oleh

Kapolres Ambon Pimpin Ratusan Polisi “Serbu” Empat Markas TNI

-Daerah-538 views

Kabartoday, AMBON – Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso memimpin ratusan anak buahnya mendatangi sejumlah markas Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kota Ambon pada Sabtu pagi (5/10).

Empat markas TNI di Kota Ambon yang jadi sasaran “amukan” insan Tri Brata dari Polres Ambon ini antara lain Makodim 1504/Pulau Ambon yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Kecamatan Sirimau. Kemudian Markas Detazemen Zeni Tempur (Denzipur) V/CMG di Desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon. Markas Detazemen Kavaleri V/BLC yang letaknya bersebelahan dengan Makodim 1504 juga ikut jadi sasaran. Demikian pula Markas Detazemen Polisi Militer Kodam (Den Pomdam) XVI/Pattimura yang berlokasi di jalan Ahmad Yani ikut jadi sasaran.

Demi memuluskan rencana “penyerbuan” ini, Kapolres Ambon memilih tiga perwira andalannya sebagai pemimpin untuk “menyerbu” tiga markas TNI lainnya. Sedangkan ia sendiri memimpin 50 anak buahnya untuk mendatangi Markas Kodim.

Untuk sasaran Markas Den Zipur V/CMG yang berkekuatan tujuh peleton ini, Kapolres Ambon menunjuk Wakapolres Ambon Kompol Ferry Mulyana sebagai komandan pasukan bersama 50 personil. Sementara untuk target di Markas Denkav X/BLC yang dipenuhi kendaraan tempur lapis baja ini, Kapolres Ambon mendaulat Kabag Ops Polres Ambon AKP Muhammad Amin memimpin 50 personil. Sedangkan untuk sasaran Markas Den Pomdam, Kapolres Ambon mempercayakan Kasat Lantas Iptu Fiat Ari Syuhada dengan kekuatan dua puluh personil.

BACA JUGA:  Walau Sudah Didukung Tokoh SulSel Suara Petahana Tetap Keok

Sabtu pagi buta, di Mapolres Ambon kawasan Perigi Lima,
Kapolres Ambon melakukan briefing kepada seluruh personil yang terlibat dalam “operasi senyap” ini. Waktu “penyerbuan” saat berada di lokasi target ditentukan hanya sekitar 60 menit atau satu jam. Santoso yang memiliki basic kemampuan pasukan Brigade Mobil (Brimob) kemudian menetapkan waktu pukul 07.00 WIT seluruh pasukan sudah harus berada di lokasi target masing-masing sesuai rencana awal.

Usai briefing, pasukan segera bersiap menuju sasaran “operasi“. Sebelum bergerak ke target, seluruh pasukan membekali diri dengan “perlengkapan penyerbuan” yang telah dipersiapkan. Seluruh pasukan bergerak dengan kendaraan yang dipersiapkan meninggalkan Mapolres Ambon menuju sasaran.

Tepat pukul 07.00 WIT, seluruh pasukan Polres Ambon tiba di empat lokasi Mako TNI-AD yang jadi target. Melihat kehadiran banyak anggota polisi di Markas TNI ini membuat bingung para anggota TNI yang sementara berjaga di masing-masing lokasi. Mereka sungguh tidak tahu ihwal “penyerbuan” ini. Apalagi aktivitas perkantoran di masing-masing Markas tampak lengang karena “aksi penyerbuan” dilakukan pada hari Sabtu yang merupakan hari libur kerja.

BACA JUGA:  Dukung 'Zerro Plastik, Daging Qurban Polres Banyuwangi Berbungkus Besek Anyaman Bambu

Saat berada di Kodim, AKBP Sutrisno Hady Santoso yang didampingi beberapa PJU langsung memimpin anak buahnya “merangsek” masuk ke Makodim. Beberapa anggota Kodim yang sementara bertugas piket tidak mampu mencegah “pergerakan” pasukan ini. Tak tanggung-tanggung alumni Akpol tahun 1999 ini langsung mencari keberadaan Komandan Kodim 1504/Pulau Ambon Kolonel Kav Cecep Tendi Sutandi.

Saat bertemu orang nomor satu di Kodim yang baru naik pangkat lima hari lalu, Kapolres Ambon bersama seluruh personilnya langsung menyalami Kolonel Cecep. Kapolres kemudian menyodorkan nasi tumpeng yang telah dipersiapkan sebelumnya sambil menyanyikan lagu Selamat Uang Tahun milik grup band Jamrud disusul lagu Mars TNI. Kemudian “pasukan penyerbu” ini membentangkan spanduk yang bertuliskan “Kapolres P. Ambon & P.P Lease Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Dirgahayu Ke – 74 TNI, TNI Profesional kebanggaan Rakyat.

Terhadap surprise dari Kapolres Ambon pada peringatan HUT TNI ini, Dandim 1504 Ambon Kolonel Kav Cecep Tendi Sutandi mengungkapkan rasa terima kasihnya. Ia berharap semoga dengan adanya momen ini hubungan Kodim 1504 P.Ambon dan Polres P. Ambon semakin erat dan Polisi – TNI semakin dicintai masyarakat.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso menyuap potongan nasi kuning tumpeng kepada Komandan Kodim 1504/Pulau Ambon Kolonel Kav Cecep Tendi Sutandi.

Acara dilanjutkan dengan penyuapan nasi Tumpeng oleh Kapolres P. Ambon & P.P Lease kepada Dandim 1504 P. Ambon dan kemudian ditutup dengan acara Foto Bersama.

BACA JUGA:  Jabat Kabagbinkar Ro SDM Polda Jatim, AKBP Wahyu Ucapkan Terimakasih Pada Awak Media, Netizen dan Gresik Sumpek

Bentuk “penyerbuan” yang sama juga dilakukan para polisi di Markas Denzipur X/CMG, Denkav V/BLC serta Den Pomdam XVI/Pattimura. Saat polisi tiba di masing-masing lokasi, langsung menyampaikan ucapan selamat HUT TNI ke – 74, membawa Kue Ulang Tahun sambil menyanyikan Lagu Mars TNI serta membawa spanduk yang sama.

Kapolres Pulau Ambon da Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso mengungkapkan “aksi penyerbuan” ini merupakan surprise atau kejutan kepada institusi TNI yang merayakan HUT ke – 74 Sabtu (5/10).

“Inilah bentuk surprise yang bisa kami berikan kepada rekan-rekan TNI. Selama ini keberadaan kedua institusi ini sangat penting dalam mengawal jalannya kehidupan bernegara. Sudah sewajarnya kami berikan sedikit kejutan,” ujar Santoso usai memimpin operasi surprise ini.

Ia katakan, aksi kecil ini juga sebagai bentuk sinergitas, solid dan solidaritas kebersamaan TNI/Polri. Tak lupa ia mengucapkan dirgahayu TNI.

“Selama ini sudah banyak sinergi yang dijalankan bersama demi kejayaan dan ketentraman bangsa, masyarakat dan negara..
Selamat merayakan pertambahan usia ke – 74 bagi seluruh rekan-rekan TNI dimana saja berada. Semoga TNI tetap jaya, TNI Profesional kebaggaan rakyat,” pungkasnya. (Imanuel)

Komentar