oleh

Hadapi Dampak Covid-19, Kapolsek KPYS Bagi Sembako ke Keluarga TKBM Ambon

Kabartoday, AMBON – Ketahanan masyarakat golongan ekonomi lemah menghadapi dampak Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mulai menurun. Terbatasnya aktivitas serta himbauan pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial (Social Distance) maupun pembatasan fisik (Physical Distance) membuat para pekerja sektor informal mulai kehilangan mata pencaharian. Dikhawatirkan hal ini akan menimbulkan problem baru di tengah kehidupan masyarakat.

Menyadari hal ini, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Arief Budiharso tergugah empatinya. Untuk meringankan beban para pekerja sektor informal ini, ia memberikan bantuan kebutuhan bahan pokok dengan cuma-cuma alias gratis kepada masyarakat.

Warga yang ketiban rejeki mendapat bantuan ini adalah keluarga Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) atau buruh di pelabuhan, para janda serta anak-anak yatim piatu di kawasan Lorong Silale RT. 002/ RW. 004 Jalan Sultan Babullah Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

BACA JUGA:  Kapolres Gresik Silaturahmi Dengan Lembaga Dakwah Islam Indonesia

Pembagian sembako yang dilaksanakan Jumat (10/4/2020) pagi ini tidak terpusat pada satu tempat. Distribusi sembako ini diserahkan langsung Kapolsek KPYS AKP Arief Budiharso dengan mendatangi satu persatu rumah warga sasaran. Hal ini harus dilakukan untuk mendukung program pemerintah melakukan pembatasan sosial serta pembatasan fisik demi mencegah penyebaran serta pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

Kapolsek KPYS Ambon AKP Arief Budiharso mengatakan tujuan pembagian bantuan sembako ini adalah untuk meringankan beban keluarga akibat dampak dari penyebaran Virus Corona.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Arief Budiharso,SIK

“Bantuan yang kami berikan ini semoga bermanfaat dan bisa meringankan beban masyarakat penerima dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini,” ujar Budiharso kepada media ini usai kegiatan.

Dikatakan, bantuan sembako ini merupakan salah satu bentuk simPATI dan empati Polsek KPYS Ambon terhadap beban yang dirasakan masyarakat pekerja sektor informal terhadap dampak Covid-19.

BACA JUGA:  SSK IV Satgas 734/SNS Gelar Donor Darah Sambut HUT RI

Ia beberkan, akibat himbauan pelaksanaan social distance dan physical distance oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran dan pemutusan mata rantai Covid-19 ini, para pekerja sektor informal terbatas aktivitasnya. Tentu berimbas kepada menurunnya pendapatan.

“Jika pendapatan menurun, maka daya beli warga juga menurun. Ini dikhawatirkan akan timbul masalah baru di tengah kehidupan masyarakat” terang mantan Kasatreskrim Polres Maluku Tenggara.

Dalam membagi bantuan sembako tersebut, Budiharso di dampingi Wakapolsek KPYS Ipda Abdul Kadir Kiat, Kasi Humas Polsek KPYS Aiptu Hasan Tutupoho, Kanit Intelkam Polsek KPYS Bripka Eko Prahanoto, Bripka Denny Umar Wally serta Ketua RT 002/ RW. 004 Ruslan Abdul Gani.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Arief Budiharso,SIK membagi sembako ke salah satu ibu lanjut usia di kawasan Silale, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon

Sambil membagikan bantuan ke rumah-rumah warga, Budiharso dan anak buahnya juga memberikan himbauan kepada warga agar Pertama, selalu tetap mematuhi himbauan pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran serta pemutusan mata rantai Covid-19; Kedua, meminta kepada masyarakat agar jika tidak ada kegiatan penting di luar rumah lebih baik beristirahat di rumah masing-masing.

BACA JUGA:  Dua Pemuda Tukang Palak Ini Ditangkap Petugas Polsek Sei Beduk

Ketiga, meminta warga agar selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar; keempat, meminta warga agar jika beraktivitas keluar rumah maka wajib memakai masker; dan kelima, meminta warga agar selalu menjaga jarak dengan Social distance maupun Physical distance.

Pantauan media ini, Kapolsek AKP Arief Budiharso mendatangi satu per satu rumah warga yang menjadi sasaran penerima bantuan. Rasa haru biru meliputi perasaan salah satu ibu janda yang sudah lanjut usia saat menerima bantuan paket sembako dari Kapolsek KPYS. Mereka mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Polsek KPYS terhadap kondisi mereka akibat dampak Covid-19. Bantuan ini mereka rasakan sangat membantu keluarga dalam menghadapi dampak Covid-19 ini. (Imanuel)

Komentar