oleh

Kapolres Kepulauan Aru Pimpin Kerja Bakti Antisipasi Virus Corona

Kabartoday, DOBO – Mengantisipasi wabah virus corona yang makin menyebar di Indonesia, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto memimpin aksi bersih-bersih di kompleks Mako Polres Kepulauan Aru.

Kegiatan kerja bakti ini dilakukan Minggu (15/3/2020) sore selama dua jam. Sebanyak 95 personil ikut ambil bagian dalam pembersihan bersama ini mulai pukul 16.00 WIT hingga pukul 18.00 WIT.

Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Hingga hari Minggu (15/3/2020), jumlah kasus pasien positif terjangkit virus corona di Indonesia menjadi 117 orang. Angka ini bertambah 21 kasus baru dari pengumuman yang dilakukan kemarin sebanyak 96 kasus. Lima orang dinyatakan meninggal.

BACA JUGA:  Jalin Sinergitas Dengan Tokoh Agama, Kapolres Gresik Silaturahmi Ketua MUI

Dengan fakta ini, Eko Budiarto tak mau kecolongan bila nanti penyebaran virus corona mampir ke bumi Jargaria. Untuk itu ia menghimbau semua personilnya waspada serta mengambil langkah antisipatif. Salah satu langkah yang diambil Budiarto yaitu melakukan kerja bakti membersihkan kawasan markas komando Polres Kepulauan Aru. Tak tanggung-tanggung, orang nomor satu di jajaran Polres Kepulauan Aru ini turun langsung berbaur ikut bekerja bersama personilnya.

Personil Polres Kepulauan Aru membongkar dan membersihkan semak belukar yang menutupi saluran drainase di Mako polres Kepulauan Aru dalam aksi bersih-bersih antisipasi virus corona, Minggu (15/3/2020)

Selain Budiarto, pejabat Polres Kepulauan Aru yang ikut dalam kegiatan ini antara lain Kabag Ops AKP Florensius Teddy, Kabag Ren AKP Riky Maitimu, Kabag Sumda AKP Ido Ngilamele, Kasat Binmas AKP R. Bembuain, Kasat Intelkam Ipda Taufik, Kasat Reskrim Iptu Richard Matthew, Kasat Sabhara Iptu Petrus M.A. AMS Layan, Kasat Lantas AKP Yandry Alfons, KBO Reskrim IPDA Serly Sihasale, KBO Binmas Ipda Cayadi, Kasi Propam Bripka Agustinus Muskitta dan seluruh personil Polres Kepulauan Aru.

BACA JUGA:  PN Banyuwangi Terapkan E-court, Wujudkan Peradilan Sederhana dan Biaya Ringan

Adapun sasaran pembersihan yaitu pada saluran drainase, sampah organik dan non organik serta pengeringan genangan air. Semak belukar yang menutupi saluran drainase dibersihkan. Demikian pula bila ada sampah organik maupun anorganik langsung diangkat dan dikumpulkan untuk dimusnahkan.

Lokasi kegiatan bersih-bersih ini dilakukan di area Makopolres Kepulauan Aru, area rumah dinas jabatan Polres Kepulauan Aru, area Aspol Polres Kepulauan Aru serta area lingkungan ruang kerja Polres Kepulauan Aru.

Sebelum memulai kegiatan, seluruh personil melaksanakan apel di lapangan Mapolres. Dalam apel ini, para personil mendapat arahan dari Kapolres AKBP Eko Budiarto tentang tujuan kegiatan kerja bakti ini.

BACA JUGA:  Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy : Jangan Jadikan Akhir Tahun Pesta Narkoba

Budiarto ungkapkan salah satu tujuan adalah mengantisipasi virus corona yang saat ini sementara menghantui dunia serta Indonesia.

Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto,S.IK sedang memberi arahan kepada anak buahnya sebelum memulai kegiatan kerja bakti di kompleks Mako Polres untuk antisipasi virus corona

“Hari ini, kita kerja bakti bersih-bersih di kompleks Mako Polres tempat kita beraktivitas sehari-hari. Ini untuk langkah antisipasi virus corona yang makin mewabah di Indonesia. Hingga sekarang ini, sesuai data dari Kantor Presiden sudah ada 117 kasus pasien positif corona. Karena itu, mari kita bersama-sama menghadapi mengantisipasi kondisi ini,” ujar Budiarto kepada media ini Minggu (15/3/2020).

Ia mengajak dan menghimbau semua keluarga besar Polres Kepulauan Aru agar dapat memperhatikan kebersihan rumah serta lingkungan sekitar dan selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Bila ini dilakukan, bisa mengantisipasi virus yang telah merenggut banyak nyawa di belahan dunia ini.

Sehari sebelumnya, Polres Kepulauan Aru menunjukan kepeduliannya kepada warga di wilayah hukumnya dengan melakukan kerja bakti serta sosialisasi cara mengantisipasi virus corona di kompleks pasar Jargaria Kota Dobo. (Imanuel)

Komentar