oleh

Kapolda Maluku Roadshow Kunjungi Toga dan Forkopimda

-Daerah-71 views

Kabartoday, AMBON – Pekan pertama beraktivitas sebagai Kapolda Maluku, Irjen Baharudin Djafar melakukan roadshow berkunjung menemui para tokoh agama dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi si Maluku yang ada di kota Ambon. Roadshow Irjen Djafar dalam rangka silaturahmi ini dilakukan selama dua hari sejak Rabu (19/02/2020) hingga hari ini Kamis (20/02/2020).

Irjen Baharudin Djafar yang dilantik jadi Kapolda Maluku menggantikan Irjen Pol Royke Lumowa ungkapkan setelah kemarin (Rabu-red) mengunjungi ketua Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) Pdt AJS Werinussa serta Kepala Keuskupan Amboina Mgr. PC Mandagi,M.S.C, maka dalam lawatannya hari ini ia mengunjungi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Abdullah Latuapo, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq serta Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Yudi Handono.

“Hari ini saya didampingi sejumlah pejabat utama kembali melakukan kunjungan dan silaturahmi ke-MUI yang di terima langsung oleh Ketua MUI Maluku bersama wakil ketua dan staf pengurus,” ujar Djafar.

BACA JUGA:  Damin Sada Marah, PSBB di Kabupaten Bekasi Omong Kosong
Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar,M.Si saat berkunjung ke Kantor MUI Maluku.

Dalam silaturahminya, selaku Kapolda Maluku yang baru ia berharap adanya dukungan dan kerja sama dari tokoh agama, dan ulama dalam mendukung tugas kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Mari kita awali semuanya dari kegiatan keagamaan seperti ibadah bersama sesuai kepercayaan masing masing, mari kita penuhi rumah ibadah kita masing masing,” jelasnya disela-sela kunjungannya dikantor MUI, Kamis (20/02/2020) siang.

Djafar yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar) berharap lewat silahturahmi awal yang dilakukannya ini kiranya kerjasama Polda Maluku dengan MUI Maluku yang selama ini terjalin dengan baik dapat di pertahankan dan mungkin di tingkatkan.

Dari Kantor MUI Maluku, Djafar bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku. Orang nomor satu di jajaran Polda Maluku ini disambut oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Yudi Handono bersama para asiten kejaksaan.

“Saya juga sangat mengharapkan dukungan dan kerja sama dari pihak kejati Maluku sesuai dengan fungsi tugas masing-masing institusi,” tandas Djafar.

BACA JUGA:  Aktivis dan Mahasiswa Banyuwangi Desak Pemerintah Kembalikan Tanah Pakel
Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M. Si saat memberikan plakat kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Yudi Handono,SH, MH di Kantor Kejati Maluku. 

Ia katakan dalam pertemuan itu Kajati Maluku Yudi Handono telah menyatakan dukungan terhadap Polda Maluku dalam pelaksanaan tugas penegakan hukum.

“Dari Kejaksaan Tinggi tadi juga akan mendukung kita (Polisi-red) dalam rangka tugas penegakan hukum. Jika ada perbedaan SOP maka akan di koordinasikan dengan baik,” tutur mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Usai dari Kejaksaan, Kapolda dan rombongan menuju Markas Kodam XVI/Pattimura. Irjen Djafar dan rombongan diterima langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan serta para asisten Kodam. Saat pertemuan ini, Irjen Djafar mengatakan sebagai Kapolda Maluku yang baru ia sangat berharap dapat diterima di bumi Maluku. Ia juga berharap sinergitas TNI/Polri yang selama ini telah terjalin baik dapat dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi.

BACA JUGA:  Cegah Pengerahan Masa Jelang Keputusan MK, Satlantas dan Sabhara Polres Situbondo Gelar Operasi

“Sebagai orang baru di Maluku saya sangat mengharapkan dapat di terima di bumi Maluku. Dukungan dan kerja sama sangat di harapkan, termasuk sinergitas TNI POLRI yang merupakan harga mati serta tidak bisa di tawar lagi,” ujar perwira tinggi Polri dengan dua bintang emas di pundaknya ini.

Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar,M.Si memberikan cendera mata kepada Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq,SH, MH

Dalam pertemuan itu ia ungkapkan setelah dinaikan pangkatnya menjadi bintang dua oleh presiden RI, ada amanat khusus kepada dirinya oleh presiden tentang sinergitas TNI-POLRI.

“Pak Presiden mengatakan bahwa sinergitas TNI POLRI di Maluku, harus di jaga dan di tingkatkan, jika TNI POLRI solid maka pembangunan akan berjalan dengan baik dan bangsa kita akan kuat,” tegasnya.

Sehari sebelumnya Kapolda Maluku bersama pejabat utama Polda Maluku juga telah melaksanakan kunjungan silaturahmi ke kantor sinode GPM yang di terima langsung oleh ketua Sinode GPM. Dan kunjungan ke kantor Keuskupan Amboina juga diterima oleh Uskup Diosis Amboina dan para pastor.

Di akhir kunjungannya Kapolda memberikan cendera mata berupa plakat yang di terima langsung oleh para Forkopimda dan tokoh agama. (Manuel)

Komentar