oleh

Ini Lah 5 Cakades Sawentar Kecamatan Kanigoro Yang Sudah Ditetapkan

Kabartoday, BLITAR – Tahapan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Blitar, yang akan digelar 15 Oktober 2019 mendatang kini tengah berlangsung. Untuk pelaksanaannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar tetap mengacu pada undang-undang nomor 6 tahun 2016, yang menyebut bahwa, pada penyelenggaraan Pilkades serentak minimal ada dua dan maksimal lima calon kepala Desa (Cakades).

Sesuai ketentuan, jika Bakal Calon (Balon) hanya satu, maka di lakukan perpanjangan waktu pendaftaran hingga 20 hari ke depan. Namun jika Balon lebih dari lima orang, maka dilanjutkan dengan pelaksanaan seleksi. Selanjutnya, jika dalam proses seleksi tersebut semuanya memenuhi persyaratan,maka akan diadakan  seleksi tambahan hingga didapatkan lima Balon Kades yang memiliki nilai tertinggi atau paling memenuhi persyaratan dan layak untuk maju dalam Pilkades.

Seperti tahapan Pilkades Sawentar, di Kecamatan Kanigoro. Dari delapan Balon Kades yang berkompetisi, akhirnya panitia menetapkan lima Cakades Sawentar yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi. Ke lima nya secara resmi di tetapkan pada tanggal 26 Agustus 2019. Kepada media ini, ketua panitia Pilkades Sawentar, Rudiono menyampaikan, jika acara penetapan yang digelar di Kantor Desa Sawentar (26/8/19) tersebut berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:  Peduli Dampak Covid-19 Wakapolresta Ambon Bagi Sembako

“Proses penjaringan Balon Kades Sawentar ini berdasarkan ketentuan yang tertuang dalam Perbup. Dari 8 Balon yang mendaftar, akhirnya diperoleh dan ditetapkan lima Cakades yang maju di Pilkades Sawentar pada 15 Oktober 2019 mendatang. Alhamdulillah semua berjalan lancar,” terang Rudiono. Kamis (5/9/19).

Lebih lanjut Rudiono mengatakan, setelah penetapan Cakades, tahapan berikutnya adalah melakukan pengundian nomor urut dan mensosialisasikannya kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Gubernur Kalbar Akan Beri Rp 3 Juta Sampai 400 Juta Bagi Kades Mandiri

“Gambar ke lima cakades akan kita pasang di tempat-tempat strategis. Itu kita lakukan agar masyarakat bisa dengan mudah mengenali cakades yang akan dipilihnya,” bebernya.

Berikut ini urutan ke lima Cakades Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Blitar. Nomor urut 01, H Mujiyanto berusia 60 tahun, nomor urut 02, Sujianto berumur 60 tahun. Sedangkan nomor urut 03, adalah Hj. Yeni Fera Anggraini yang kini masih berusia 38 tahun. Sedangkan untuk nomor urut 04, dipegang Budiono yang berusis 56 tahun dan nomor urut 05 adalah Sukar, yang berumur 52 tahun.

BACA JUGA:  Grup Xpress Air Segera Buka, Rute Banjarmasin - Banyuwangi

Sementara itu Camat Kanigoro, Darmadi, saat dihubungi media ini melalui telpon selularnya, Kamis (5/9/19) menyampaikan harapannya, agar semua masyarakat desa se Kecamatan Kanigoro khususnya, yang mengikuti pelaksanaan Pilkades serentak pada 15 Oktober 2019 mendatang agar bisa menjaga situasi ketentraman di desa nya masing-masing.

“Harapan saya dalam Pilkades nanti supaya semua cakades bersama tim nya masing masing bisa menjaga situasi  aman, nyaman dan tenteram. Siapapun yang terpilih menjadi kades, hendaknya bisa membawa desa nya agar lebih maju dan memiliki daya saing dengan menggali potensi   masyarakat dan desa nya,” pungkas Darmadi. (Dwi) 

Caption : Foto banner kelima Cakades Sawentar Kecamatan Kanigoro dan ketua panitia Pilkades, Rudiono. 

Komentar

News Feed