oleh

Kapolres Kepulauan Aru Bagi Sembako Untuk Lansia di Desa Tungu Watu

-Daerah-47 views

Kabartoday, DOBO – Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto terus menunjukan kepeduliannya kepada warga kurang mampu di wilayah hukumnya. Ia memberikan bantuan sembako kepada warga agar ditengah situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masih belum berhenti mengguncang dunia termasuk Indonesia.

Tekad Budiarto, ia bersama seluruh masyarakat di wilayah hukum Polres Kepulauan Aru harus bersama-sama bisa mencegah serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena itu, ia berharap dengan membantu sembako ini, warga kurang mampu tetap berdiam di rumah.

Setelah beberapa kali ia membagikan sembako kepada warga kurang mampu di wilayah Kota Dobo dan sekitarnya, kali ini ia menyasar warga di Desa Tungu Watu, Kecamatan Pulau-Pulau Aru pada Selasa (28/4/2020) sore. Desa Tungu Watu letaknya lumayan jauh dari Kota Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru. Untuk mencapai desa ini, harus menggunakan transportasi air.

Dengan tekad untuk membantu ketahanan warga terhadap dampak Covid-19 ini, Budiarto beserta rombongan menggunakan speedboat menuju ke Desa Tungu Watu. Turut mendampingi Kapolres Kepulauan Aru antara lain Kabag Ops Polres Kepulauan Aru AKP Florensius Teddy, Kasat Binmas AKP R. Bembuain, Wakapolsek Pulau-Pulau Aru Iptu Leo Siwabessy, Kasat Intel Ipda Taufik serta Kades Tungu Watu Novela E Siksikul.

BACA JUGA:  Temuan Mayat Mr. X di Tengah Kebun Gegerkan Warga Genteng

Setelah menempuh satu jam perjalanan, rombongan tiba di tempat tujuan yaitu Desa Tungu Watu. AKBP Eko Budiarto kemudian menemui beberapa warga kurang mampu seperti janda maupun duda yang sudah lanjut usia. Ia memberikan bantuan paket sembako kepada mereka. Paket sembako ini berisi beras 5 kg, gula pasir 2 kg, satu dos daun teh celup serta satu jerigen kecil minyak goreng.

Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto,S.IK memberikan bantuan sembako kepada seorang ibu lansia di Desa Tungu Watu, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Selasa (28/4/2020)

Selain memberikan paket sembako, Budiarto juga memberikan himbauan kepada warga agar dapat membantu pemerintah dalam mencegah serta memutus penyebaran Covid-19. Caranya dengan berdiam di rumah, wajib  menggunakan masker bila beraktivitas di luar rumah, menerapkan social distancing dan physical distancing, selalu mencuci tangan serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

BACA JUGA:  Isu Beras Plastik Label Bulog di Masohi, Kabulog Maluku : Tunggu Hasil Uji BPOM

Sekitar 30 menit berada di daratan desa Tungu Watu, Budiarto bersama rombongan bertolak kembali ke Kota Dobo. Namun sebelum kembali, Budiarto meminta agar speedboat diarahkan ke ibu-ibu lanjut usia yang sedang memancing di perairan Teluk Tungu Watu. Ibu-ibu ini memancing menggunakan kole-kole, perahu tradisional Maluku. Dari atas speedboat, Budiarto menyerahkan bantuan paket sembako kepada mereka.

Selain memberikan paket sembako, ia juga sempat memberikan himbauan kepada ibu-ibu agar dalam beraktivitas saat kembali ke rumah nanti, harus menggunakan masker, menerapkan social distancing serta physical distancing dan selalu mencuci tangan. Tujuannya agar dapat mencegah penyebaran virus corona.

“Kita sudah beberapa kali membagikan sembako ke warga di Kota Dobo dan sekitarnya. Sekarang ini kita menyasar ke warga kurang mampu terutama para janda, duda yang sudah lanjut usia yang berada di pulau lain dalam wilayah hukum Polres Kepulauan Aru. Mereka juga terkena dampak Covid-19 dan harus kita bantu daya tahannya. Kita bagikan sembako kepada mereka,” ujar Eko kepada media ini Selasa (28/4/2020).

BACA JUGA:  Antisipasi Bencana Saat Mudik Nataru, Polda Maluku Gelar Operasi Aman Nusa 2

Ia katakan, hingga saat ini di Kabupaten Kepulauan Aru belum ada satu pun kasus positif Covid-19. Karena itu, ia bertekad bersama seluruh jajarannya agar wilayah Bumi Jargaria, julukan Kabupaten Kepulauan Aru tetap bebas harus zero kasus hingga pandemi Covid-19 ini berakhir.

“Hingga sekarang belum ada kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru. Kita berharap, berupaya, berdoa serta meminta kerjasama semua pihak termasuk masyarakat untuk bersama-sama mencegahnya agar tidak masuk ke daerah yang kita cintai bersama ini. Semoga hingga pandemi ini berakhir, wilayah kita tetap berstatus Zona Hijau dengan zero kasus,” harap mantan Kasubdit IV Ditintelkam Polda Maluku ini.

Sejak virus corona ini mewabah di Indonesia, AKBP Eko Budiarto berkali-kali melakukan kegiatan pencegahan. Penyemprotan disinfektan di wilayah hukumnya baik oleh Polres maupun polsek jajaran, sosialisasi himbauan dari pemerintah maupun Kapolri, pemeriksaan kesehatan di pintu-pintu masuk baik jalur udara maupun jalur laut serta pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu agar dapat tetap berdiam di rumah. Tujuannya untuk mencegah serta pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. (Manuel)

Komentar