oleh

Kodim 1504/Ambon Gelar Donor Darah Hadapi Pandemi Covid-19

Kabartoday, AMBON – Menghadapi makin mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang makin masif menyerang Indonesia, lebih khusus lagi di Pulau Ambon dan sekitarnya, semua institusi maupun elemen masyarakat harus bersiap diri.

Menghadapi masalah ini, Kodim 1504/Ambon menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) donor darah. Donor darah ini dilaksanakan Rabu (7/4/2020) di aula Makodim 1504/Ambon.

Komandan Kodim 1504/Ambon Kolonel (Kav) Cecep Tandi Sutandi menjelaskan tujuan kegiatan bakti sosial ini adalah untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon dalam penyediaan stok darah.

Kolonel Kav Cecep Tendi Sutandi,SH, Komandan Kodim 1504/Ambon

“Kegiatan Donor Darah ini merupakan kegiatan Bakti Sosial TNI dalam hal ini Kodim 1504/Ambon bekerjasama dengan PMI Kota Ambon. Tujuannya membantu PMI dalam penyediaan stock darah ditengah pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Kota Ambon dan sekitarnya,” ujar Cecep.

BACA JUGA:  Bupati Kampar Puji Ide dan Inovasi Camat Tambang

Lewat kegiatan sosial ini, darah yang didonorkan para prajurit Kodim 1504/Ambon ini berhasil terkumpul 13 kantong darah berbagai golongan. Setiap kantong berisi 350 cc darah segar. Golongan darah “A” sebanyak 6 kantong, golongan darah “B” dan “AB” masing-masing sebanyak dua kantong serta golongan darah “O” ada tiga kantong.

Tema yang diusung dalam kegiatan bakti sosial ini adalah “Bakti Sosial Donor Darah Kodim 1504/Ambon Menghadapi Kondisi Social Distancing Pandemi Covid-19”.

Para prajurit Kodim 1504/Ambon sedang didata dan diperiksa kesehatan oleh tim PMI Kota Ambon sebelum mendonorkan darah mereka.

Pjs Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 1504/Ambon Mayor (Inf) M Ibrahim Soulissa sebagai penanggung jawab teknis kegiatan donor darah ini katakan untuk kegiatan ini, prajurit Kodim 1504/Ambon yang disiapkan sebanyak 50 orang.

BACA JUGA:  Di Banyuwangi Ada Pelayanan Publik Mandiri, Urus Dokumen Tanpa Ketemu Petugas

“Untuk kegiatan donor darah ini, kita hadirkan 50 anggota yang rata-rata merupakan personil Babinsa (Bintara Pembina Desa) di wilayah teritorial Kodim 1504/Ambon. Nanti pihak PMI yang akan melakukan screening, anggota mana yang memenuhi syarat untuk bisa mendonorkan darahnya,” ungkapnya.

Soulissa yang menjabat Komandan Koramil (Danramil) 1504-02/Sirimau katakan setelah melewati screening atau pemeriksaan kesehatan oleh tim PMI Kota Ambon, ternyata hanya 13 prajurit yang dinyatakan bisa menjadi pendonor. Salah satu diantara para pendonor ini adalah Danramil 1504-06/Nusaniwe Kapten (Inf) Dede Ruhiat.

Kapten Inf Dede Ruhiat, Danramil 1504-06/Nusaniwe yang juga menjabat Pjs Pasi Intel Kodim 1504/Ambon saat sedang mendonorkan darahnya.

Pantauan media ini saat pelaksanaan donor darah, tampak satu persatu prajurit Kodim 1504/Ambon menuju meja tim PMI Kota Ambon yang dipimpin bapak Wem Latumahina untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Para prajurit ini didata dan kemudian diperiksa tekanan darahnya. Bila memenuhi syarat, mereka menuju ke tempat tidur yang sudah disediakan untuk proses transfusi darah ke kantong penampung yang disediakan.

BACA JUGA:  Kenakan Baju Melayu Warna Putih, Bupati Kampar sambangi Para Petinggi Riau

Ketua tim PMI Wem Latumahina menyampaikan apresiasi serta ucapan Terima kasihnya atas inisiatif kegiatan donor darah oleh Kodim 1504/Ambon. Menurutnya bantuan darah para prajurit ini akan sangat membantu pihak PMI dalam hal penyediaan stok darah bila sewaktu-waktu dibutuhkan warga Kota Ambon.

“Kami dari PMI sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pak Dandim 1504/Ambon beserta prajuritnya atas terselenggaranya kegiatan ini. Darah yang disumbangkan para prajurit ini akan sangat berarti bagi PMI dalam hal penyediaan stok darah bagi warga Kota Ambon yang membutuhkan,” tukasnya. (Imanuel)

Komentar