oleh

IRBAN 1 Klaim Fokus Tanggulangi Covid 19, dan Abaikan Indikasi Korupsi Dua Kades

Kabartoday, Lampung Timur – Menindak lanjuti konfirmasi beberapa waktu lalu terkait adanya dugaan penggunaan anggaran desa Restu Rahayu yang bersumber dari Dana Desa (DD) terkesan dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai dengan petunjuk pelaksana dan teknis (juklak juknis).

Dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) tersebut bukan hanya terjadi didesa Restu Rahayu. Bahkan hal serupa juga terjadi pada Desa kota raman Kecamatan Raman Utara Babupaten Lampung Timur Provinsi Lampung.

Kepada wartawan kabartoday.co.id, Tri Wibowo selaku Inspektur Pembantu (Irban) satu Inpektorat Lampung Timur, melalui pesan WhatsAap pribadinya pada Jum’at (27/3/2020) menyebut saat ini pihaknya sedang fokus pada penanganan corona, sehingga hal lainya sedikit tertunda.

BACA JUGA:  Bantu Warga Hadapi Dampak Covid-19, Kapolres Kepulauan Aru Bagi Sembako

” Ya sudah kita lakukan klarifikasi dan pemanggilan… Untuk sementara kita tunggu RAB di APBDes lalu kita liat kebenarannya. Tapi berhubung kami semua lagi fokus covod 19 yang sudah darurat, sehingga konsentrasi kami saat ini untuk pengalihan anggaran mendukung tenaga medis di rumah sakit dan APD nya… Mohon bersabar untuk kasus desa tersebut. “Tulis Tri Wibowo.

Di sisi lain Thabrani Nur selaku aktivis dan pemuda asli lampung timur sangat menyayangkan lambatnya kinerja insfektorat lampung timur

“saya sangat menyayangkan, lambatnya kinerja inspektorat lampung timur dalam menangani kasus dugaan penyelewengan dana desa ini. Bukankah ini kasus dugaan penyewengan dana desa (Dd) anggaran tahun 2019 dan laporan tersebut sudah dilaporkan ke inspektorat beberapa bulan lalu jauh sebelum virus covid 19 muncul. “Bebernya.

BACA JUGA:  LMP Lampung Timur Kecam Industri Minyak Mentah Kelapa Sawit Langgar Perda

Ia juga menyinggung penanganan pencegahan virus covid 19 tidak bisa dijadikan alasan untuk dihentikannya pemeriksaan dugaan penyelewengan dana desa, apa pun alasan ini tidak di benarkan.

Sementara Mustofa Hadi Karya atau yang akrab disapa bang Opan selaku pimpinan umum media siber kabartoday.co.id dan juga sebagai Ketua Umum Forum Wartawan Jakarta (FWJ) menegaskan akan segera menyurati instansi terkait atas dugaan pekerjaan asal-asalan yang terjadi di wilayah kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur itu.

BACA JUGA:  Harap Pemilu Aman Damai Polda Dan TNI Banten Adakan Doa Bersama

“Bukan hanya TNI dan Polri dalam melakukan pengawasan penggunaan Dana Desa (DD). Semua masyarakat punya hak yang sama dalam kontrol dan pengawasan penggunaan dana desa. Untuk itu, kami melalui fungsi kontrol sosial akan bersurat secara resmi ke pihak-pihak terkait guna terbukanya informasi real atas penggunaan Dana Desa di 2 wilayah tersebut. “Paparnya.

Opan juga mendesak pihak aparat hukum agar segera menindaktegas jika didapati ada oknum-oknum yang sengaja memainkan Dana Desa untuk kepentingan pribadi dan golongan tertentu.[]Rbn

Komentar