oleh

Hadapi Era Digital, Kodam XVI/Pattimura Terus Asah Kemampuan SDM

-Daerah-28 views

Kabartoday, AMBON – Dinamika kemajuan komunikasi berbasis teknologi digital yang terjadi secara global juga menjadi perhatian serius dan kepedulian Panglima Kodam XVI /Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq.

Dalam rangka membenahi dan memperbaharui pengetahuan serta keterampilan personil jajaran satuan Penerangan dan kesatuan-kesatuan di wilayah Kodam XI/ Pattimura, bertempat di Aula Makodam, Kota Ambon, pada Rabu (18/09/2019) diselenggarakan Pelatihan Jurnalistik.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini berlangsung selama empat hari yang dimulai Rabu (18/9) hingga Sabtu (21/9). Sebagai instruktur, Kodam XVI/Pattimura menghadirkan tim pemateri dari Akademisi dan Praktisi Komunikasi dengan latar belakang jurnalis media cetak dan elektronika. Dua instruktur handal dihadirkan yaitu Satya Pandai, produser yang juga Koordinator Liputan 6 SCTV dan Indosiar dan mantan wartawan senior yang juga akademisi, Dr. Jannus Timbo Halomoan Siahaan, M.A., M.Si.

“Dewasa ini, informasi sudah menjadi suatu komoditi primer, bahkan dijadikan alat untuk membentuk opini publik yang mempengaruhi dan mengendalikan pikiran, sikap dan perilaku manusia. Dalam ruang informasi yang begitu luas dimana era keterbukaan menjadi hal yang mendominasi, maka jurnalistik menjadi salah satu sektor kehidupan yang menonjol,“ ujar Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq.

BACA JUGA:  Yusril Respon Keluhan Kampung Sawah Pulogebang

Lewat pelatihan diharapkan dapat membangun jiwa kewartawanan yang profesional, sesuai dengan perkembangan peradaban digital namun tetap merujuk pada Kode Etik Jurnalistik yang berlaku.

Kalangan peserta pelatihan mengakui kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan langkah yang sangat positif bagi jajaran penerangan Kodam XVI/Pattimura dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang diperlengkapi dengan  sarana dan prasarana yang tepat sesuai dengan dinamika komunikasi di era digital.

Acara pembukaan pelatihan jurnalistik ini juga dihadiri Kasdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, para Pejabat Utama Kodam XVI/ Pattimura tersebut. Kehadiran Tim Akademisi dan Praktisi komunikasi dari Jakarta ini disambut hangat Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq yang secara langsung membuka kegiatan pelatihan jurnalistik. Pangdam XVI/Pattimura menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Tim Akademisi dan Praktisi komunikasi itu.

BACA JUGA:  Kecamatan Pedes Gelar Pelatihan Mandiri Peningkatan Satlinmas

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Tim Akademisi dan Praktisi Komunikasi yang telah berkenan memenuhi undangan memberikan pelatihan jurnalistik kepada para perwira dan seluruh Prajurit, beserta Ibu-ibu Persit KCK PD XVI/Pattimura,” terang Pangdam.

Orang nomor satu di jajaran Kodam XVI/Pattimura ini berpesan, sekalipun alokasi waktu pelatihan ini sangatlah singkat, namun kegiatan pelatihan ini hendaknya dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk menyerap pengetahuan dan ketrampilan aktual bidang teknologi digital disamping pemikiran, pandangan dan pengalaman yang dimiliki para pemateri. Dengan adanya transfer pengetahuan dan ketrampilan itu setiap peserta diharapkan mampu secara persis mengidentifikasi persoalan maupun kendala yang masih sering dihadapi sebagai insan media penerangan.

BACA JUGA:  Polres Pulau Buru Bagi Paket Makanan Kepada Jemaat Kristen di Namlea

Pemateri Dr. Jannus Timbo Halomoan Siahaan, memaparkan cara menulis berita dan teknik pengambilan foto yang benar. Ia berharap pasca diadakan pelatihan ini para Perwira, Prajurit, dan ibu Persit dapat mengirimkan berita dengan benar, sehingga apa yang dilakukan oleh jajaran Kodam XVI/Pattimura dapat terkekspos secara luas di seluruh media lokal dan nasional.

“Minimal Menguasai dalam hal pengeditan foto atau video, penulisan berita dan mampu melawan berita palsu atau hoax,” ujar Jannus.

Sementara itu, pemateri Satya Pandia menguraikan tentang trik dan teknik pengambilan gambar video yang terbaru.

“Saya menilai awak media Pendam XVI/Pattimura sebenarnya sudah memiliki kualifikasi yang memadai, namun dituntut untuk terus mengasah ketrampilan guna menyesuaikan dengan perkembangan dunia pertelevisian termasuk menggunakan saluran komunikasi digital aktual dalam menyebarluaskan informasi kegiatan-kegiatan di wilayah teritorial Kodam XVI/ Pattimura,” tandasnya. (MAL)

Komentar