oleh

Kapolri Beri Bonus Polisi “Guru” di Maluku Sekolah Perwira Jalur Khusus

-Daerah-8.437 views

Kabartoday, AMBON – Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian memberi reward khusus kepada Polisi “Guru” Bripka Bastian Tuhuteru, anggota Polda Maluku yang terpilih sebagai peringkat I polisi teladan tingkat nasional tahun 2019.

Selain Piagam penghargaan serta uang tunai sebesar Rp. 100 juta, Kapolri juga memberikan kesempatan kepada Tuhuteru yang saat ini menjabat PS. Panit I Unit Binmas Polsek Namrole Polres Buru untuk mengikuti sekolah pembentukan perwira (Setukpa) Polri tahun 2020 melalui jalur talent scouting.

“Yang pertama, kami keluarga besar Polda Maluku dengan prestasi Bripka Bastian Tuhuteru menyabet peringkat pertama polisi teladan nasional tahun 2019. Ini prestasi luar biasa dan bonus bagi Polda Maluku jelang HUT Bhayangkara nanti,” jelas Kabid Humas Polda Maluku Komisaris Besar Polisi Muhammad Roem Ohoirat kepada wartawan Senin (17/6) di Ambon.

Menurutnya, prestasi yang dicapai Bripka Bastian Tuhuteru ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasinya bertahun-tahun sebagai anggota Polri di Satuan Binmas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Ohoirat ungkapkan hasil loyalitasnya selama ini sebagai seorang Bhabinkamtibmas berbuah manis dimana selain Piagam penghargaan yang ditandatangani langsung oleh Kapolri serta hadiah uang tunai Rp. 100 juta, Bripka Bastian Tuhuteru mendapat bonus khusus diberi kesempatan mengikuti sekolah pendidikan pembentukan perwira (Setukpa) Polri tahun 2020 nanti lewat jalur khususkhusus talent scouting.

BACA JUGA:  Petugas Gabungan Walikota Jakarta Barat Sita 1.347 Miras dan Segel Lokasi Hiburan Malam

“Oleh Kapolri, anggota kita ini mendapat kesempatan untuk mengikuti sekolah perwira tahun depan melalui jalur khusus talent scouting,” tukasnya.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Maluku Roem Ohoirat diapit dua polisi berprestasi Bripka Bastian Tuhuteru dan Ipda Arthur Hurulean

Ohoirat yang pernah menjabat Wadirreskrimum Polda Maluku ini berharap, prestasi yang ditorehkan Tuhuteru ini dapat memacu anggota Polri lainnya dilingkup Polda Maluku untuk bisa meraih prestasi yang sama di tahun-tahun yang akan datang.

Ia beberkan, sebagai seorang anggota Polri tidak semata-mata hanya melaksanakan tugas menjaga Kamtibmas saja, namun lebih dari pada itu bisa membantu masyarakat sekitar dengan segala kemampuan serta talent yang dimiliki.

Ia mencontohkan Tuhuteru yang tidak hanya sebagai anggota polisi, tetapi lebih dari itu melayani sesama sebagai tenaga pengajar atau guru pada sekolah yang kekurangan guru di wilayah hukumnya.

BACA JUGA:  Remaja Asal Desa Liang Dikeroyok dan Ditikam

Tuhuteru diumumkan sebagai peringkat pertama Polisi Teladan Nasional tahun 2019 pada acara Musrenbang Polri 2019 di Hotel JS Luwansa Kuningan Jakarta, Rabu (12/6) yang disaksikan langsung Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa.

Hadiah berupa piagam penghargaan serta uang pembinaan sebesar Rp. 100 juta diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Maluku Tito Karnavian dihadapan seluruh peserta Musrenbang dari Mabes Polri maupun 34 Polda se-Indonesia.

Bripka Tuhuteru yang pada tanggal 20 Juli mendatang genap berusia 32 tahun itu menyisihkan lima rekan polisi lainnya yang masuk dalam nominasi enam besar.

Lima nominator lain yang berhasil disisihkan Tuhuteru yaitu pertama, Brigadir Eko Julianto, jabatan Bintara Polsek Wonogiri Kota Polres Wonogiri. Kedua, Brigadir Krispianus Ola Komek jabatan Bhabinkamtibmas Desa Kenebibi Polsek Kakuluk Mesak Polres Belu.

Ketiga, Aiptu I Dewa Gede Karang, Jabatan Bhabinkamtibmas Desa Bangun Rejo Polres Kutai Kartanegara. Keempat, Iptu Susila jabatan Kanit Binkamsa Satbinmas Polres Sleman Polda DIY dan terakhir Kompol Syarifah Salbiah jabatan Kasat Lantas Polresta Pontianak Kota.

BACA JUGA:  Asdiansyah Terpilih Menjadi Kades Kadu, Begini Pesan Kapolsek Curug

Bripka Bastian Tuheteru, lulusan pendidikan pembentukan bintara (Diktukba) angkatan 27 tahun 2005 lalu di SPN Passo Polda Maluku mendapat penilaian terbaik atas prestasinya mendirikan sekolah di daerah terpencil dan berperan aktif sebagai tenaga pendidik anak-anak di Dusun Walafau, Desa Wamkana, Kecamatan Nampol, Kabupaten Buru Selatan.

Tuhuteru menyandang gelar Sarjana Pendidikan jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling lulusan Universitas Pattimura tahun 2012.

Prestasi sensasional lainnya pernah ditorehkan anggota Polda Maluku lainnya di tahun 2017 lalu. Adalah Brigadir Polisi Arthur Hurulean yang saat itu menjabat Bhabinkamtibmas Desa Langgur Polres Maluku Tenggara.

Atas usahanya meningkatkan minat baca anak-anak serta masyarakat di sekitar Kota Langgur dengan cara membuka perpustakaan mini di dalam kompleks pasar dan terminal Langgur, Hurulean mendapat kado istimewa diundang langsung Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Mei 2017 lalu.

Sebelumnya, pada tanggal 1 Mei 2017 Hurulean berkesempatan bertemu dengan Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian. Atas prestasinya itu, Hurulean diberi bonus oleh Kapolri dengan mendapat kesempatan mengikuti Sekolah Inspektur polisi tahun 2018 tanpa lewat proses administrasi.

Saat ini Hurulean telah menyandang pangkat Inspektur Dua dan bertugas di Gegana Brimob dan Maluku. (MAL)

Komentar