oleh

Jadi Polisi Promoter, Kapolres Ambon Akui Butuh Dukungan Stakeholder

-Daerah-65 views

Kabartoday, AMBON – Menjadi seorang anggota polisi yang Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter) merupakan hal yang cukup berat bagi seorang anggota kepolisian. Harus Profesional dalam tugas, harus Modern dalam menggunakan peralatan serta harus Terpercaya yaitu mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Dari ketiga hal ini, Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso mengakui yang terberat adalah Terpercaya dimana harus meraih kepercayaan stakeholder.

“Yang paling berat adalah terpercaya dimana harus bisa meyakinkan serta meraih kepercayaan masyarakat maupun stakeholder lainnya,” ungkap Santoso Rabu (10/7) usai menjadi inspektur upacara peringatan HUT Bhayangkara ke 73 di Lapangan Merdeka Ambon.

Ia akui untuk mewujudkan seluruh anggota kepolisian pada umumnya dan anggota Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menjadi polisi yang Promoter, tidak bisa dilakukan institusi kepolisian seorang diri tetapi harus ada dukungan stakeholder.

BACA JUGA:  Hari Jadi Kota Blitar Ke 113, Sejumlah Ruas Jalan Akses Masuk Kota Ditutup

“Untuk mewujudkan itu semua (Promoter-red), tidak bisa kami (Kepolisian-red) seorang diri namun harus ada dukungan dari seluruh stakeholder yang ada baik rekan-rekan TNI maupun masyarakat,” tukasnya.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso saat menjadi inspektur upacara HUT Bhayangkara ke 73

Menginjak usia ke-73 pengabdian Polri kepada bangsa Indonesia, alumni Akabri Kepolisian tahun 1999 ini berharap ke depan seluruh anggota Polres Ambon dapat menjadi polisi yang promoter sesuai harapan Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Polisi M. Tito Karnavian serta seluruh rakyat Indonesia.

“Hal ini selaras dengan tema HUT Bhayangkara ke-73 yaitu
Dengan semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk masyarakat bangsa dan negara,” tandas Santoso.

BACA JUGA:  Eks Gubernur Mantan Kader Banteng Ini Himbau Agar Warga Jateng Jangan Takut Pilih Prabowo - Sandi

Sebelumnya, pada upacara HUT Bhayangkara ke-73, Santoso sebagai Irup membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, yang ditunjukkan personel Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan
perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam upacara, Kapolres berkenan memberikan penghargaan kepada anggota polisi yang melaksanakan tugas penuh dedikasi dan anggota masyarakat sipil yang ikut membantu kepolisian dalam pengungkapan kasus kejahatan.

“Kita berikan penghargaan kepada masyarakat yang berperan aktif untuk mewujudkan kamtibmas yaitu penangkapan pelaku kejahatan jalanan berupa jambret. Kita harapkan kedepan akan ada banyak masyarakat yang seperti tadi kita berikan penghargaan sehingga masyarakat berani menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan masyarakat, sehingga kamtibmas dapat terwujud,” ujar Kapolres.

BACA JUGA:  Pemprov DKI Jakarta Berangkatkan 300 Armada Mudik Bareng Gratis

Bertindak sebagai Komandan Upacara AKP RONY FERDY Manawan yang saat ini menjabat Kapolsek Saparua. Sementara unsur peserta upacara selain personil Polres Ambon juga ada satu satuan setingkat peleton (SST) gabungan Kodim 1504/Pulau Ambon, satu SST Satuan Polisi Pamong Praja Kota Ambon, satu SST Damkar Kota Ambon, satu SST Dinas Perhubungan Kota Ambon serta satu SST Pramuka Saka Bhayangkara Polres Ambon.

Turut hadir dalam upacara Dandim 1504 Pulau Ambon Letkol Inf Fendri Novyanti Raminta, Sekretaris Kota Ambon A.G LATUHERU, Kepala Kejaksaan Negeri Ambon Benny Santoso, Ketua Pengadilan Negeri Ambon Pasti Tarigan serta sejumlah pejabat institusi TNI/Polri serta sipil lainnya, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lainnya. (MAL)

Komentar