oleh

Kapolda Maluku Vicon Dengan Kabaharkam Polri Bahas “New Normal”

-Daerah-46 views

Kabartoday, AMBON – Wacana “New Normal” menjadi pembahasan hangat ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Untuk persiapan New Normal ini, Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto membahas masalah ini.

Pembahasan New Normal ini dilakukan lewat video conference (Vicon) Rabu (27/5/2020). Untuk Polda Maluku, Vicon digelar di ruang rapat utama (Rupattama). Saat pelaksanaan vicon, Kapolda Maluku didampingi Wakapolda Maluku Brigadir Jenderal Polisi Jan Leonard de Fretes, Irwasda Polda Maluku Komisaris Besar Polisi Raden Heru Prakoso serta para pejabat utama Polda Maluku.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto yang juga selaku Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Operasi Aman Nusa II untuk Penanggulangan COVID-19, Komjen Agus Andrianto, meminta agar seluruh Polda jajaran mendukung arah kebijakan pemerintah dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

BACA JUGA:  Dikawal Satpol-PP Pengadilan Agama Cibinong Eksekusi Lahan Yang Dimenangkan Asiah Binti H. Nuin Cs

“Kepada seluruh Kaopsda dan Kaopsres agar memastikan sosialisasi dan edukasi dapat sampai kepada masyarakat sehingga masyarakat siap menuju tatanan baru. Untuk pelaksanaan sosialisasi agar melibatkan seluruh bhabinkamtibmas di wilayah masing-masing,” ujar Andrianto.

Perwira tinggi Polri dengan pangkat tiga bintang menekankan agar seluruh jajaran selalu mengikuti perkembangan situasi dengan mendukung kebijakan pemerintah dengan mengedepankan upaya preemtif dan preventif guna menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif.

Usai pelaksanaan Vicon, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar menyampaikan agar Polresta serta Polres jajaran untuk dapat menentukan daerah mana yang harus menjadi contoh dilaksanakannya penertiban menuju masyarakat produktif aman COVID-19 dan mempersiapkan Petugas pada titik-titik sasaran publik di semua daerah serta dibuatkan Protokol Penertiban.

BACA JUGA:  Budak Sabu Berhasil Dibekuk Polsek Wringinanom Polres Gresik

“Untuk Maklumat Kapolri dilihat lagi dan Maklumat Kapolri berlaku sama di setiap Daerah atau Jajaran,” jelas Irjen Djafar.

Orang nomor satu di Polda Maluku ini juga menghimbau agar seluruh jajaran untuk melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati atau Gugus Tugas penanganan Covid 19 dalam rangka merumuskan cara bertindak terkait mendisiplinkan masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan menuju masyarakat produktif Aman Covid 19.

BACA JUGA:  DPD GMPK Jambi: Pelaku Koruptor Menjamur

“Ada 4 daerah yang direncanakan dilakukan pendisiplinan untuk patuhi protokol kesehatan yaitu Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru dan Kabupaten Seram Bagian Timur. Dan untuk daerah yang belum terpapar agar di siapkan untuk dibuka,” ungkap mantan Kapolda Sulawesi Barat ini.

Dalam rencana pelaksanaan pendisiplinan ini, alumni Akabri Kepolisian tahun 1986 ini menekankan agar sebelumnya dilakukan simulasi dengan melibatkan TNI serta Satpol PP.

“Untuk pendisiplinan masyarakat ini, anggota tidak boleh bertindak arogan di lapangan. Apabila ada masyarakat yang melawan agar diberikan penjelasan yang benar sehingga mereka bisa mengerti,” pungkas Djafar. (Manuel)

Komentar