oleh

Gubernur Kalbar Tekankan Kepala Daerah Perkuat SDA 

Kabartoday, Kalbar – Ratusan Personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) se Kalimantan Barat mengikuti upacara memperingati HUT Satpol PP ke 69, HUT Damkar ke 100 dan HUT Linmas ke 57 Tahun 2019 di halaman kantor Gubernur Kalimantan Barat, Rabu (28/3/2019)

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji bertindak selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI bahwa Kepala daerah dan pemangku kepentingan terkait harus melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur (SDA) dan sarana prasarana pendukung bagi penyelenggaraan ketentraman ketertiban umum (Trantibum) dan kebakaran di daerah.

Pemadam kebakaran, Satpol PP dan Satlimas, katanya bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif. “Tetapi berperan aktif dalam proses dan melindungi hasil pembangunan agar meningkat kesejahteraan masyarakat, “katanya.

BACA JUGA:  Heboh Bocah 3 Tahun Asal Kalipuro Diduga Disunat Makhluk Ghaib Bangsa Jin

Dikatakannya, peringatan Hari Ulang Tahun sebagaimana yang di lakukan hari ini, tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu.

Lebih dari itu, kata Sutarmidji dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selain itu, pemberian alokasi anggaran yang memadai bagi pencapaian target standar pelayanan minimal (SPM). Diakuinya, berbagai daerah untuk beban tugas dan resiko pekerjaan ditanggung pada prakteknya belum mendapatkan apresiasi yang memadai.

BACA JUGA:  Polres Bekasi Kota Belum Mampu Ungkap Pelaku Kematian RF

Ketimpangan antar daerah dalam penyelenggaraan urusan Trantibum Linmas dan kebakaran. Bahkan belum menjadi prioritas sebagai urusan wajib pemerintah.

“Pada peringatan ini mari kita jadikan momen evaluasi Pemda berkaitan pelayanan dasar. Guna optimalisasi pelayanan serta kinerja Trantibum dan kebakaran di daerah,”harapnya.

Tidak kalah pentingnya, lanjut Sutarmidji bagaimana penyelenggaraan Trantibum Linmas dan kebakaran di daerah ikut menyukseskan Pemilu serentak pada April tahun ini.

BACA JUGA:  Tak Siap Kalah Caleg PDIP Meninggal Dunia dan Caleg Nasdem Dilarikan Ke RS

Peringatan HUT kali ini bertema Peningkatan Trantibum Linmas Melalui Optimalisasi Peran Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Guna Mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

kegiatan tersebut dihadiri juga dari, Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kalimantan Barat, Kepala Satpol PP Provinsi, Kabupaten dan Kota se Kalimantan Barat, Kepala Damkar se Kalimantan Barat dan para peserta upacara.(Gun)

Komentar