oleh

Idul Adha 1440 H, Polres Buru Sumbang Sepuluh Ekor Hewan Kurban

-Daerah-2 views

Kabartoday, NAMLEA – Perayaan Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 Hijriyah yang jatuh pada Minggu (11/8), Polres Pulau Buru menyediakan delapan sapi dan dua kambing sebagai hewan kurban.

Dari sepuluh hewan ini, sebanyak lima ekor sapi disumbangkan ke lima masjid yang tersebar di Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Masing-masing masjid menerima sumbangan satu ekor sapi.

Masjid-masjid yang menerima sumbangan hewan kurban ini yaitu Masjid An-Nur Desa Wailikut Kabupaten Buru Selatan, Masjid Istiqlal Desa Labuang Kabupaten Buru Selatan, Masjid Al-Iqlas Basalale Kabupaten Buru, Masjid Assyakur Bandar Angin Kota Namlea Kabupaten Buru serta Masjid Jabal-Nur Desa Karang Jaya juga di Kabupaten Buru.

Wakapolres Pulau Buru Kompol Bachri Hehanussa mengungkapkan pada perayaan Idul Adha tahun 1440 Hijriah ini, Polres Buru menyiapkan sepuluh hewan kurban yaitu delapan ekor sapi dan dua ekor kambing.

“Pada Idul Kurban tahun ini, keluarga besar Polres Buru menyumbangkan sepuluh hewan kurban yaitu delapan ekor sapi serta dua ekor kambing,” jelas Hehanussa Minggu (11/8).

BACA JUGA:  Diduga Gelembungkan Suara Caleg DPR RI, PPK & PPS se Kecamatan Wongsorejo dilaporkan ke Bawaslu

Dari sepuluh hewan kurban ini, lima ekor sapi disumbangkan ke lima masjid yang tersebar di Kabupaten Buru dan Buru Selatan. Sementara sisanya tiga ekor sapi dan dua ekor kambing, disembelih di halaman Polres Buru dan kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hehanussa yang pernah menjabat Wakapolres Seram Bagian Barat (SBB) ini katakan, lima ekor hewan yang dikurbankan di halaman Polres Buru, sebagian dagingnya juga disumbangkan masyarakat pada enam desa serta satu panti asuhan di Kota Namlea.

“Selain menyumbangkan lima ekor sapi, kita juga mendonasikan daging kurban yang disembelih di halaman Polres Pulau Buru ke enam desa serta satu panti asuhan masing-masing menerima 30 kilogram,” kata Hehanussa.

Ke enam desa dan satu panti asuhan yang menerima sumbangan daging kurban ini antara lain Desa Jikumerasa, Desa Gogorea, Desa Kampung Baru Jiku besar, Desa Kaki air, Desa Sawah dan Desa Pohon durian. Satu panti asuhan di Desa Nametek juga menerima sumbangan daging kurban.

BACA JUGA:  Kejuaraan Catur Piala Kapolres Buru Bonus Puluhan Juta Rupiah

Acara pemotongan hewan kurban ini dilaksanakan Minggu (11/8) sekitar pukul 10.00 WIT usai pelaksanaan Sholat Ied. Tema yang diambil Polres Pulau Buru pada Idul Adha 1440 Hijriyah ini adalah “Dengan Nilai Ibadah Qurban, Kita Tanamkan Semangat Dan Ketulusan Dalam Pengabdian Kepada Bangasa dan Negara”.

Wakapolres Pulau Buru dalam sambutannya pada acara pemotongan hewan kurban ini mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mengenang teladan iman Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

” Kita mengenang dan wajib meneladani pengabdian Nabi Ibrahim AS beserta putranya, Nabi Ismail AS yang telah melaksanakan ujian dari Allah SWT untuk berqurban menyembelih putra kesayangannya sendiri,” kata Hehanussa.

BACA JUGA:  500 Ha Lahan Kritis Di Samosir Segera Dihijaukan

Salah satu putra terbaik Kabupaten SBB asal Negeri Hualoy ini jelaskan ibadah qurban ini mempunyai dua aspek yaitu aspek ukhuwah islamiyah dan aspek syiar islam.

“Ada dua aspek pada ibadah qurban ini yaitu aspek Ukhuwah Islamiah yaitu persaudaraan sesama umat Islam dimana terjadi kepedulian sosial dari pihak yang berqurban dan penerima daging qurban serta aspek Syiar Islam yaitu sebagai sarana dakwah untuk menunjukan kemuliaan dan kebenaran agama Islam,” tandas mantan Kabag Ops Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease ini.

Hehanussa yang menjadi dambaan sebagian besar masyarakat Kabupaten SBB sebagai calon pemimpin di Kabupaten bertajuk Saka Mese Nusa ini terangkan pula bahwa Penyembelihan hewan Qurban sebagai bentuk ketaatan umat Islam kepada Allah SWT.

Turut hadir pada acara pemotongan hewan kurban ini antara lain sejumlah pejabat utama serta personil Polres Pulau Buru. (MAL)

Komentar