oleh

Kapolresta Ambon Bertekad Bebaskan Kota “MANISE” Dari Balap Liar

-Daerah, Hukum-27 views

Kabartoday, AMBON – Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Komisaris Besar Polisi Leo Surya Nugraha Simatupang berkomitmen akan menjadikan Kota Ambon sebagai kota yang nyaman, bebas dari balap liar. Komitmen ini ditunjukan dengan tindakan aparat Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease melakukan penertiban terhadap para pelaku balap liar.

Selama ini aktivitas balap liar kendaraan roda dua sangat meresahkan para pengguna jalan di Kota bertajuk MANISE yang merupakan akronim dari Maju, Aman, Nyaman, Indah, Sehat dan Sejahtera ini. Apalagi kegiatan balap liar ini dilakukan hampir tiap malam sehingga sangat mengganggu aktivitas kenyamanan warga Kota Ambon.

Penertiban terhadap para pelaku balap liar selama ini rutin dilakukan aparat kepolisian. Tetapi tindakan penertiban dirasakan kurang memberi efek jera kepada para pelaku balap liar. Namun sekarang ini, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menerapkan formulasi baru menindak pelaku balap liar. Selain dilakukan proses hukum atau tilang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, sepeda motor pelaku akan diamankan di Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Tak tanggung-tanggung kendaraan roda dua ini akan dikandangkan selama satu bulan.

BACA JUGA:  Petugas Polisi, Puskesmas dan Kelurahan di Dobo Sosialisasi Himbauan Bupati Kepulauan Aru Cegah Covid-19

Lewat kegiatan patroli setiap malam yang telah memasuki pekan kedua ini, polisi telah berhasil menindak 40 pelaku balap liar. Semua sepeda motor langsung diamankan di halaman Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Terakhir pada Sabtu (14/3/2020) malam, jajaran kepolisian kembali mengamankan satu unit sepeda motor Yamaha Mio M3 DE 2259 XX yang melaju dengan kecepatan tinggi.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo SN Simatupang melalui Kasubbag Humas Iptu Julkisno Kaisupy mengungkapkan selama hampir dua pekan sudah 40 sepeda motor yang diamankan.

BACA JUGA:  Mabes Polri Berhasil Gagalkan Penyeludupan Sabu 70Kg Asal Malaysia
Iptu Julkisno Kaisupy, Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease

“Sampai hari ini sudah 40 unit kendaran dengan kecepatan tinggi yang kami kandangkan di Mapolresta Ambon. Untuk memberikan efek jera maka kendaraan akan ditilang dan di amankan di Lapangan Apel Polresta Ambon selama 1 bulan,” tegas Kaisupy, Minggu (15/3/2020) di Mapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Terkait dengan pelanggaran tersebut menghimbau kepada masyarakat Kota Ambon agar selalu mentaati peraturan lalu lintas dan tidak berkendara dengan kecepatan tinggi karena dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

Kepada masyarakat Kota Ambon juga dihimbau agar menggunakan kelengkapan kendaraan sesuai dengan ketentuan seperti penggunaan knalpot yang standar dan tidak bising agar tidak menggangu kenyamanan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:  Peduli Dampak Covid-19 Wakapolresta Ambon Bagi Sembako

“Kami Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease akan menindak tegas para pengendara yang masih berkendara dengan kecepatan tinggi (kebut-kebutan) serta tidak mentaati aturan berlalu Lintas demi kenyamanan dan keselamatan masyarakat umum,” tegasnya.

Untuk menindak para pelaku balap liar ini, Kaisupy mengatakan Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease akan melaksanakan kegiatan patroli gabungan malam sampai pagi dan akan dilakukan setiap hari.

Mantan Kepala SPKT Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease ini tegaskan kegiatan patroli akan terus dilakukan hingga tidak ada lagi aksi balap liar di Kota Ambon.

“Patroli akan terus kita lakukan hingga tidak ada lagi balapan liar atau kebut-kebutan di kota Ambon yang kita cintai. Tentunya ini yang diharapkan seluruh masyarakat di Kota Ambon Manise,” pungkas Kaisupy. (Imanuel)

Komentar