oleh

KMP Terubuk Yang Nyaris Tenggelam di Perairan Kairatu Dievakuasi ke Ambon

-Daerah-220 views

Kabartoday, AMBON – Kapal Motor Penumpang (KMP) Terubuk yang nyaris tenggelam Kamis (2/1/2020) malam di perairan pantai Kairatu berhasil dievakuasi ke Dermaga Hunimua, Desa Liang, Pulau Ambon.

KMP Terubuk bertolak dari pantai Gemba, Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat Jumat (3/1/2020) pukul 07.00 WIT dan tiba di dermaga Hunimua pukul 09.10 WIT. Kapal serta muatan kendaraan bermotor milik penumpang tiba dengan selamat di dermaga Hunimua.

General Manager PT ASDP Ferry Cabang Ambon Sugihartono melalui manager usaha Abdillah mengatakan setelah dilakukan perbaikan emergency, KMP Terubuk kemudian berlayar ke Ambon.

“Setelah kejadian semalam itu, langsung dilakukan perbaikan emergency terhadap lambung kapal yang bocor. Setelah perbaikan selesai, kapal bisa dipakai sementara. KMP Terubuk langsung meluncur ke Dermaga Hunimua Ambon pagi ini,” jelas Abdillah kepada kabartoday melalui saluran telepon seluler Jumat (3/1/2020) pagi.

BACA JUGA:  Muslim Arbi Nilai Ceteknya Argumen Petisi Pencopotan Anies Baswedan
Abdillah, Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ambon

Ia katakan, setelah dilakukan perbaikan emergency, awalnya direncanakan KMP Terubuk dievakuasi kembali ke Dermaga Waipirit Kabupaten SBB. Tetapi masih tingginya gelombang laut dikhawatirkan akan kembali terjadi benturan kapal dengan dermaga yang bisa berakibat kerusakan lagi di badan kapal.

Karenanya, nakhoda kapal setelah berkoordinasi dengan pihak manajemen memutuskan untuk mengevakuasi kapal serta seluruh muatan kendaraan bermotor berlayar menuju dermaga Hunimua Ambon.

“Setelah berlayar lebih kurang 2 jam 10 menit, kapal tiba di dermaga Hunimua Liang pukul 09.10 WIT. Semua kendaraan bermotor serta muatan penumpang aman bersama kapal,” ungkap Abdillah.

BACA JUGA:  Turut Berduka Cita Kapolres Pandeglang Hadiri Pemakaman Alm KH. Ahmad Syulala Sanusy

Sementara 67 orang penumpang KMP Terubuk telah dievakuasi lebih dulu ke Ambon Jumat (3/1/2020) pagi menggunakan trip pertama pelayaran.

“Seluruh penumpang telah kita evakuasi lebih dulu dengan trip pertama KMP Inelika tadi pagi dari Waipirit ke Ambon,” kata Abdillah.

Ia tegaskan seluruh penumpang KMP Terubuk menjadi tanggung jawab PT ASDP. Saat dievakuasi dari KMP Terubuk Kamis (2/1/2020) malam, langsung mendapat penanganan.

“Penumpang semalam sudah di evakuasi. Kita memberikan pelayanan makan malam. Para penumpang juga kita istirahatkan di penginapan sampai dievakuasi ke Ambon tadi pagi. Seluruh biaya menjadi tanggung jawab kami dari PT. ASDP,” terangnya.

BACA JUGA:  Reskrim Polsek Banyuwangi Gelandang Pencuri dan Penadah HP Yang Beroperasi di Kota

KMP Terubuk mengalami musibah dalam pelayaran dari Waipirit ke Ambon Kamis (2/1/2020) malam. Kapal nyaris tenggelam. Lambung kiri bagian buritan kapal mengalami kebocoran sehingga air laut sempat masuk ke dalam kapal. Saat itu kapal telah berlayar sejauh 1,7 mil laut atau sekitar 3,1 kilometer dari dermaga Waipirit.

Namun kapal kemudian berbalik haluan menuju pantai terdekat untuk tindakan penyelamatan. Kapal kemudian kandas sekitar 50 meter dari bibir pantai Desa Gemba Kecamatan Kairatu Seram Bagian Barat. Seluruh penumpang kapal berjumlah 67 orang, 16 ABK serta puluhan kendaraan bermotor berhasil selamat.

KMP Terubuk dioperasikan PT ASDP Ferry dengan rute Pelabuhan Penyeberangan Hunimua Desa Liang Pulau Ambon – Pelabuhan Penyeberangan Waipirit, Kairatu Kecamatan Seram Bagian Barat pulang pergi setiap hari. Manuel)

Komentar