oleh

Kapal Patah Kemudi di Laut Aru, Seluruh Penumpang Diselamatkan Tim SAR

-Daerah-49 views

Kabartoday, AMBON – Satu kapal penumpang bermuatan 15 orang, nyaris tenggelam di sekitar perairan laut Kepulauan Aru Sabtu (13/3/2021) tengah malam. Kapal ini mengalami patah kemudi.

Saat itu, KM Selai Kubang dalam perjalanan dari Desa Beltubur, Kecamatan Aru Selatan menuju Kota Dobo,  ibu kota Kabupaten Kepulauan Aru. Kapal ini membawa 15 penumpang. Empat diantaranya masih balita.

Namun ditengah perjalanan cuaca memburuk dan adanya gelombang tinggi yang bisa mencapai 1,5 meter. Kapal kemudian dihantam gelombang tinggi. Akibatnya kapal mengalami patah as kemudi. Kapal naas ini pun tak bisa melanjutkan perjalanan. Kapal dan seluruh penumpang terombang ambing di tengah lautan.

Beruntung, saat terjadinya kecelakaan laut ini, tak lama kemudian tim SAR gabungan berhasil menemukan KM Selai Kubang dan menyelamatkan seluruh penumpang.

BACA JUGA:  171 Penumpang KM Nggapulu Debarkasi Ambon Masuk Karantina Antisipasi Covid-19

Kepala Kantor SAR Ambon Mustari membenarkan terjadinya kecelakaan kapal di wilayah perairan Kepulauan Aru.

Mustari,SE,MM – Kepala Kantor SAR Ambon

“Tadi malam (Sabtu-red) terjadi kecelakaan kapal di sekitar perairan Kepulauan Aru. Kapalnya patah kemudi di tengah laut. Beruntung tidak ada korban jiwa. Seluruh penumpang sebanyak 15 orang berhasil diselamatkan tim SAR. Diantara para penumpang itu, ada empat anak yang masih balita,” jelas Mustari, Minggu (14/3/2021).

Ia ungkapkan, diketahuinya ada kecelakaan kapal yang dialami KM Selai Kubang ini saat Kantor SAR Ambon mendapat laporan dari bapak Beni, salah satu keluarga korban pada Sabtu (13/3/2021) sekira pukul 21.50 WIT.

Kemudian kantor SAR Ambon menghubungi Unit SAR Dobo menginformasikan adanya laporan kecelakaan kapal ini. Sekitar pukul 22.10 WIT, tim rescue unit Siaga SAR Dobo langsung beraksi. Mereka menggunakan Speedboat milik Dinas Perhubungan Laut Kabupaten Kepulauan Aru menuju lokasi kejadian.

BACA JUGA:  LRPPN-BI Bugarkan Residen Binaannya Dengan Olahraga Futsal

Dalam aksi penyelamatan ini, terlibat juga unsur potensi SAR gabungan diantaranya dari Satuan Pol Airud Polres Kepulauan Aru serta Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Aru. Satpol Airud turut mengerahkan satu unit kapal polisi (KP) XVI-2004 untuk misi penyelamatan ini.

Setelah beberapa waktu melakulan pencarian, sekitar pukul 23.50 WIT, tim SAR berhasil menemukan KM Selai Kubang pada koordinat 05°50.995’ S – 134°17.828’ E. Kondisi kapal saat itu terombang ambing dihantam gelombang. Beruntung seluruh penumpang berjumlah 15 orang dalam keadaan selamat.

BACA JUGA:  Narko: Dapur Istana Rakyat Sebagai Oase Aktivis Berkumpul

Selanjutnya seluruh penumpang dievakuasi dari KM Selai Kubang ke Kapal Polisi (KP) XVI-2004 untuk dibawa menuju Dobo. Seluruh penumpang tiba di pelabuhan Dobo pada Minggu (14/3/2021) pukul 02.10 WIT dinihari.

Dari data penumpang, empat balita yang ikut dalam pelayaran ini antara lain Violeta Ngosin berusia enam tahun, Tetreda Ngosin (3 tahun), Abdulah Rajab (2 tahun) dan Pater Warlon (1 tahun).

Dengan keberhasilan tim SAR gabungan menyelamatkan seluruh penumpang KM Selai Kubang, Kepala Kantor SAR Ambon Mustari mengucap terima kasih kepada seluruh unsur potensi SAR yang terlibat.

“Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur potensi SAR yang terlibat dikembalikan ke satuannya masing-masing. Tak lupa kami ucapkan terima kasih. (Manuel)

Komentar