oleh

Kapolresta Ambon Ancam Tindak Tegas Anggota Yang Terlibat Narkoba

-Daerah-610 views

Kabartoday, AMBON – Anggota kepolisian yang berdinas di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease diminta untuk tidak terlibat atau bersentuhan dengan kasus narkoba. Bila tertangkap, tidak akan ada ampun bagi mereka dan pasti akan ditindak tegas.

Demikian penegasan Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Komisaris Besar Polisi Leo Surya Nugraha Simatupang usai melakukan ekspos kasus narkoba yang melibatkan tiga anggota polisi dari Sabhara Polda Maluku Selas (14/1/2020) di ruang lobi Mapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kawasan Perigi Lima Kota Ambon.

“Dengan kejadian ini, kami menghimbau kepada seluruh anggota kami di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease agar kasus ini menjadi contoh. Kami selaku pimpinan disini tidak akan mentolerir terkait masalah dengan penggunaan narkotika,” tandasnya.

BACA JUGA:  MIRIS Pelajar SDN 05 Sindang Mulya Belajar di Lantai

Simatupang yang saat itu didampingi Kasatresnarkoba AKP Jufry Djawa serta Kasi Propam Ipda Yabes Payung mengatakan jika ada anggota yang merasa terpapar narkoba, hendaknya berani melapor diri. Ia berjanji jika ada anggota yang melapor karena sudah kecanduan narkoba, maka akan dilakukan pengobatan atau rehabilitasi kepada anggota tersebut.

“Kami juga sudah menghimbau kepada seluruh anggota kalau memang merasa sudah kecanduan agar melaporkan kepada kami. Kami akan tindak lanjuti dengan melakukan rehabilitasi kepada yang bersangkutan. Tetapi jika tidak melaporkan dan nanti tertangkap, maka kita akan proses. Tindakan tegas pasti akan diberlakukan,” tegas alumni Akabri Kepolisian tahun 1997 ini.

Komitmen Simatupang untuk memberantas anggota polisi yang terlibat narkoba sudah tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti saat menjabat Kapolres Buru tahun 2017 lalu, ia bersama AKP Jufry Djawa yang saat itu juga menjabat Kasatresnarkoba Polres Buru berhasil mengungkap sindikat narkoba yang melibatkan beberapa anggotanya. Salah satu anggota yang tertangkap saat itu Bripka Wardy Marasabessy sudah diberhentikan tidak dengan hormat alias dipecat oleh Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa, pada Senin (30/12/2019) akhir tahun lalu.

BACA JUGA:  Pernyataan Abdi Cukup Untuk Seret ketua UED SP ke Hotel Prodeo

Saat ini, pihaknya sementara menangani kasus narkoba yang melibatkan tiga anggota Direktorat Sabhara Polda Maluku. Bersama dua warga sipil lainnya diantaranya satu perempuan, mereka menggelar pesta narkoba jenis sabu di Asrama Polisi kawasan Tantui Kota Ambon. Mereka pun dicokok personil Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Senin (13/1/2020) sekitar pukul 02.00 WIT.

BACA JUGA:  Polres Gresik Ungkap Kejahatan Curat dan Curanmor

Tiga anggota Ditsabhara yang ditangkap masing-masing Brigpol Eivandeed Matrutty alias Evan (32), Bripka Ilham Lembang (35) dan Brigpol Afrisal Wasaoi alias AF (31). Sementara dua warga sipil yang ikut diamankan yaitu Semy Uneputty alias Semi (45) dan seorang wanita Herlina alias Lina (30). Brigpol AF sendiri pernah bertugas di Propam Polda Maluku.

Barang bukti yang diamankan dari kamar Bripka Ilham Lembang Ilo di Aspol Tantui ini antara lain satu paket sabu ukuran kecil yang di bungkus dalam dos rokok sampoerna merah seberat 0,4 gram. Satu set alat hisap sabu (bong), tiga plastik bening ukuran kecil, satu buah korek api gas serta lima unit handphone. (Manuel)

Komentar