oleh

Hilang Tiga Hari, Dua Nelayan Maluku Terdampar di Perairan Sulawesi Tenggara

-Daerah-351 views

Kabartoday, AMBON – Dua nelayan asal Pulau Buru, Maluku yang sempat hilang selama tiga hari, ditemukan dalam keadaan selamat di perairan Binongko Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Muslimin Palisosa (60) dan Muhammad Palisosa (40) asal Desa Siliwadu Kecamatan Air Buaya Kabupaten Buru, Maluku awalnya dinyatakan hilang dua hari.

Pasalnya saat melaut sejak Kamis (24/10) pukul 03.00 WIT hingga Sabtu (26/10) kedua nelayan ini belum kembali serta tidak ada kabar keberadaan mereka. Namun, info terakhir yang diterima Kantor SAR, kedua nelayan naas ini ditemukan dalam keadaan selamat di perairan Kecamatan Binongko, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Iya, kedua nelayan itu sudah ditemukan dalam keadaan selamat. Mereka hanyut hingga ke perairan Wakatobi Sulawesi Tenggara dan ditolong oleh nelayan setempat. Info ini kami Terima dari Kantor SAR Namlea,” jelas Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin dalam rilisnya Minggu (27/10).

BACA JUGA:  Komitment Bela Wong Cilik, Sang Fajar Kembalikan Formulir Bacabup di DPC PDI Perjuangan

Ia katakan, informasi ditemukan kedua korban ini diterima Kantor SAR Namlea pada Minggu (27/10) sekira jam 08.20 WIT dan diteruskan ke Kantor SAR Ambon. Dengan ditemukannya kedua nelayan ini, ia katakan operasi pencarian yang digelar Kantor SAR bersama instansi terkait dinyatakan berakhir dan ditutup.

Dua nelayan asal Pulau Buru yang ditemukan hanyut ke perairan Binongko Sulawesi Tenggara

Ia jelaskan kedua nelayan ini awalnya kedua nelayan melaut menggunakan long boat sejak Kamis (24/10) sekitar pukul 03.00 WIT. Mereka bertolak dari camp mereka di Desa Siliwadu Kecamatan Air Buaya dengan tujuan mencari ikan di sekitar perairan Teluk Bara Kecamatan Air Buaya.

BACA JUGA:  Touring Fun Biker 'Millenial Road Safety Festival'

Hingga Sabtu (26/10) siang, kedua nelayan ini belum juga kembali ke camp mereka. Informasi nelayan hilang ini diterima Kantor SAR Namlea Sabtu (26/10) sekitar pukul 13.45 WIT.

Setelah melakukan koordinasi singkat, operasi pencarian hari pertama langsung digelar hari itu juga. Tim penolong langsung diberangkatkan pukul 14.00 WIT. Tim rescue ini menggunakan satu unit Rubber Boat milik Pos SAR Namlea, satu unit Speed Boat milik Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Pulau Buru serta unsur masyarakat setempat.

Tim penolong menuju ke perairan sekitar Teluk Bara yang diduga menjadi lokasi tujuan kedua nelayan tersebut. Jarak dari pangkalan pos SAR ke lokasi diperkirakan 110 kilo meter. Estimasi waktu perjalanan ke lokasi diperkirakan memakan waktu 2 jam 40 menit. Namun hingga malam hari, operasi pencarian tidak membuahkan hasil.

BACA JUGA:  Merasa Dirugikan, Pembeli Tanah Ini Akan Tempuh Jalur Hukum

Pada Minggu (27/10) sekitar pukul 08.20 Kantor SAR Namlea menerima informasi kedua nelayan yang dicari ini sudah ditemukan di perairan Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Mereka ditemukan dalam keadaan selamat dan ditolong oleh nelayan setempat. Mereka kemudian dievakuasi ke kompleks Pasar Wajo menunggu bantuan untuk pulang.

Kedua nelayan ini hanyut ke perairan Binongko diduga karena mengalami kerusakan pada mesin tempel membuat long boat mereka hanyut mengikuti arus hingga ditemukan di Sulawesi Tenggara. (Imanuel)

Komentar