oleh

Kapolda Maluku : Institusi Kepolisian Milik Semua Umat Beragama

-Daerah-46 views

Kabartoday, AMBON – Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar menegaskan bahwa institusi kepolisian bukan milik satu golongan agama saja tetapi milik semua umat beragama.

Hal ini disampaikan Djafar dihadapan ribuan umat muslim Kota Ambon usai melaksanakan sholat Jumat (21/02/2020) di Masjid Raya Al-Fatah Kota Ambon.

“Polisi adalah milik semua umat di Maluku, baik muslim maupun non muslim. Polisi juga pelayan umat, sehingga wajar jika saya sebagai orang baru yang bertugas di Maluku, memperkenalkan diri kepada umat, karena saya adalah pelayan bagi mereka,” ujarnya.

Keberadaan Djafar yang baru sepekan menjabat Kapolda Maluku di Masjid Raya Al-Fatah selain untuk menunaikan ibadah sholat Jumat sebagai seorang Muslim, ia juga ingin bersilaturahmi dengan umat Muslim di Maluku khususnya yang berada di Kota Ambon. Saat itu dihadapan ribuan umat Muslim di Masjid Al-Fatah, Djafar memperkenalkan diri sebagai Kapolda Maluku yang baru menggantikan Irjen Pol Royke Lumowa.

BACA JUGA:  Arus Balik Mudik, Mobil Sampah Digunakan Angkut Orang

Alumni Akabri Kepolisian tahun 1986 ini katakan hadirnya polisi ditengah-tengah masyarakat dalam memberikan pelayanan.

“Mungkin saja ada polisi yang tidak menggunakan mata hati saat bertugas maka saatnya kita ajak untuk menggunakan mata hati dalam bertugas dan melayani umat. Polisi tidak akan ada apa-apanya tanpa umat,” beber mantan Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar) yang hobi berdakwah ini.

BACA JUGA:  58 Ribu Suara Caleg Gerindra di Bangkalan Dirampok, SATRIA Ambil Sikap

Orang nomor satu di Polda Maluku ini juga berharap, agar umat muslim di Maluku bisa mendukung kinerja aparat kepolisian dalam menjaga situasi dan kondisi keamanan di bumi raja-raja ini.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar,M.Si bersalam dengan umat muslim Kota Ambon di Masjid Raya Al-Fatah usai pelaksanaan ibadah sholat Jumat (21/02/2020)

Bukan saja itu, jenderal polisi dua bintang ini menghimbau masyarakat untuk selalu mengawasi anggotanya dilapangan saat melaksanakan tugas.

“Kebetulan dalam waktu dekat nanti ada penerimaan taruna Akpol, bintara dan tamtama Kepolisian. Maka dalam kesempatan ini saya minta dan himbau kalau ada nanti yang mengatakan masuk polisi pakai uang, silahkan laporkan, saya akan proses baik yang pemberi maupun menerima termasuk yang di tahun-tahun sebelumnya,” tegas mantan Karo Paminal Divpropam Polri itu.

BACA JUGA:  Cegah¬† Penularan Covid-19, Pemkab Samosir Dan TNI/Polri Semprot Disinpektan Disetiap Kecamatan¬†

Ia akui tidak akan ada polisi yang baik jika prakter kotor seperti itu masih saja dilakukan dan terjadi di institusi kepolisian.

“Polisi bisa masuk surga, kalau awal masuk jadi polisi dan kinerjanya selama jadi polisi juga baik. Polisi juga akan masuk neraka jahanam jika awal masuknya salah dan kerja buruk. Semoga polisi di Maluku semuanya baik-baik dan bisa masuk surga,” tutup mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya. (Imanuel)

Komentar