oleh

Kembali Kunjungi Narapidana di Lapas Ambon, Kapolda Maluku : Belum Tentu Mereka Lebih Buruk Dari Kita

Kabartoday, AMBON – Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar kembali berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Ambon Kamis (19/3/2020). Ini merupakan kali kedua orang nomor satu di Polda Maluku itu mengunjungi tempat bagi para pelaku kejahatan menjalani hukuman sebagai pertanggungjawaban atas perbuatan mereka sejak resmi menjabat Kapolda Maluku Selasa (11/2/2020).

Kunjungan pertama Djafar dilakukan Rabu (4/3/2020) lalu. Jadi, hanya dalam dua pekan, jenderal pendakwah ini dua kali bersilaturahmi dengan para pelaku kejahatan yang sedang diperbaiki akhlak, karakter serta kehidupan mereka di Lapas Ambon.

Di Lapas Ambon ini, Djafar menemui para warga binaan di dua lokasi berbeda. Untuk warga binaan yang beragama Kristen, lokasi pertemuan di gereja Solagracia. Sementara untuk warga binaan yang beragama Islam, silaturahmi dilakukan di Masjid At-Taubah. Kedua rumah ibadah ini terletak di kompleks Lapas Ambon.

BACA JUGA:  Proyek Pembangunan Normalisasi Saluran Air Dikeluhkan Warga Serdang Kulon
Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar,M.Si memberikan salam kepada para narapidana beragama Kristen di gedung Gereja Solagracia, Kompleks Lapas Klas II Ambon, Kamis (19/3/2020)

Dalam kunjungannya kali ini Kapolda Maluku didampingi Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Maluku Komisaris Besar Polisi Sih Harno, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Maluku Komisaris Besar Polisi Eko Santoso serta Kapolsek Baguala Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Morlan Hutahean.

BACA JUGA:  Kapolres Ambon Pimpin Sertijab Empat Jabatan Utama

Saat silaturahmi dengan ratusan warga binaan beragama Kristen, alumni Akabri Kepolisian tahun 1986 ini tetap bersahaja. Ia selalu menghargai keberadaan para pelaku kejahatan ini serta memperlakukan mereka sama dengan warga lainnya di luar Lapas.

Menurut mantan Kapolda Sulawesi Barat ini, belum tentu orang lain yang berada di luar Lapas lebih baik dari para warga binaan. Hal ini ia katakan karena ia meyakini tidak ada manusia yang bersih maupun suci tanpa kesalahan di dunia ini.

BACA JUGA:  Apel Tiga Pilar Patroli Rayonisasi
Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar,M.Si saat bersilaturahmi dengan ratusan narapidana beragama Kristen di Lapas Klas II Ambon, Kamis (19/3/2020)

“Bapak-bapak yang ada disini belum tentu lebih buruk dari kita. Karena aib kita yang masih di tutupi oleh Allah SWT,” tandas Djafar sekaligus merupakan salah satu bentuk motivasi penguatan kepada para warga binaan.

Usai bersilaturahmi dengan warga binaan beragama Kristen, Djafar melanjutkan silaturahmi dengan warga binaan beragama Islam sekaligus melaksanakan ibadah Sholat Dzuhur berjamaah di Masjid At-Taubah. (Imanuel)

Komentar