oleh

Humanitas Petugas Dishub Kedepankan SOP

Kabartoday, Jakarta – Dalam keseharian Dishub Jakarta Barat kedepankan SOP Humanis, Tegas dan Terarah serta menyampingkan Emosi dalam bertugas, meski kerap terjadi pengguna jalan yang melanggar emosi.

Hal itu kembali terulang terhadap petugas Dishub dilapangan yang mengalami semprotan amarah saat ditegur karena salah. Seorang pria tua ngotot kepada petugas derek Dishub Jakarta barat lantaran tidak terima mobilnya di derek siang tadi, Selasa (26/2/2019).

Dengan santun dan sesuai SOP, petugas dishub tersebut tidak terpancing emosi.

Cristian (30) petugas Derek Sudin menjelaskan kronologis kejadiannya ketika ia sedang melakukan kegiatan rutin parkir liar di jalan Puri kembangan, dirinya mendapati sebuah kendraan B 1465 UYY parkir di badan jalan di tinggal pemiliknya.

BACA JUGA:  DISPORA¬† Jabar Gelar Pameran Sarana Olahraga¬†

Pada saat akan dilakukan penderekan tiba-tiba muncul seorang pria berwajah oriental paruh baya dari sisi kanan mencoba menghalangi petugas dan bersikeras untuk meminta kepada petugas agar kendaraan miliknya tidak di Derek.

Pelanggar yang tidak diketahui namanya itu terus berkelit kepada petugas, dirinya mengatakan bahwa hanya parkir sebentar untuk keperluan pribadi dan tidak melihat ada rambu larangan.

“Saya minta jangan kayak gini (jangan di derek), “ucap si Pelanggar pada petugas Dishub.

PETUGAS TETAP HUMANIS

Cristian Petugas Derek yang menangani mengaku tidak terpancing, pasalnya dirinya sesuai SOP dan arahan pimpinan (Plt Kasiops Sudinhub Jakbar) untuk senantiasa mengedepankan persuasif saat menjalankan tugas.

“karena parkir sembarangan dengan tegas kita tindak, “kata Cristian.

BACA JUGA:  Jelang Lebaran, Stok Beras dan Gula Wilayah Sorong, Raja Ampat, Tambrauw Mencukupi

Dengan kejadian pelanggaran parkir liar. petugas di bantu masyarakat setempat yang melihat kejadian tersebut dengan memberikan penjelasan. Akhirnya setelah di berikan penjelasan si pelanggar mau mengikuti arahan petugas Dishub untuk tetap di derek.

HUMANIS TANPA EMOSI SAAT BERTUGAS

Afandi Nofrisal Plt. Kasie Dalops Sudinhub Jakbar menjelaskan pihaknya selalu mengingatkan dalam setiap apel agar Anggota Dishub Jakarta barat selalu memberikan Motto ‘Selesaikan masalah tanpa masalah.’ yaitu dengan menyelesaikan masalah mengedepankan Humanis persuasif terarah dan tidak mudah tersulut emosi sehingga masalah dapat di selesaikan dengan baik.

Afandi sempat menjelaskan perihal kasus penderekan tersebut bahwa anggotanya tidak terpancing emosi saat bertugas, walaupun dalam giat Penderekan rutin ada saja masalah yang di hadapi.

BACA JUGA:  Spanduk Artifisial Relatif Mubazir

Ia mencontohkan, sering pelanggar yang mencoba kabur, bahkan memaki petugas. Namun hal tersebut di rasa maklum karana tugas Dishub adalah pelayan masyarakat dalam hal lalulintas serta memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin dalam berlalulintas.

“saat ini dalam penindakan, petugas Dishub selalu mengedepankan Sop
Humanis tegas terarah, tidak mengedepankan emosi walupun resiko dalam penindakan penderekan terkadang cukup Besar, “tegas Afandi.

Dari informasi yang di dapat hasil dari penindakan hari itu sebanyak 40 kendaraan yang di derek.

Selanjutnya kendaraan yang di derek untuk sementara di pindahkan ke kantor Dishub untuk proses lebih lanjut.(sniper)

Komentar