oleh

Kapolres Ambon Jamin Keamanan Warga Papua

-Daerah-57 views

Kabartoday, AMBON – Warga dan Mahasiswa asal Papua yang berada di wilayah hukum Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease dapat beraktivitas dengan aman. Mereka tidak perlu takut akan imbas peristiwa Surabaya maupun demo massal yang terjadi di sejumlah Kota di Papua beberapa hari terakhir ini. Keamanan seluruh warga dan mahasiswa Papua dijamin aparat kepolisian Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease beserta jajaran.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso menegaskan menjamin keberadaan dan keselamatan seluruh warga Papua yang berada di wilayah hukumnya.

“Kami pihak Kepolisian siap untuk menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh masyarakat Papua selama beraktifitas atau perkuliahan tetap berjalan dengan baik,” ujar Sutrisno Selasa (3/9) di Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease kawasan Perigi Lima Kota Ambon.

BACA JUGA:  The Anies Baswedan Dismissal Petition Argument

Ia katakan, sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) maka warga dan mahasiswa Papua punya hak yang sama sebagai warga negara Indonesia untuk beraktivitas dengan aman dan nyaman di seluruh wilayah Indonesia.

Jebolan Akabri Kepolisian tahun 1999 ini ungkapkan, untuk memberi keyakinan akan keamanan warga dan mahasiswa asal Papua ini, ia bersama Walikota Ambon Richard Louhenapessy sempat bercengkerama mahasiswa Papua, Minggu (1/9) malam di rumah dinas Walikota Ambon kawasan Karang Panjang Ambon.

Saat itu, sekitar 50 mahasiswa Papua yang tergabung dalam organisasi Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) diundang dalam acara jamuan makan malam dan diskusi bersama unsur Forkopimda Kota Ambon serta beberapa instansi lain.

BACA JUGA:  Titik Buta (Blind Spot) Bagi Pengemudi Truk/Bus Kurang Disadari Oleh Pengendara Lain
Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hadi Santoso saat bersama Aliansi Mahasiswa Papua di kediaman Walikota Ambon. 

Dalam kebersamaan dengan mahasiswa Papua yang hadir saat itu, Santoso menegaskan pihaknya menjamin keberadaan seluruh warga dan mahasiswa Papua di wilayah hukum Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Ia katakan, warga dan mahasiswa Papua tidak perlu khawatir atau takut. Mereka dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan aman. Seluruh personil Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menjamin keberadaan serta keselamatan mereka.

Terkait ada anggota polisi yang mendatangi Asrama Mahasiswa yang ada mahasiswa asal Papua,
Perwira menengah polisi berpangkat dua melati dipundak ini katakan tujuannya untuk membangun komunikasi.

“Terkait ada anggota yang datang ke asrama, hanya untuk membangun komunikasi bersama Mahasiswa Papua dan menjamin keamanan dalam kegiatan perkuliahan serta aktifitas sehari-hari,” terangnya.

BACA JUGA:  Dirut KAI dan MRT Bentuk Usaha Patungan Integrasi Moda Transportasi

Kepada seluruh warga dan mahasiswa Papua, ia tegaskan jika ada orang yang mencurigakan datang dengan niat yang tidak baik misalnya hendak mengintimidasi atau mengancam, hendaknya segera dilaporkan atau menghubungi aparat kepolisian terdekat untuk segera ditindaklanjuti.

“Apabila ada orang yang mencurigakan, bisa langsung menghubungi kami, agar bisa ditindak lanjuti,” tegas Santoso saat itu.

Orang nomor satu dijajaran Polres Ambon yang cukup dekat dengan insan pers ini katakan saat bersama mahasiswa Papua, mereka sempat menyanyikan beberapa lagu asal Papua.

Kapolres Ambon berharap, kegiatan kebersamaan dengan Aliansi Mahasiswa Papua di kediaman Walikota Ambon kiranya menjadi salah satu bukti komitmen Pemerintah Kota Ambon bersama aparat kepolisian menjamin keberadaan warga dan mahasiswa asal Papua. (MAL)

Komentar