oleh

Kapolda Maluku Sholat Dzuhur Berjamaah Bersama Narapidana di Lapas Ambon

Kabartoday, AMBON – Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah bersama puluhan narapidana di Masjid At-Taubah, Kompleks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Ambon, Kamis (19/3/2020).

Saat sholat Dzuhur berjamaah, Kapolda Maluku didampingi Kepala Lapas Klas II Ambon Saiful Sahri, Direktur Reskrimum Polda Maluku Kombes Pol Sih Harno serta Direktur Reskrimsus Polda Maluku Kombes Pol Eko Santoso.

Dalam tausiah, Djafar yang dikenal banyak orang sebagai jenderal polisi pendakwah ini katakan Sholat merupakan hal yang wajib dan tak boleh ditinggalkan setiap umat Islam.

“Sholat adalah perkara hak yang tidak boleh ditinggalkan, karenq roh dari pada agama ini adalah sholat,” ujar mantan Kapolda Sulawesi Barat ini.

BACA JUGA:  Aksi "Heroik" Polisi Remaja di Ambon Dapat Penghargaan Kapolda
Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar,M.Si bersama Kalapas Klas II Ambon Saiful Sahri saat melaksanakan Sholat Dzuhur berjamaah di Masjid At-Taubah, Kompleks Lapas Klas II Ambon, Kamis (19/3/2020)

Menurutnya, keberadaan para narapidana yang saat ini menjadi warga binaan di Lapas ini bukan kemauan atau keinginan dari mereka. Tetapi hal ini terjadi sesuai takdir dan kehendak Allah SWT.

Karena itu, Djafar berharap keberadaan para warga binaan sekalian di Lapas ini hendaknya dapat digunakan untuk meningkatkan iman serta semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT.

“Keberadaan saudara-saudara disini sudah ditakdirkan dan dikehendaki oleh Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita gunakan waktu kita disini untuk tingkatkan iman kita dengan taat kepada Allah,” tandas orang nomor satu di jajaran Polda Maluku.

BACA JUGA:  Miliki Daun Ganja Kering Dan Sabu, Del Diciduk Personil Polsek Bandar Pulau

Alumni Akabri Kepolisian tahun 1986 ini katakan hukuman yang harus dijalani oleh warga binaan bahkan ada yang harus sampai belasan tahun bukanlah merupakan suatu murka Allah kepada mereka. Justru ini merupakan bentuk kasih sayang serta cinta Allah SWT kepada para hamba-Nya agar terhindar dari banyak dosa.

Usai Sholat Dzuhur di bacakan Fadhila Amal atau Hadis Baginda Nabi SAW. Kepada para narapidana, Kapolda Maluku memberikan 10 buku Fadhila amal yang diterima secara simbolis oleh Kepala Lapas Klas II Ambon Saiful Sahri.

BACA JUGA:  Petahana Kades Serdang Wetan Ingin Lanjutkan Pembangunan dan Program baru Desa
Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar menyerahkan bantuan 10 buku Fadhila Amal kepada warga binaan yang diterima secara simbolis oleh Kalapas Klas II Ambon Saiful Sahri. 

Dengan pemberian buku Fadhila Amal ini, Djafar berharap bisa diamalkan di kamar masing-masing warga binaan dan juga dibacakan setiap selesai ibadah sholat Dzuhur maupun sholat Ashar.

Pada saat itu, Kapolda Maluku memberikan kesempatan kepada Direktur Reskrimum Polda Maluku Kombes Pol Sih Harno untuk menyampaikan adab-adab dan sunnah Istinja serta sunnah berwudhu.

Sih Harno katakan adab-adab serta sunnah dalam agama Islam wajib diketahui semua pemeluknya karena dibalik sunnah ada kejayaan.

“Adab-adab ini harus di ketahui oleh umat Muslim karena dibalik sunah ada kejayaan,” kata Harno, mantan Kabidkum Polda Maluku ini kepada para jamaah.

Kunjungan Kapolda Maluku menemui para narapidana di Lapas Klas II Ambon merupakan yang kedua kalinya pasca dilantik menjadi Kapolda Maluku Selasa (11/2/2020). Kunjungan perdananya dilakukan pada Rabu (4/3/2020) lalu. (Imanuel)

Komentar