oleh

Kabid Humas Polda Banten Himbau Pemudik Saat Arus Balik Lebaran

Kabartoday, Merak Cilegon Banten – Lonjakan arus balik mudik lebaran di Merak Cilegon diprediksi akan mengalami peningkatan. Hal itu dikatakan Kabid Humas Polda Banten, AKBP Edy Sumardi Priadinata saat dikonfirmasi kabartoday.co.id, Sabtu (8/6/2019).

Sebelumnya Edy telah meninjau arus balik lebaran diterminal executive merak yang juga didampingi wakapolda Benten siang tadi.

Edy menghimbau para pemudik jangan berkendara (menyetir kendaraan) pada saat dalam pengaruh minuman keras /alkohol/mengantuk/ kelelahan/sakit/ setelah mengkonsumsi obat atau pil yang dapat menyebabkan ngantuk.

BACA JUGA:  Bareskrim Polri Grebek Gudang Sabu di Cikarang

Lanjutnya, gunakan sabuk pengaman (safety belt) pada kendaraan roda empat atau lebih.

Selain itu kata Edy, bagi pengguna kendaraan roda dua gunakan helm standard SNI (Standart Nasional Indonesia) baik pengemudi atau penumpang, dan jangan menelpon maupun menerima telpon atau main SMS an saat berkendara (mengemudi).

“Menggunakan handpone saat mengemudi sangat rawan terjadinya kecelakaan, terlebih pengendara gunakan headset untuk mendengarkan musik saat berkendara. “ucap Edy.

BACA JUGA:  Jelang HUT Bhayangkara ke-74, Polda Maluku Gelar Donor Darah

Edy juga menyarankan untuk menyalakan lampu kendaraan roda dua di siang hari.

“Patuhi rambu-rambu lalu lintas seperti tidak menerobos lampu merah (traffic light), marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas lainnya serta tidak saling mendahului. “himbaunya.

Edy juga menyebut Budaya tertib berlalu lintas mengurangi bahaya saat berkendara.

“Pastikan kendaraan dalam kondisi baik, kondisi pengemudi dalam keadaan sehat dan bawa serta SIM, STNK, KTP dan KTA anda serta uang cash secukupnya jangan berlebihan. “pintanya.

BACA JUGA:  Pemkab Banyuwangi Siapkan Reward Puskesmas Jadi Mal Orang Sehat

Untuk kendaraan bak terbuka ataupun truk, Edy menyampaikan jangan membawa barang berlebihan di atas mobil dan Jangan memuat/mengangkut penumpang dijalan.

“yang pasti cek Bahan Baker dan E-Money/Kartu Tol Cukup untuk mengantisipasi kehabisan bahan bakar dan kelancaran di Tol. “Ujarnya.

Edy juga menyarankan jika diperjalanan menemukan kemacetan lalu lintas atau kejadian kecelakaan lalu lintas agar segera hubungi layanan Call Center Siaga Sat Lantas di nomor : 082323632001.(Boim)

Komentar