oleh

Polda Maluku Gelar Gowes Sinergitas Bareng TNI Promo Wisata Daerah

Kabartoday, AMBON – Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa yang saat ini menjabat Kapolda Maluku terus membantu Pemerintah Provinsi Maluku mempromosikan spot wisata daerah.

Terkini, ia mengadakan gowes sepeda bareng institusi Kepolisian bersama TNI dengan lokasi gowes di wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku.

Gowes yang dilaksanakan Sabtu (22/6) diikuti sekitar 100 peserta dari TNI/Polri serta goweser nasional ini menempuh jarak sekitar 87 kilometer. Rute yang diambil star dari Waipirit Kecamatan Kairatu menuju lokasi wisata Pulau Osi dan berakhir di Kota Piru.

Sebanyak 50 goweser Polri dipimpin Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa sementara 40 goweser institusi TNI gabungan tiga matra darat, laut dan udara dipimpin Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan. 10 goweser lainnya dari masyarakat sipil yang berpartisipasi.

Keceriaan peserta Gowes Sinergitas TNI/Polri

Lumowa jelaskan maksud kegiatan gowes bareng ini selain menyongsong HUT Bhayangkara ke-73 pada 1 Juli mendatang serta membantu pemerintah mempromosikan lokasi wisata di Maluku juga bertujuan mempererat sinergitas TNI/Polri di Maluku

BACA JUGA:  Alfisyahrin Datangi Dinas DPMPTSP Batang Soal Pelayanan Pembuatan Paspor

“Selain mempererat soliditas TNI/Polri gowes sinegritas ini juga untuk menyemarakan hari bhayangkara ke 73. Selain itu juga bertujuan mempromosikan pariwisata di Maluku, salah satunya pulau Osi, di SBB ini,” jelasnya.

Mantan Ka korlantas Mabes Polri ini ungkapkan daerah Maluku kaya wisata tapi banyak yang belum tahu. Karena itu lewat gowes ini yang juga diikuti goweser nasional kiranya dapat mempromosikan lokasi wisata di Pulau Osi.

Rekan seangkatan Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian di Akabri Kepolisian ini katakan gowes merupakan olahraga yang sangat sederhana dan murah sehingga miliki banyak peminat termasuk masyarakat.

“Gowes ini banyak digemari oleh masyarakat, dan sejumlah kalangan. Nah disitulah cara yang cepat dan mudah untuk mempromosikan wisata kita ini,” tuturnya.

BACA JUGA:  Yahya Tewas Ditangan Sarjaya, Pelaku Diamuk Massa Cisoka

Salah satu putra terbaik asal daerah Sulawesi Utara ini sebutkan peserta yang dilibatkan dalam kegiatan gowes sinergitas ini berjumlah sekitar 100 orang.

Penanaman Mangrove di Pulau Osi Kabupaten SBB oleh peserta gowes sinergitas

“Kita libatkan TNI baik AD, AL, dan AU sekitar 40 orang yang dipimpin pak Kasdam Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, Polri 50 orang dan masyarakat 10 orang. Masyarakat ini didalamnya ada goweser nasional juga, sehingga tidak sia-sia kita promosikan daerah ini,” paparnya.

Ia tambahkan dirinya akan terus melakukan kegiatan gowes diseluruh wilayah Maluku. Hingga saat ini sudah beberapa wilayah di Maluku yang ia sentuh dengan kegiatan gowes.

“Sebelumnya kita sudah lakukan goes disejumlah kabupaten. Mungkin MBD, Malra dan Aru yang belum, tapi kedepan kita akan buat biar orang bisa tahu daerah ini,” tandasnya.

BACA JUGA:  DPO Propokator Tawuran di Johar Baru Diamankan Team Patroli

Sementara Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI
Asep Setia Gunawan mengatakan, gowes merupakan olahraga murah meriah namun sangat menyehatkan.

“Kita dukung terus langkah pak Kapolda dan Pemerintah untuk sama-sama membangun Maluku, lewat gowes ini. Gowes ini mudah, meriah dan sangat menyehatkan sehingga siapapun bisa bergabung dan ikut,” tambah Asep.

Untuk jarak dan medan tempuh sendiri, orang nomor dua di Kodam XVI/Pattimura itu mengungkapkan, 87 kilometer merupakan jarak yang cukup bagus bagi para goweser.

“Medannya mantap, karena ada tanjakan dan turunan kemudian para goweser juga senang karena bisa menuju lokasi wisata,” ucapnya.

Dokter Biddokkes Polda Maluku memeriksa kesehatan warga Pulau Osi, rangkaian kegiatan gowes sinergitas TNI/Polri

Kegiatan gowes di Kabupaten SBB ini, diakhiri dengan bhakti sosial berupa pengobatan dan pemeriksaan gratis oleh Biddokkes Polda Maluku, kepada masyarakat di pulau Osi.

“Selain pengobatan dan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan penanaman puluhan anakkan pohon mangrove, dan penyerahan bantuan kepada masyarakat berupa alat olahraga,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Moh Roem Ohoirat. (MAL)

Komentar