oleh

Kapolda Kalbar Pantau Rapat Pleno KPU Singkawang

Kabartoday, Kalbar – Pol Didi Haryono beserta jajaran memantau pelaksanaan pengamanan dan rapat pleno KPUD Kota Singkawang, di Hotel Dangau Singkawang, Minggu (5/5/2019).

Turut hadir Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi dan Komandan Kodim 1202/Singkawang, Letkol Arm Victor Jacob.

“Kami bersama jajaran sengaja melakukan pengecekan pelaksanaan pengamanan pleno KPUD di Singkawang untuk memastikan kesiagaan anggota di lapangan, “kata Kapolda.

BACA JUGA:  Otto Hasibuan Tak Sependapat Pandangan YIM Soal Syarat Pelantikan Presiden

Dalam pengamanannya, dia mengerahkan sebanyak 230 personel polri ditambah 20 personel TNI.

“Para pasukan disiagakan secara berlapis dalam pengamanan tempat pleno ini, “ujarnya.

Usai memantau pengamanan dan rapat pleno KPUD Kota Singkawang di Hotel Dangau, selanjutnya rombongan menuju ke Kantor KPUD Singkawang yang beralamat di Jalan Dr Sutomo yang sekaligus menjadi salah satu gudang penyimpanan logistik hasil pemilu.

“Yang terlibat dalam pengamanan di Kantor KPU ada sebanyak 90 personel Polri dan 10 personel TNI, “ungkapnya.

BACA JUGA:  Rispanel Dorong Aspirasi Masyarakat agar Terealisasi Dengan Merata

Kelengkapan perorangan, sarana pengamanan dan gudang penyimpanan logistik hasil pemilu ditinjau langsung oleh Kapolda Kalbar.

“Kami ingatkan bahwa kotak suara, surat suara dan dokumen hasil pemilu yang ada di gudang KPUD ini merupakan dokumen negara yang harus dijaga, sehingga perlu di antisipasi dan dicegah dari hal-hal yang tidak diinginkan, “jelasnya.

Dia meminta agar pertebal personel keamanannya, laksanakan sesuai SOP dan koordinasikan dengan KPUD.

BACA JUGA:  Rekapitulasi Nasional, Prabowo Ungguli Jokowi di Bengkulu Selisih Tipis 2.511 Suara

Kapolda Kalbar juga meninjau kembali pengamanan 2 (dua) gudang penyimpanan kotak suara dan surat suara hasil pemilu yang berlokasi di Ruko Jalan Gusti Lelanang dan Ruko Jalan Yohana Godang Singkawang.

Sebagai informasi, dalam Pemilu Pilpres dan Pileg 2019, terdata DPT di KPUD Singkawang sejumlah 160.753 pemilih yang tersebar di 5 PPK dengan tempat pemungutan suara sejumlah 673 TPS.(GUN)

Komentar