oleh

Kapolresta Ambon Pimpin Sertijab Empat Pejabat Utama

-Daerah-160 views

Kabartoday, AMBON – Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang memimpin upacara serah terima jabatan empat jabatan penting. Posisi penting yang dirotasi pejabatnya yaitu Wakapolres, Kasatlantas, Kasat Sabhara serta Kapolsek Pulau Haruku. Upacara sertijab digelar Sabtu (20/12) di lapangan upacara Mapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Rotasi jabatan ini berdasarkan surat keputusan Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa dengan nomor keputusan : 309/XII/2019 tanggal 10 Desember. Dalam keputusan tersebut para pejabat di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease yang terkena rotasi antara lain Wakapolres Kompol Ferry Mulyana Sunarya. Ia mendapat jabatan baru sebagai PS Kasubbid Wabprof Bidpropam Polda Maluku. Belum ada penggantinya karena dengan kenaikan tipologi Polres menjadi Polresta maka jabatan setingkat Wakapolresta harus menunggu keputusan Kapolri.

Pejabat lain yang meninggalkan jabatannya yaitu Kasatlantas Iptu Fiat Ari Suhada. Ia mendapat posisi baru sebagai Paur Seksi BPKB Subdit Regident Ditlantas Polda Maluku. Penggantinya, Kapolda menunjuk AKP Ganesha Sinambela sebagai PS Kasatlantas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Jabatan Kasat Sabhara pun bergeser dari sebelumnya Iptu Hafifi Yagelissa kepada AKP Josep de Fretes. Dua orang ini hanya bertukar posisi. Yagelissa akan menggantikan de Fretes sebagai Kasat Sabhara Polres Seram Bagian Barat sementara de Fretes diangkat sebagai PS Kasat Sabhara Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Jabatan lain yang dirotasi yaitu Kapolsek Pulau Haruku dari pejabat lama Ipda Aris kepada pejabat baru Iptu Karimuddin. Aris akan menjabat Kapolsek Elpaputih Polres Maluku Tengah sementara Karimuddin sebelumnya sebagai Wakapolsek Salahutu Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

BACA JUGA:  Polisi Amankan 4 orang, Terkait Tewasnya Pemuda di Setia Budi

Dalam upacara tersebut, Kapolresta melepas tanda jabatan dari pejabat lama dan menyematkan tanda jabatan kepada pejabat baru. Selanjutnya Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease mengambil sumpah jabatan terhadap para pejabat baru. Saat mengucapkan sumpah jabatan itu, para pejabat baru didampingi para rohaniawan. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sertijab oleh pejabat lama dan baru serta Kapolresta selaku inspektur upacara.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang mengambil sumpah dan janji jabatan tiga pejabat baru Kasat Lantas, Kasat Sabhara dan Kapolsek Pulau Haruku.

Dengan bergesernya Kompol Ferry Mulyana Sunarya ke Bidpropam Polda Maluku, maka ini sejarah pertama Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease tidak memiliki Wakapolres, sehingga semua tugas dan kewenangan Wakapolresta untuk sementara diambil alih langsung oleh Simatupang selaku Kapolresta. Demikian kata Simatupang dalam amanatnya selaku inspektur upacara sertijab.

BACA JUGA:  Inisiasi Senam Cuci Tangan Bersama, Kapolresta Banyuwangi Ajak Warga Cegah Virus Corona

“Ini merupakan bagian dari sejarah pertama di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease tidak ada pejabat Wakapolresta. Sudah menjadi konsekuensi kenaikan tipologi Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menjadi Polresta sehingga pastinya berpengaruh pada struktur organisasi. Sehingga untuk sementara tugas dan kewenangan Wakapolresta, saya ambil alih sampai ada pejabat Wakapolrestanya,” ujar Simatupang.

Alumni Akabri Kepolisian tahun 1997 ini ungkapkan rotasi jabatan dalam organisasi kepolisian merupakan sebuah hal yang biasa untuk penyegaran organisasi. Demikian pulau merupakan salah satu promosi kepada para personil yang berprestasi dimana pastinya akan mendapat jabatan sebagai salah satu bentuk perhatian dari pimpinan.

Kepada para pejabat lama, AKBP Simatupang yang pernah menjabat Kapolres Pulau Buru mengucapkan terima kasih atas semua pengabdian dan dedikasinya selama bertugas di Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease hingga mendapat kenaikan tingkat menjadi Polresta.

“Kepada Kompol Ferry yang mendapat jabatan sebagai PS Kasubbid Wabprof Bidpropam Polda Maluku. Ini merupakan promosi karena jabatannya sekarang merupakan job pangkat AKBP. Walaupun belum waktunya naik pangkat AKBP, kita doakan semoga pada waktunya bisa mendapat kenaikan pangkat AKBP. Saya ucapkan terima kasih karena sudah membantu saya selaku Kapolresta walau waktunya singkat hanya sekitar 30 hari,” tandas Simatupang.

BACA JUGA:  Polresta Sidoarjo Raih Predikat Pelayanan Prima dari Kemenpan RB
Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang menyematkan tanda jabatan kepada Kasatlantas baru AKP Ganesha Sinambela

Ucapan terima kasih juga ia ucapkan kepada Iptu Fiat Ari Suhada, Iptu Hafifi Yagelissa serta Ipda Aris karena telah membantu tugasnya selama sebulan ini. Banyak sudah tugas serta hal-hal positif yang ditorehkan para pejabat lama ini sehingga Simatupang sangat mengapresiasi keberadaan mereka.

Sementara kepada para pejabat baru yaitu AKP Ganesha Sinambela, AKP Josef de Fretes serta Iptu Karimuddin, orang nomor satu di jajaran Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease ini mengucapkan selamat bergabung dan bertugas di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Ia ingatkan mendapat tempat tugas baru pasti tantangan tugas serta suasana akan berbeda. Karena itu, ia meminta kepada para pejabat baru untuk segera menyesuaikan dengan lingkungan tugas yang baru.

“Kepada para pejabat baru, selamat bergabung dan bertugas di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Yang pasti tantangan tugas di tempat tugas yang baru akan berbeda. Ada suasana baru di lingkup tugas yang baru. Karena itu saya berharap untuk segera menyesuaikan dengan lingkup tugas yang baru,” tandasnya.

Upacara sertijab dihadiri para pejabat utama, Kapolsek jajaran serta personil Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Usai upacara sertijab, seluruh peserta upacara berjabat tangan dengan pejabat lama dan pejabat baru. Kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah pisah sambut pejabat lama dan baru yang dilaksanakan di aula Mapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. (Manuel)

Komentar