oleh

Feri Rusdiono: Tugas Dewan Pers Melakukan Pendataan Bukan Verifikasi

Kabartoday, Jakarta, – Ketua Umum Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN) Feri Rusdiono mengapresiasi statement yang dilontarkan oleh Kamsul Hasan mantan ketua PWI Jaya, bahwasanya Dewan Pers itu tugasnya pendataan bukan memverifikasi media.

Feri menjelaskan, ” sesuai UU Pers no 40. tahun 1999, Pasal 15 adalah melakukan pendataan. ”Hanya mendata, bukan verifikasi, tegasnya! menyikapi isue yang beredar terkait Verifikasi Media menjadi syarat kerjasama dengan Pemda.

Bersyukur ternyata isue yang beredar itu hanyalah sebuah berita Hoax, Dewan Pers merespon dengan baik, media untuk tercatat di Dewan Pers  tak perlu ribet lagi, hanya membuat mekanisme pelaporan lewat digital di website Dewan Pers.id.

BACA JUGA:  Tak Siap Kalah Caleg PDIP Meninggal Dunia dan Caleg Nasdem Dilarikan Ke RS

Jika selama ini, aturan Dewan Pers menetapkan, hanya satu perusahaan untuk satu PT. Sementara itu, realitasnya, beberapa media cetak dan online sesungguhnya tergabung dalam satu unit usaha yang sama.

”Sekarang satu badan usaha boleh untuk  dua perusahaan pers, baik online atau cetak,” demikian penjelasan  Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun. Hal tersebut disepakati oleh Feri Rusdiono selaku ketua dari PWOIN.

BACA JUGA:  Selenggarakan Diksar PT. Mahesa Cakra Mandiri Kerjasama Binmas Polda Metro Cetak Satpam Tangguh, Smart & Profesional

Feri menambahkan, “yang utama sebagai seorang jurnalis sudah sepatutnya harus mengedepankan etika jurnalis dalam menyampaikan dan mencari berita (Kode Etik) bukan hanya sekedar paham 5W + 1H, ‘asas praduga tak bersalah tetap harus dikedepankan, membuat berita yang berimbang sehingga tidak menjadi suatu pemberitaan yang tendensius dan tetap menjaga independensi jurnalis sebagai kontrol sosial, Ucapnya.

BACA JUGA:  Mr. Kan Sebut Menyindir Alias Mengkritik Tidak Menyimpang Konstitusi UUD 1945

“Jangan pernah takut untuk memberitakan sesuatu yang benar sesuai dengan faktanya, tetaplah berkarya sebagai kontrol sosial yang diharapkan sebagai corong informasi publik yang bisa diandalkan dan dipercaya, sehingga fungsi dari seorang wartawan mencerdaskan kehidupan bangsa dapat tercapai, tegas Feri.

Komentar