oleh

Gubernur dan Kapolda Maluku Resmikan Pelayanan Mobile PRESISI Polresta Ambon

-Daerah-25 views

Kabartoday, AMBON – Gubernur Maluku Inspektur Jenderal Polisi Purnawirawan Murad Ismail didampingi Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri meresmikan beroperasinya Pelayanan Mobile PRESISI Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Bersamaan juga dilaunching Warung Tangguh SAGU Nusantara.

Kegiatan launching ini dipusatkan di lokasi wisata Pantai Natsepa, Negeri Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah pada Kamis (18/3/2021) sore. Kegiatan launching ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Komandan Lantamal IX Ambon Laksma TNI Eko Jokowiyono, Danlanud Pattimura Kolonel PNB Andreas A Dhewo, Bupati Maluku Tengah Abis Tuasikal, Walikota Ambon Richard Louhenapessy serta sejumlah pejabat unsur Forkopimda Maluku maupun Kota Ambon lainnya.

Dalam sambutannya sebelum melaunching program ini, Gubernur Maluku Murad Ismail mengapresiasi adanya pelayanan mobile Presisi ini serta Warung Tangguh SAGU Nusantara.

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kapolda Maluku dan jajaran, Kapolresta dan jajaran yang telah memberikan kontribusi bagi kemajuan Maluku ke depan,” ungkap Murad.

Pelayanan Mobile Presisi ini menurutnya merupakan salah satu program transformasi menuju Polri yang Prediktif, Responsibility, Transparansi berkeadilan dengan mengedepankan transformasi organisasi pelayanan publik dan  pengembangan pengawasan.

Mantan Komandan Korps Brimob Polri ini berharap pelayanan mobile Presisi ini akan menjadi harapan baru kepada masyarakat dalam setiap pengurusan layanan kepolisian.

BACA JUGA:  Cegah Penularan Covid-19, IMM Lampura Bagi-Bagi Masker

Ditempat yang sama, Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri juga memberikan apresiasi kepada Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Komisaris Besar Polisi Leo Surya Nugraha Simatupang dengan program Pelayanan Mobile Presisi serta Kampung Tangguh SAGU Nusantara.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri,M.Si memberikan sambutan sebelum melaunching pelayanan mobile Presisi dan Warung Tangguh SAGU Nusantara ala Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

“Saya sampaikan apresiasi kepada Kapolresta, Wakapolresta, segenap pejabatnya dan semua kekuatan yang ada pada jajaran Polresta Pulau Ambon ini, yang betul-betul sudah berkontribusi dengan segala upaya, melakukan tindak lanjut apa yang menjadi kebijakan Kapolri khususnya dalam seratus hari kerja sejak menjabat sebagai Kapolri,” ujar Refdi.

Saat itu, mantan Kakorlantas Polri ini jelaskan beberapa tugas Polri antara lain menciptakan, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Kemudian meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal apa saja serta melakukan penegakan hukum yang transparan dan berkeadilan.

“Tugas Polri yang pertama adalah bagaimana kita (Polri-red) menciptakan, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Kemudian bagaimana kita meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kita dalam hal apa saja. Selanjutnya, bagaimana kita juga melakukan penegakan hukum yang transparan dan berkeadilan. Dan itu semua sudah dilakukan Kapolresta bersama jajarannya dengan baik,” jelasnya.

BACA JUGA:  Dari Tangsel Melawan Kejahatan Kemanusiaan Untuk Indonesia

Ia tandaskan, untuk pencapaian kinerja yang optimal maka perlu adanya terobosan-terobosan kreatif.

Menurut penilaiannya, Kapolresta Ambon bersama seluruh pejabat-pejabat di daerah dan stakeholder serta dukungan TNI, Kepala Desa dengan semua perangkatnya, sudah melaksanakan dengan baik.

Terhadap program kampung tangguh Nusantara SAGU dimana semua negeri, desa maupun kelurahan yang berjalan 106 dalam wilayah hukum Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease telah tuntas dicanangkan sebagai Kampung Tangguh, Refdi berharap agar dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat.

“Terima kasih kepada para kepala desa yang berada di garis terdepan dalam membangun kampung tangguh ini, bagaimana merawat kampung tangguh ini sehingga kampung tangguh ini betul-betul dirasakan oleh semua lapisan masyarakat,” tukasnya.

Refdi berharap, program Kampung Tangguh yang sudah dilaksanakan agar perlu dirawat dan dibina dengan baik.

“Sangat diperlukan program-program berkelanjutan serta tentu harus ada semacam evaluasi, berapa lama kita melakukan ini, berapa lama melakukan itu, dan bagaimana melakukan, supaya hari demi hari apa yang kita lakukan semakin berkualitas. Kampung tangguh ini harus tangguh dari kesehatannya, keamanannya serta sosial ekonominya. Selain itu, yang terakhir saya minta juga kampung tangguh itu harus bebas dari narkoba,” tuntasnya.

Sementara itu, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang katakan dalam pelayanan mobile ini akan memudahkan masyarakat dalam pembuatan  SIM baru, untuk registrasi serta perpanjangan SIM, pembuatan dan perpanjangan SKCK, pembuatan laporan polisi dan penerbitan surat keterangan hilang serta layanan kepolisian lainnya.

BACA JUGA:  Aiptu Saripudin Bersama 7 Personil Polsek Bekasi Kota Gelar Patroli PBS
Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo S.N. Simatupang,S.IK menyampaikan laporan Panitia Pelaksana kegiatan launching

Terhadap slogan Kampung Tangguh SAGU Nusantara dimana pada wilayah hukum Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease ditambah kata SAGU, Leo ungkapkan, kata SAGU merupakan akronim dari kata Sehat, Aman, Gotong Royong dan Unggul.

“Sebagai pengembangan dari kampung tangguh Nusantara, dimana di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease kami mencanangkannya kampung tangguh dalam kata SAGU (Sehat, Aman, Gotong royong, Unggul). Ini slogan yang kami gunakan dalam kampung tangguh Nusantara di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease,” beber Leo.

Sebagai tanda diresmikannya pelayanan mobile Presisi dan warung tangguh SAGU Nusantara ini, Gubernur Maluku didampingi Kapolda Maluku, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Bupati Maluku Tengah, Walikota Ambon serta beberapa pejabat lainnya menekan tombol sirine.

Unit pelayanan mobile Presisi Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Berbarengan dengan suara sirine, tirai layar terbuka perlahan-lahan. Tampak satu unit mobil yang akan dijadikan tempat pelayanan mobile Presisi ini. Launching dilanjutkan dengan penyiraman air dari kendi oleh para pejabat yang hadir.

Kemudian para pejabat masuk ke dalam mobil untuk meninjau langsung fasilitas dalam mobil tersebut. Di dalam mobil, para pejabat mendapat penjelasan sistem maupun alur pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kepolisian sesuai dengan bentuk layanan yang dibutuhkan. (Manuel)

Komentar