan generasi putra Karawang tidak bisa baca qur’an, lalu siapa yang mau ngaji’in yasin kalau orangtuanya sudah meninggal.(Aziz)

]]>
http://www.kabartoday.co.id/wakil-bupati-minta-warga-karawang-bisa-ngaji/feed/ 0
Brigjen TNI Tugas Ratmono, Jabat Kapuskesad http://www.kabartoday.co.id/brigjen-tni-tugas-ratmono-jabat-kapuskesad/ http://www.kabartoday.co.id/brigjen-tni-tugas-ratmono-jabat-kapuskesad/#respond Tue, 16 Jul 2019 03:48:53 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30641 kabartoday, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskesad) dari Mayjen TNI dr. Bambang Dwi Hasto, Sp.B., FInaCs., M.Si kepada Brigjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H, bertempat di Gedung E Lantai Dasar Mabesad.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilisnya di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Dijelaskan Candra bahwa Mayjen TNI dr. Bambang Dwi Hasto selanjutnya akan menempati posisi baru sebagai Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI.

Kapuskesad yang baru Brigjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, sebelumnya menjabat sebagai Ketua Komite Medik di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Serah terima jabatan di lingkungan TNI AD, termasuk jabatan Kapuskesad merupakan bagian dari proses pembinaan organisasi, sekaligus regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan dalam rangka mendorong semangat pembaruan dan penyegaran pemikiran, yang diproyeksikan bagi peningkatan kinerja organisasi guna menjamin pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

Lanjutnya, Kadispenad bahwa Puskesad merupakan salah satu satuan teknis TNI AD yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kesehatan fisik dan jiwa prajurit maupun PNS TNI AD beserta keluarganya, dalam rangka mendukung tugas TNI AD.

“Untuk melaksanakan tugasnya, Puskesad menyelenggarakan dua fungsi utama, yaitu Dukungan Kesehatan (Dukkes) dan Pelayanan Kesehatan (Yankes) kepada seluruh keluarga besar TNI AD, “ucapnya.

Untuk diketahui bahwa Brigjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, yang juga dokter spesialis syaraf (neurologi) merupakan lulusan Sekolah Perwira Militer Sukarela ABRI (Sepamilsuk) tahun 1989. Beberapa jabatan yang pernah diembannya yakni Kadep Syaraf, Dirjianbang dan Anggota Medik Golongan IV di RSPAD Gatot Soebroto.

Sertijab tersebut juga dihadiri para Asisten Kasad, Kasahli Kasad, Kadispenad, Dandenma Mabesad, pejabat Puskesad, Ketua Umum Persit KCK Ny. Hetty Andika Perkasa beserta Pengurus Pusat serta perwakilan prajurit dan PNS TNI AD yang bertugas di lingkungan Mabesad.(Bbg/Tom)

]]>
http://www.kabartoday.co.id/brigjen-tni-tugas-ratmono-jabat-kapuskesad/feed/ 0
Bupati Karo : Semangati Siswa Berprestasi Dengan Penghargaan http://www.kabartoday.co.id/bupati-karo-semangati-siswa-berprestasi-dengan-penghargaan/ http://www.kabartoday.co.id/bupati-karo-semangati-siswa-berprestasi-dengan-penghargaan/#respond Tue, 16 Jul 2019 02:13:04 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30642 Kabartoday, KARO – Mendorong Anak Desa agar lebih semangat meningkatkan prestasi dalam menjalani pendidikannya, Yayasan Mulia Kasih Bogor salurkan bantuan kepada Pelajar yang tinggal di Desa Bunuraya Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo, Minggu (13/07/2019).

Hadir dalam penyaluran bantuan kepada Anak – Anak Sekolah di Desa Bunuraya, bersamaan dengan pelaksanaan Pesta Budaya Kerja tahun dan Guro – Guro Aron Desa setempat, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kadis Pertanian Metehsa Purba, Kadis DPMD Abel Tarawai Tarigan, Kabid Kesehatan Kawal Maha, Kasi Kurikulum Pendidikan Mansur Pelawi dan Sekcam Tiga Panah Sanusi.

Kedatangan Bupati Karo bersama rombongan disambut hangat oleh Panitia Kerja Tahun 2019 Alby Sinuraya didampingi Kepala Desa Bunuraya Radi Sinuraya dan Ketua Yayasan Mulia Kasih Bogor Ramlan Ginting beserta Isteri Ny Masrina Br Sitepu.

Sebelum penyaluran Bantuan Pendidikan, Ketua Yayasan Mulia Kasih Bogor Ramlan Ginting, terlebih dahulu memberikan arahan dan motivasi kepada Anak – Anak Sekolah tingkat SMA, SMP dan SD warga Desa Bunuraya agar selalu mempertahankan prestasi yang sudah diraih.

“Saya selaku Ketua Yayasan Mulia Kasih Bogor, merasa terpanggil ke Kampung Halaman Saya ini untuk mendongkrak dan mengedukasi Anak – Anak Sekolah yang sudah meraih prestasi, sebagai wujud kepedulian dan dukungan, agar mereka yang saat ini menempuh pendidikannya semakin gigih belajar”, ujarnya.

Untuk itu, katanya, Yayasan Mulia Kasih Bogor akan ada memberikan partisipasi dalam bentuk Uang Saku dan Barang berupa Tas Dekolah sebagai dorongan kepada Anak – Anak, supaya mereka semakin giat belajar, hadiah ini jangan dinilai banyaknya dan jangan heran Bupati Karo hadir saat ini.

“Saya yang mengundang, sekaligus penyerahan hadiah nantinya, Bupati Karo turut ambil bagian menyerahkan kepada Anak – Anakku sekalian”, ucap Ramlan.

