oleh

Hujan Lebat, Kapolres Ambon Himbau Warga Waspada Bencana

-Daerah-228 views

Kabartoday, AMBON – Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso menghimbau warga Kota Ambon khususnya yang berada di wilayah yang rawan terjadi bencana tanah longsor maupun banjir agar lebih berhati-hati.

Himbauan ini disampaikan karena saat ini wilayah Kota Ambon dan sekitarnya hampir satu minggu terakhir terus dihantam hujan lebat setiap hari. Bahkan sudah ada beberapa titik di Kota Ambon terjadi longsor yang mengakibatkan beberapa rumah warga rusak berat.

“Kita tahu sudah seminggu ini hujan turun terus menerus. Sudah ada beberapa titik yang terjadi longsor. Karena itu kami menghimbau masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi yang rawan longsor, tebing, lereng gunung, tepi kali maupun daerah yang rawan terjadi bencana untuk lebih berhati-hati,” ujarnya Sabtu (8/6) di Mapolres Ambon kawasan Perigi Lima Kota Ambon.

BACA JUGA:  Bupati Kampar Serahkan 2800 Ha Lahan Senama Nenek

Bahkan ia menghimbau warga yang ada di daerah sangat rawan untuk mengungsi sementara waktu ke lokasi yang lebih aman. Ini dimaksudkan agar warga dapat terhindar dari bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Kalaupun lokasinya sangat rawan, kami himbau dan minta untuk segera mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Agar tidak terjadi korban,” tandas orang nomor satu di Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1999 ini menyampaikan kepada warga jika di lokasinya terjadi bencana tanah longsor maupun banjir, dapat melapor kepada petugas kepolisian atau pos kepolisian terdekat.

BACA JUGA:  Berburu Parcel Di 'Gea Dea Parcel Cikini Tawarkan paket Cantik

Selanjutnya laporan warga ini akan diteruskan dan dikoordinasikan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Ambon agar bisa diambil langkah-langkah tanggap darurat bencana untuk membantu warga yang jadi korban.

“Jika terjadi longsor, warga dapat melapor ke petugas atau pos kepolisian terdekat untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan pemerintah daerah untuk melakukan tanggap darurat di wilayahnya,” pungkas Hady.

Rumah warga di Dusun Taeno, Desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon yang tertimpa bencana longsor Kamis (6/6) dinihari.

Untuk diketahui, akibat hujan lebat yang mengguyur Kota Ambon beberapa hari terakhir ini sudah terjadi bencana longsor di beberapa lokasi di Kota Ambon. Di dusun Taeno, Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon satu unit rumah milik Wolter da Costa yang dihuni 11 jiwa dihantam longsor pada Kamis (6/6) dinihari. Beruntung tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini.

BACA JUGA:  Peduli Sungai, KPK Pemalang Raih Juara Harapan 2

Bencana longsor juga menimpa dua rumah warga di kawasan RT 003/04 Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Kedua rumah tersebut milik Alex Rumihin dan Hendra Goal. Tidak ada korban jiwa. Hanya kerugian material diperkirakan mendapat ratusan juta rupiah.

Selain itu, beberapa gedung di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mengalami keretakan. Yang paling parah terjadi di Gedung Pusar Perpustakaan yang terlihat mengalami keretakan di beberapa bagian bangunan. Bahkan sudah ada material bangunan yang runtuh. (MAL)

Komentar