oleh

Inovasi Pemkab Garut Luncurkan Bus Wisata Tiket Sampah

Kabartoday, Garut – Atas nama Pemerintahan Kabupaten Garut, Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. H. Deni Suherlan, M.Si meluncurkan bus wisata pesona garut (Sonagar) bagi para tourisman.

Launching perdana bus Sonogar secara simbolis dilaksanakan pada hari Jum’at (5/7) di Gedung Pendopo Garut Jawa Barat.

“Bus wisata Sonagar (Pesona Garut) siap beroperasi melayani masyarakat keliling kota untuk mendongkrak potensi pariwista di Kabupaten Garut agar lebih dikenal dan dapat dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat secara luas dan menyeluruh, “Ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman mengatakan bus tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jabar untuk kebutuhan transportasi wisatawan agar bisa menikmati wilayah perkotaan Garut dengan bus yang didesain khusus.

“Untuk sementara ini jalur yang akan dilalui Sonogar baru seputar kawasan Garut Kota, “kata Suherman.

BACA JUGA:  Polres Pulau Buru Gelar Khitanan Massal dan Donor Darah Songsong HUT Bhayangkara

Ia mengatakan, Bus Wisata Tour Sonagar titik pemberangkatannya berada di Pendopo Garut, kemudian melewati Alun-alun – Jalan Jendral Ahmad Yani – Jalan Ciledug – Jalan Siliwangi – Jalan Cikuray dan kembali ke halaman Pendopo.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati bus tersebut, kata Suherman cukup dengan membawa satu kantong plastik sampah saja yang dipungut dari kawasan perkotaan Garut atau sekitar Alun-alun.

Ia berharap, calon penumpang yang memungut sampah itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan di kawasan perkotaan Garut.

“Masyarakat bisa menumpang bus secara gratis tetapi harus terlebih dahulu memungut sampah di seputaran Alun-alun Garut, jadi bayar karcisnya cukup dengan sampah sebanyak satu kantong plastik (Kresek …Red), “papar Suherman.

BACA JUGA:  Yonif Raider 509/Divif 2 Kostrad, Pos Towe Hitam Jaga Tapal Batas RI-PNG di M.M 5.1

Ia menyampaikan, hari pertama peluncuran bus tersebut mendapatkan respon positif dari banyak warga yang terlihat antre menunggu giliran naik bus.

“Antusias masyarakat cukup tinggi, terus-terusan membludak untuk menumpang Bus Sonagar ini, mereka terlihat sangat senang, “kata Suherman.

Sementara itu, penumpang bus wisata tidak hanya dari kalangan masyarakat biasa, tetapi ada juga dari kalangan Pegawai Negeri Sipil Pemkab Garut yang antusias ingin menikmati bus tersebut.

Seorang warga Garut, Delisa menyambut baik adanya bus wisata tersebut sebagai tambahan sarana hiburan bagi masyarakat Garut. “Ya senang bisa keliling kota, bisa membuat warga gembira, namun tidak tahu nanti bayarnya masih pakai sampah atau tidak, “kata Delia.

BACA JUGA:  Kapolres Kepulauan Aru Bagi Sembako Untuk Lansia di Desa Tungu Watu

Ditempat yang sama, Wini, warga pangatikan pun turut menikmati bus Sonogar ini. Ia merasa puas terhadap program bus wisata Sonagar dan kebijakan Pemkab garut yang memberikan inovasi dan solusi yang tepat bagi kepariwisataan di Garut, wisatawan dan lingkungan.

Kolaborasi yang dinamis, orientatif dan prospektif antara Instansi Perhubungan, DLHKP, Kepariwisataan dan para pihak terkait lainnya diharapkan mampu mendongkrak kepariwisataan Garut.

“Tentunya nilai plus Beredukasi lingkungan sangat dominan untuk membangun kesadaran akan kebersihan dan ketertiban umum bagi segenap insan wisata di garut khususnya. Saya berharap pemerintah bisa mempertahankan kebijakan yang tepat ini benar-benar memberikan dampak signifikan dan luas bagi kemajuan kota garut, “pungkas Wini.(Alam)

Komentar