oleh

Kapolres Aru Gandeng Tokoh Agama Sosialisasi New Normal Life di Dobo

-Daerah-40 views

Kabartoday, DOBO – Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto melakukan sosialisasi adaptasi kehidupan baru (New Normal Life) ditengah pandemi Covid-19 kepada masyarakat di Kota Dobo.

Kegiatan sosialisasi yang juga melibatkan para tokoh agama ini dibarengi dengan pembagian masker kepada masyarakat dilakukan Senin (24/8) sekitar pukul 17.30 WIT berlokasi di Pasar Jargaria Kota Dobo.

Kegiatan sosialisasi serta pembagian masker ini merupakan salah satu upaya keras AKBP Eko Budiarto untuk terus menjaga wilayah hukum Polres Kepulauan Aru tetap berada dalam status zona hijau penyebaran Covid-19.

Turut terlibat dalam kegiatan ini antara lain Kabag Ops Polres Kepulauan Aru AKP Florensius Teddy, Kasat Binmas Polres Kepulauan Aru AKP R Bembuain, Kasat Intelkam Polres Kepulauan Aru Ipda Taufik, Kasat Polair Polres Kepulauan Aru, Ketua Klasis Gereja Protestan Maluku (GPM) Pulau-Pulau Aru Pdt. H Musa, Wakil Uskup Keuskupan Amboina Kevikepan Wilayah Aru RP Justinus Ulahayanan,MSC serta Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kepulauan Aru H Abdul Haris Elwahan.

BACA JUGA:  Yuslan Arief: Tabligh Akbar 'Kriteria Pemimpin Menurut Islam' Dapat Menarik Jama'ah Lebih Dari 2000 Orang

Kegiatan sosialisasi dimulai dengan penyampaian himbauan dari Ketua Klasis GPM Pulau-Pulau Aru Pdt. H Musa kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kita harus mempertahankan bumi Jargaria agar tetap berada dalam zona hijau dengan cara mematuhi protokol kesehatan,” ujar Musa.

Ia katakan, keterlibatan para tokoh agama bersama Kapolres Kepulauan Aru dalam kegiatan ini merupakan wujud kepedulian untuk mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Hal senada juga disampaikan Wakil Uskup Keuskupan Amboina Kevikepan Wilayah Aru RP Justinus Ulahayanan,MSC yang meminta masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan untuk saling melindungi di tengah pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  Renovasi Mapolsek Benjeng, Bentuk Komitment Kapolres Gresik Tingkatkan Pelayanan Publik

“Sangat dianjurkan masyarakat harus tetap menggunakan masker untuk keamanan diri masing-masing. Maskermu melindungi saya, demikian sebaliknya masker saya akan melindungi kamu. Jadi dengan memakai masker maka kita sama-sama saling melindungi,” jelas Romo yang akrab dengan panggilan Timo.

Romo Timo yang pada tanggal 10 Agustus lalu merayakan pesta perak atau 25 tahun hidup membiara ini juga mengajak semua masyarakat agar selalu berdoa agar semua masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru serta rakyat Indonesia terbebas dari wabah covid-19.

Ketua MUI Kabupaten Kepulauan Aru H Abdul Haris Elwahan mengatakan ajaran agama apapun mengajarkan semua umatnya untuk wajib mematuhi semua aturan maupun anjuran pemerintah.

“Dalam ajaran agama, kita diwajibkan mematuhi pemerintah. Oleh sebab itu pemerintah telah mewajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan, sehingga kita sebagai umat beragama sekaligus warga masyarakat wajib mengikuti perintah dimaksud yaitu selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak,” tandas H Elwahan.

BACA JUGA:  Heboh Bocah 3 Tahun Asal Kalipuro Diduga Disunat Makhluk Ghaib Bangsa Jin

Sementara Kasat Binmas Polres Kepulauan Aru AKP Ams Layan mengungkapkan pada Minggu (23/8/2020) Agustus 2020, telah tiba di Kota Dobo sekitar 600 warga pelaku perjalanan.

“Untuk itu dihimbau agar warga masyarakat secara bersama-sama melakukan kontrol dan pengawasan bersama RT setempat untuk meningkatkan kedisiplinan warga pelaku perjalanan agar tetap melakukan karantina mandiri,” kata Layan.

Ia juga meminta kepada warga agar menghindari main hakim sendiri, dan jika menemukan warga pelaku perjalanan yang tidak disiplin agar dilaporkan kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Aru.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung sekitar satu jam lamanya yang diakhiri dengan pembagian masker kepada masyarakat. (Manuel)

Komentar