oleh

Konyol… Berita Apa Adanya, Menkominfo Bilang Hoax

kabartoday, Jakarta – Dari segi definisi, kepanjangan dari VPN adalah Virtual Private Network atau dalam bahasa indonesia dapat diartikan jaringan pribadi virtual.

Fungsi dari diciptakannya teknologi VPN itu sendiri adalah untuk menciptakan koneksi jaringan aman dari jaringan publik internet yang biasa kita gunakan atau jaringan operator penyedia koneski internet kita gunakan (jaringan bawaan operator/penyedia jasa layanan internet).

Sekarang apa maksud Menkominfo menyatakan hal seperti itu? Tujuannya adalah menakut-nakuti pengguna awam yang relatif takut dengan virus/menjadi tidak amannya gadget yang dipakainya, sehingga mereka akan menghapus VPN dari gadgetnya dan terpaksa menyerah dengan pemblokiran yang dilakukan pemerintah dengan goal akhir adalah menghindari penyebaran foto atau video dari lapangan khususnya dalam konteks kejadian aksi tanggal 21 dan 22 Mei kemarin.

BACA JUGA:  FWJ Kecam Putusan Hakim PN Jakarta Pusat

Kemajuan tehnologi membuat masyarakat lebih tau kejadian dilapangan seperti apa, bukan bentuk laporan anak buah atau pesuruh yang selalu bagus dan direkayasa.

Kebanyakan masyarakat sudah hilang kepercayaannya terhadap penyaji informasi siaran televisi, menurut mereka tayangan-tayangannya hanya untuk menuduh masyarakat dengan memutar balikan fakta.

Bahkan bukan hanya siaran televisi, media-media online yang memiliki nama besarpun sulit dipercaya, karena masyarakat tidak lagi mudah dikelabui oleh sajian-sajian Asal Bapak Senang (ABS).

BACA JUGA:  TPKR Siap Bongkar Kematian 700 Orang KPPS dan Tewasnya 8 Orang di Aksi 21-22 Mei

Masihkah anda ingat pernyataan pihak Polri tentang admin Opposite6980 dalam kasus dibongkarnya aplikasi Alumni Sambhar? Dalam wawancaranya dengan Aiman KompasTV dia mengatakan ‘orangnya ada di singapure, komputernya ada di filipin.. orangnya di filipin, komputernya ada di singapur” itu?’

Pernahkah anda berpikir kenapa polisi kesulitan mendapatkan lokasi dari Opposite6890? Itu semua berkat teknologi VPN yang mengecohkan lokasi Opposite6890 sehingga bahkan sampai sekelas Dit. Siber Mabes Polri saja sampai sekarang tidak bisa menemukan lokasi admin Opposite6890.

BACA JUGA:  Win Ikut Hadiri Halal Bihalal Bersama Tokoh Nasional

Kesimpulannya, VPN itu teknologi yang aman bahkan lebih aman daripada jaringan yang disediakan oleh operator seluler atau penyedia layanan internet. Sekian dan semoga bermanfaat.(Hsw/red)

Komentar