oleh

Gelar Olahraga Bersama, Bukti Solidnya Sinergitas TNI-Polri di Maluku

-Daerah-30 views

Kabartoday, AMBON – Sinergitas dua institusi utama penjaga keutuhan NKRI yaitu Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) khususnya di wilayah Provinsi Maluku tidak perlu diragukan lagi. Kedua lembaga ini dari waktu ke waktu terus menunjukan “kemesraannya” baik dalam pelaksanaan operasi gabungan kamtibmas maupun hal-hal kecil lainnya.

Salah satu contoh solidnya TNI-Polri di Maluku adalah dengan digelarnya olahraga bersama pada Jumat (21/02/2020) pagi di Markas Komando Daerah Militer (Makodam) XVI/Pattimura di Kota Ambon.

Dalam kegiatan olahraga bareng ini, pimpinan serta personil dari tiga matra TNI yaitu TNI AD, TNI AL, TNI AU serta Polri di Kota Ambon hadir melakukan olah jasmani bersama. Tampak hadir Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar, Wadanlantamal IX Ambon Kolonel Mar Supriyono serta Danlanud Patimura Ambon Kolonel Pnb Sapuan. Mereka masing-masing membawa puluhan personilnya ikut terlibat dalam kegiatan ini.

BACA JUGA:  Kompol Maya Sambang Duka

Kegiatan olahraga sinergitas ini diawali dengan apel bersama di halaman upacara Makodam XVI/Pattimura Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar bertindak selaku pimpinan apel.

Dalam sambutannya di hadapan ratusan personil gabungan Tri Matra institusi TNI dan Polri peserta apel ini Irjen Djafar menyampaikan beberapa hal termasuk pesan Presiden RI Joko Widodo tentang sinergitas TNI-Polri.

BACA JUGA:  Disperta Banyuwangi Minta Hewan Kurban Yang Belum Puel Tidak Dijual
Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar,M.Si sedang menyampaikan sambutan saat memimpin apel dalam rangka gelaran olahraga bersama TNI-Polri di Makodam XVI/Pattimura Jumat (21/02/2020)

“Sinegritas TNI-Polri di Maluku selama ini sudah terjalin sangat baik. Untuk itu mari kita pertahankan dan bahkan kita tingkatkan,” ujar Djafar.

Alumni Akabri Kepolisian tahun 1986 ini ungkapkan bahwa sebelum mendapat kenaikkan pangkat dari Brigjen menjadi Irjen, ia bersama beberapa perwira lainnya menghadap Presiden RI Joko Widodo.

“Saat saya dan beberapa perwira menghadap, bapak Presiden menyampaikan bahwa yang membuat beliau nyaman dalam memimpin negeri ini adalah adanya sinegritas antara TNI dan Polri. Untuk itu bapak presiden berharap sinergitas yang ada jangan sampai terganggu oleh kepentingan-kepentingan lain yang ingin mengganggu kesatuan dan persatuan NKRI,” jelas mantan Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar) ini.

BACA JUGA:  Ratusan Kotak Suara Tanpa Disegel Ada di Salah Satu Gudang di Makasar

Setelah apel pagi usai, dilanjutkan dengan olahraga bersama yang diisi dengan senam, tari Kaka Enda, Meti Kei, dan tari-tarian khas Ambon lainnya serta main futsal, bola volly dan olahraga lainnya. Tampak ratusan personil TNI-Polri ini berbaur tanpa melihat adanya perbedaan institusi mereka. Inilah salah satu contoh sinergitas sejati TNI-Polri di Maluku khusus di Kota Ambon.

Kegiatan olahraga bersama ini berlangsung dengan penuh kemeriahan serta semangat kekeluargaan antara personil TNI-Polri. Akhir dari kegiatan olahraga bersama ini diisi dengan acara santai bersama. (Imanuel)

Komentar