oleh

Iriana Resmikan Pencanangan Gerakan Bersih-Bersih Kali Bahagia Bekasi

Kabartoday, Bekasi – Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau langsung Kali Busa atau Kali Bahagia yang terletak di Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (16/9/19).

Dalam kunjungannya, Iriana didampingi sejumlah istri Menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK).

Dalam sambutannya, Iriana mengajak seluruh masyarakat, terkhusus warga yang tinggal di sekitar Kali Bahagia untuk terus menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah ke kali.

“Sebenarnya sederhana sekali untuk bagaimana kampung menjadi bersih, sungai menjadi bersih, kali menjadi bersih, itu cukup sederhana. Kalau ada sesuatu yang ada di kali, terutama yang plastik, kita bisa mengambilnya. Jadi jangan sungkan mengambil apapun yang ada di jalan, yang di kampung, ambillah untuk masukkan ke tempat sampah. Nanti tidak akan bisa menumpuk kayak di sungai, “ucap Iriana.

BACA JUGA:  Charta Politika: Jokowi Tidak Bisa Dipercaya

Beberapa pekan lalu, Kali Bahagia sempat viral karena tumpukan sampah plastiknya yang menutupi aliran sungai. Sesuai namanya, menurut Iriana, Kali Bahagia seharusnya memberikan kebahagiaan kepada warga yang tinggal di sekitarnya.

“Namanya saja sudah bagus ya, Kali Bahagia. Mengapa kita melihat sampai jadi tidak bahagia? Mulailah sekarang kita beri kesadaran pada semuanya, terutama ibu-ibu Posyandu, dan RW, juga semua tokoh masyarakat, “ujarnya.

BACA JUGA:  Kapolres Kepulauan Aru dan Ketua DPRD Berikan Bantuan Sembako
Iriana Joko Widodo

Iriana juga meresmikan pencanangan Gerakan Indonesia Bersih. OASE KK juga menyerahkan bantuan alat olahraga, alat musik, dan bibit tanaman kepada masyarakat di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Iriana berharap sungai tersebut akan bisa kembali bersih, sehingga bisa dimanfaatkan warga yang tinggal di perkampungan sekitar sungai.

“Situasi sungai yang ada di Babelan tadi ternyata masih kotor sekali. Berkat kerjasama ibu-ibu, RT/RW, dan lingkungan semua tadi sudah dibersihkan dengan alat ekskavator. Insyaallah nanti bisa bersih semua sepanjang 3 kilometer agar nanti bisa dimanfaatkan yang lainnya. Karena di situkan banyak perkampungan. “Ucapnya.

BACA JUGA:  Kapten lnf l Made Sudiadnyana Bagikan Sembako Sebagai Wujud Nyata TMMD Ke 16 Kepada Warga Desa Kupang

Setelah meninjau langsung pembersihan Kali Bahagia, Ibu Negara dan rombongan menuju Aula RW 30 untuk melakukan sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih kepada sejumlah pelajar tingkat SMP dan SMA.

Uniknya, Iriana melakukan sosialisasi melalui kuis berhadiah. Sejumlah pelajar yang beruntung dan bisa menjawab pertanyaan dari Ibu Negara dengan hadiah sepeda hingga laptop[]Tom

Komentar