oleh

Komitmen Sukseskan Pilkada, Polres Kepulauan Aru Gelar Rakor Lintas Sektoral

Kabartoday, DOBO – Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto bertekad dan berkomitmen agar pelaksanaan Pilkada Kabupaten Kepulauan Aru tahun 2020 berjalan aman, lancar dan sukses. Untuk itu, Polres Aru tidak mau main-main atau menyepelekan hal-hal kecil yang sekiranya berpotensi mengganggu jalannya proses Pilkada yang sementara berjalan. Karena itu, Polres Kepulauan Aru berinisiatif menggelar rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dengan sejumlah instansi terkait agar Pilkada dapat berjalan sukses.

Rakor sinergitas lintas sektoral ini dengan tajuk menuju Pilkada Kepulauan Aru yang aman, damai dan bermartabat tahun 2020 digelar Rabu (4/3/2020) di aula Wirasatya Mapolres Kepulauan Aru. Salah satu tujuan rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi sinergitas antar lintas sektoral.

 

Instansi terkait yang hadir pada rakor ini antara lain Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kepulauan Aru Mustafa Darakay, Ketua Bawaslu Kepulauan Aru Amran Bugis, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Kepulauan Aru Henly Lakburlawal serta sejumlah Pejabat Utama Polres Kepulauan Aru seperti Wakapolres Kepulauan Aru Kompol Petrus Passauw, Kabag Ops Polres Kepulauan Aru AKP Florensius Teddy, para Kabag dan Kasat serta Polsek jajaran Polres Kepulauan Aru.

BACA JUGA:  Seorang Bandar Narkoba Diringkus Resnarkoba Polres Kampar

Dalam rakor tersebut seluruh peserta yang hadir membicarakan berbagai hal soal menuju suksesnya Pilkada di bumi Jargaria. Beberapa hal yang jadi pusat pembahasan antara lain masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT), cara bertindak Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dan lainnya agar terwujudnya Pilkada aman, damai dan bermartabat.

“Kita semua harus berkomitmen untuk pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Kepulauan Aru dapat berjalan lancar, aman dan sukses. Karena itu kita harus bekerja sama dalam hal ini untuk mensukseskan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Kepulauan Aru yang kita cintai ini,” papar Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto.

BACA JUGA:  Penemuan Mayat Laki-Laki di Jl. Poris Kota Tangerang

Alumni Akpol Tahun 1999 ini jelaskan proses pembahasan tentang persiapan pelaksanaan pengamanan Pilkada, kemudian tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkadanya. Untuk itu diperlukan adanya sinergitas antar penyelenggara untuk pelaksanaan Pilkada 2020.

Suasana rakor lintas sektoral kesiapan pengamanan Pilkada Kabupaten Kepulauan Aru

Budiarto tegaskan untuk pelaksanaan pengamanan Pilkada, sampai saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait sehingga berjalan dengan baik dan lancar.

“Seperti sebelumnya yang pernah saya informasikan, bahwa untuk proses pengamanan itu ada pola kemudian ada metode yang harus kami lakukan terlebih dahulu. Kemudian nanti berdasarkan TPS, DPT dan situasi yang berkembang pada saat nanti proses pelaksanaan Pilkada maupun tahapan-tahapan sebelumnya,” jelasnya.

BACA JUGA:  Ibu Satu Ini Bukan Sembarang Caleg

Sedangkan untuk penandatanganan komitmen bersama untuk Pilkada damai, aman dan bermartabat menurut Kapolres Kepulauan Aru, nantinya akan dilaksanakan pada tahapan selanjutnya oleh KPUD Kepulauan Aru.

“Kalau ini tahap awal, untuk lintas sektoral membicarakan tahap awal semuanya, nanti setelah itu baru ada tahap berikutnya mungkin kami akan melaksanakan tahapan untuk Pilkada damai, penandatanganan atau pun hal-hal lain teknis yang harus dilakukan,” sambungnya.

Terkait kegiatan ini, Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Aru Mustafa Darakay dan Ketua Bawaslu Amran Bugis menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto beserta
jajaran yang telah menginisiasi terselenggaranya rakor lintas sektoral ini.

“Semoga Pilkada serentak di Kabupaten Kepulauan Aru akan berjalan dengan sukses sesuai dengan rencana,” ujar Darakay. (Imanuel)

Komentar