oleh

Jelang Lebaran, Stok Beras dan Gula Wilayah Sorong, Raja Ampat, Tambrauw Mencukupi

Kabartoday, Kota Sorong
Stok beras pemenuhan kebutuhan masyarakat menghadapi hari raya Idul Fitri 1440 H untuk wilayah Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Tambrauw di Provinsi Papua Barat masih mencukupi. Bahkan ketersediaan beras mampu untuk memenuhi kebutuhan hingga tiga bulan ke depan.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Usaha Logistik (BULOG) Kota Sorong Muhammad Said saat ditemui Kabartoday di ruang kerjanya Jumat (17/5/2019).

“Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, kami sudah mengantisipasi kebutuhan warga ini. Dan untuk stok beras hingga hari ini di Bulog ada 4.000 ton,” jelasnya.

Said katakan stok beras di angka ini akan mampu melayani kebutuhan masyarakat wilayah Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Tambrauw selama tiga bulan ke depan.

BACA JUGA:  Taman Biasa Disulap Menjadi Taman Bacaan 64. PPSU Kel Cakung Barat

Ia ungkapkan saat ini juga sementara dilakukan pembongkaran beras dari kontainer sebanyak 1.500 ton sehingga stok tersedia lebih dari 5.000 ton.

“Jadi, stok beras untuk empat wilayah ini aman. Menghadapi lebaran, masyarakat tidak perlu khawatir akan kelangkaan beras di pasar,” tukas Said.

Selain beras, kebutuhan masyarakat terhadap sembako jenis gula pasir juga dalam keadaan aman. Saat ini stok gula pasir yang tersedia di gudang Bulog mencapai 400 ton.

BACA JUGA:  Kapolda Maluku Vicon Dengan Kabaharkam Polri Bahas "New Normal"

“Stok gula pasir pada gudang kami masih ada 400 ton. Memang saya tidak bisa prediksi ini bisa memenuhi kebutuhan untuk berapa bulan tetapi prinsipnya untuk menghadapi lebaran nanti masih mencukupi. Masyarakat tidak perlu khawatir,” tandas Said.

Sementara untuk pendistribusian ke empat wilayah ini, Said katakan belum menemui kendala yang berarti khusus untuk wilayah Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Tambrauw. Hanya untuk wilayah Kabupaten Raja Ampat yang harus menggunakan transportasi laut terkadang sedikit temui kendala jika ada musim angin dan cuaca buruk.

Menyangkut jumlah atau kuota pendistribusian beras maupun gula pasir untuk masing-masing wilayah tidak sama karena tergantung dari besaran PAGU Bansos wilayah.

BACA JUGA:  Polres Aru Gelar Dapur Umum Untuk Warga Kota Dobo

Selain pendistribusian, Said paparkan pula bahwa jika ada masyarakat yang ingin membeli langsung di Kantor Bulog juga dilayani tanpa ada batasan jumlah.

“Semua komoditi yang ada, kami juga layani untuk umum. Masyarakat bisa beli langsung di Kantor Bulog Kota Sorong. Tidak di batasi. Berapapun yang mau dibeli silahkan,” paparnya.

Sementara itu menyingung tentang pasar murah, dijelaskan Bulog punya program namanya jaringan distribusi yaitu Rumah Pangan Kita (RPK) dan juga Toko Pangan Kita (TPK) dimana program ini untuk menjual komoditi Bulog. (HS)

Komentar