Yang berhak mendapat bantuan dari Yayasan Mulia Kasih Bogor bagi Siswa/i tingkat SD, SMP, dan SMA, hanya murid yang berprestasi Juara I, II dan III. Sesuai dengan data yang diperoleh antara lain : tingkat SD sebanyak 18 Orang, tingkat SMP 8 Orang, tingkat SMA 7 Orang dengan total dana yang disediakan Rp. 18.900.000.

Pada kesempatan itu, Bupati Karo Terkelin Brshmana mengatakan, sangat berterimakasih atas undangan Ketua Yayasan Mulia Kasih Bogor yang telah memberikan waktu dan kesempatan dalam Pesta Kerja Tahun Guro – Guro Aron dan penyaluran pemberian beasiswa bagi Anak – Anak Sekolah tingkat SD,SMP dan SMA berprestasi khusus warga Desa Bunuraya.

“Atas bantuan ini Saya mengucapkan terimakasih dan salut atas budi baik Ramlan Ginting”, ujar Terkelin.

Pihaknya berpesan kepada Anak – Anak yang berprestasi, raihlah cita – cita setinggi langit, jangan pernah apa yang didapat hari ini berefouria, tetapi teruslah berkarya, tingkatkan prestasi lebih tinggi lagi, sebab dimana ada kemauan disitu ada jalan.

“Ini harus ditanamkan dalam pikiran Kita sekalian”, ujar bupati menyemangati.

Selesai acara motivator dari Kodam I/BB oleh Mayor Inf Joni Sinuraya, selanjutnya dilaksanakan pemberian beasiswa kepada para Siswa/i tingkat SD, SMP dan SMA Oleh Bupati Karo, diikuti oleh Ketua Yayasan Mulia Kasih Bogor Ramlan Ginting dan Para OPD Kabuoatrn Karo, sekaligus dirangkai dengan penyerahan Penghargaan pihak BNNK Karo Tuah Bestari Barus didampingi Pdt Alfenus Surbakti kepada Kepala Desa Bunuraya, terkait partisipasinya mensosilisasikan Bahaya Narkoba di Desa Bunuraya. (Gogo).

]]>
http://www.kabartoday.co.id/bupati-karo-semangati-siswa-berprestasi-dengan-penghargaan/feed/ 0
Soal Dana Kapitasi, Forum LSM Cirebon Akan Laporkan Dikajati http://www.kabartoday.co.id/soal-dana-kapitasi-forum-lsm-cirebon-akan-laporkan-dikajati/ http://www.kabartoday.co.id/soal-dana-kapitasi-forum-lsm-cirebon-akan-laporkan-dikajati/#respond Mon, 15 Jul 2019 20:01:35 +0000 http://www.kabartoday.co.id/?p=30637 Kabartoday Kabupaten Cirebon, Dinas kesehatan kabupaten cirebon kini didemo lagi, terkait dana kapitasi yang belum ada kejelasan dari dinas kesehatan kabupaten cirebon, Hal itu dikatakan kordinator Forun LSM Kabupaten Cirebon, Kusmin, Senin (15/7/2019).

Kusmin juga menyebut dalam berorasi menuntut jawaban kepastian dari dinas kesehatan kabupaten cirebon.

Rekomendasi Dinas kesehatan kabupaten cirebon sendiri dikatakan Kusmin telah mendapatkan persetujuan perwakilan LSM untuk diperbolehkan masuk sebagai perwakilan dengan jumlah maksimal 10 orang.

Pertemuan audensi, di Gedung aula dinas kesehatan kabupaten cirebon, selama kurang lebih 2 jam tersebut dijelaskan Kusmin belum adanya titik temu yang jelas dan masih menggantung.

Saat dikonfirmasi kepala dinas kesehatan kabupaten cirebon Eni, yang diwakilkan sekertaris dinas kesehatan kabupaten cirebon Neneng juga mengatakan, bahwa audensi dari temen temen Forum LSM Kabupaten Cirebon sama seperti demo sebelumnya.

“Kami sebenarnya suda menjelaskan sebelumnya bahwa kapitasi itu puskesmas bukan dinas. Kapitasi sebenarnya ada 3 indikator, pertama kontak aktif, rujukan stislistik sama asrolani, kalau 3 indikator mencapai target bisa dibayarkan 6000 ribu, tapi diliat lagi dokternya ada 2, dan tidak ada dokter giginya. “Ulas Kusmin.

Dana kapitasi yang sudah jelas permenkes 21 kesbud 410 dan langsung ke puskesmas, “Masalah ini sudah selesai, kami sudah menjelaskan semua kepada temen temen FORUM LSM. Pungkasnya. “Ucapnya.

Kusmin juga mengungkapkan aksi demo akan kembali dilanjutkan. Karena belum adanya jawaban yang jelas dari dinas tersebut. Menurutnya, dana kapitasi itu mencapai 100 miliar pertahun.

“Nggak mungkin kan dinas itu tidak tau, logikanya kalau anggaran sebelum cair atau masuk rekening puskesmas, kalau tidak ada rekom dari dinas dan bupati tidak mungkin cair. “Ungkap Kusmin.

Mengenai masalah kapitasi dikatakan pihak dinas terkait sudah selesai, “selesai apanya? ya menurut mereka mungkin selesai audensi, tapi kami tekankan untuk dinas kesehatan kabupaten cirebon ini belum selesai, dan kami segera akan laporkan kekajati Jawa Barat dengan tembusan Kejaksaan Agung Japanwas. Kami tidak main-main loohh. “Bebernya.(Ag/Mon/red)

]]>
http://www.kabartoday.co.id/soal-dana-kapitasi-forum-lsm-cirebon-akan-laporkan-dikajati/feed/ 0