oleh

Kapolsek KPYS Ambon Pimpin Tim Gabungan Sterilisasi Debarkasi Penumpang KM Nggapulu di Ambon

-Daerah-40 views

Kabartoday, AMBON – Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Arief Budiharso memimpin tim gabungan melakukan pengamanan serta pemeriksaan kesehatan terhadap kedatangan (debarkasi) ratusan penumpang KM Nggapulu yang turun di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon Minggu (29/3/2020) malam.

Tim gabungan yang terdiri dari instansi kepolisian, Kodim 1504/Ambon, PT Pelni Cabang Ambon, Kantor KSOP Klas I Ambon, PT Pelindo Ambon, Satpol PP Pemprov Maluku, Tagana Provinsi Maluku, Dinas Kesehatan Pelabuhan (Kespel) Pelabuhan Yos Sudarso serta Kesehatan Karantina Klas II Ambon.

Mereka akan melakukan pengamanan terhadap kedatangan KM. NGAPULU sekaligus dilakukan pengecekan suhu tubuh antisipasi Virus Covid-19 terhadap para penumpang yang turun. KM Nggapulu sendiri tiba sekitar pukul 23.00 WIT membawa penumpang dari Jakarta, Surabaya, Makassar serta Bau-Bau.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Arief Budiharso,SH,SIK

 

Satu jam sebelum KM Nggapulu sandar di pelabuhan Yos Sudarso, tim gabungan melakukan apel di dermaga yang dipimpin Kapolsek KPYS AKP Arief Budiharso dan dihadiri oleh Kepala PT Pelni Cabang Ambon Samto, Manajer TPB Pelindo Bowo, Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Pemprov Maluku John Lalihatu.

BACA JUGA:  Diduga Kutip Bayaran KK/KTP Rp. 220 Ribu, Staf PNS Lurah Beting Kuala Kapias Ditangkap Polisi

Dalam arahannya selalu pemimpin apel, Budiharso katakan pengamanan yang dilakukan tim gabungan malam ini adalah untuk menindaklanjuti maklumat Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail terkait penanganan Covid-19.

Kapolsek KPYS Ambon AKP Arief Budiharso,SH,SIK sedang memberikan arahan kepada tim gabungan saat apel untuk pengamanan serta pemeriksaan suhu tubuh penumpang KM Nggapulu yang turun di Pelabuhan Yos Sudarso Minggu (29/3/2020) malam.

“Kegiatan kita malam ini adalah untuk menindaklanjuti maklumat Gubernur Maluku terkait penanganan Covid-19. Karena itu direncanakan untuk penumpang yang turun di pelabuhan Yos Sudarso Ambon akan dipisahkan antara yang mempunyai KTP Maluku dan dari luar Maluku,” jelasnya.

Ia jelaskan untuk teknis pelaksanaan bahwa penumpang sejak dalam perjalanan di atas kapal sudah diberikan formulir identitas. Pada saat turun di pelabuhan ada petugas dari pelabuhan, dimana penumpang menyerahkan formulir dan menunjukkan KTP penumpang.

“Selanjutnya petugas telah menyediakan dua jenis kartu, yaitu untuk penumpang yang mempunyai KTP wilayah Maluku khususnya berdomisili di Pulau Ambon akan diberikan Kartu Warna Hijau. Kemudian keluar dari pelabuhan melewati pintu keluar seperti biasa dan diarahkan agar karantina mandiri di rumah masing-masing,” terang Budiharso.

BACA JUGA:  Dampak Covid-19, Kapolres Kepulauan Aru Beri Bantuan Sembako ke Warga

Sementara untuk penumpang mempunyai KTP luar wilayah Maluku akan diberikan Kartu warna Kuning. Mereka diarahkan ke tenda yang telah disiapkan. Kemudian akan dibawa ke Balai Diklat Maluku untuk dikarantina selama 14 hari.

Mantan Kasatreskrim Polres Maluku Tenggara ini meminta kepada seluruh personil TNI/Polri untuk membantu mengarahkan para penumpang yang turun sesuai alur dan SOP yang telah disepakati.

Pantauan media ini, saat ratusan penumpang KM Nggapulu mulai turun di Pelabuhan Yos Sudarso, satu persatu mereka diarahkan petugas ke jalur yang telah disediakan untuk dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Ada empat jalur yang disiapkan dan telah menunggu petugas medis dari Dinas Kesehatan Pelabuhan dengan alat pengecekan suhu tubuh.

Petugas medis melakukan pemeriksaan suhu tubuh para penumpang KM Nggapulu yang tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon Minggu (29/3/2020) malam antisipasi penyebaran Covid-19

Satu persatu penumpang dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Hingga pemeriksaan pada penumpang terakhir tidak ditemukan adanya penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 38°Celsius.

Dari data yang diterima, penumpang turun sebanyak 548 jiwa, penumpang lanjutan 615 jiwa, penumpang naik sebanyak 1.086 jiwa dan Kru Kapal berjumlah 112 orang.

BACA JUGA:  Pengamat Politik: PILBUP 2021 Peluang Menang Incumben Masih Tinggi

Bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan suhu tubuh, disampaikan pula maklumat Kapolri kepada para penumpang turun oleh Wakapolsek KPYS IPDA Abdul Kadir Kiat terkait dengan Pencegahan Covid-19 Antara lain makan makanan bergizi seimbang, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

Para penumpang juga diminta menjaga kebersihan lingkungan, minum air putih sebanyak 8 gelas sehari, tidak boleh merokok, makan makanan yang di masak sempurna dan jangan makan makanan dari hewan yang berpotensi menularkan Virus.

Dihimbau pula bila mengalami gangguan kesehatan seperti demam, batuk, pilek, dan sesak nafas segera ke fasilitas Kesehatan terdekat. Diminta juga untuk selalu melakukan Social Distance atau mengurangi aktivitas di luar rumah kecuali sangat diperlukan dan hindari keramaian.

Penumpang diminta juga untuk tetap tenang, jangan panik, jangan mudah percaya berita Hoax dan ikuti perkembangan informasi Virus Corona dari Pemerintah dan Instansi terkait serta jangan lupa berdoa saat beraktivitas. (Imanuel)

Komentar