oleh

Lambung Kiri Bocor, KMP Terubuk Nyaris Tenggelam

-Daerah-43 views

Kabartoday, AMBON – Kapal Motor Penumpang (KMP) Terubuk nyaris tenggelam di perairan pantai Kairatu Kecamatan Seram Bagian Barat (SBB) Kamis (2/1/2020) sekitar pukul 19.30 WIT. Penyebabnya diduga karena lambung bagian buritan kiri kapal mengalami kebocoran sehingga air laut masuk ke dalam kapal.

Informasi yang dihimpun media ini pada malam naas tersebut, KMP Terubuk berlayar dari pelabuhan Waipirit Kecamatan Kairatu Kabupaten SBB menuju Pelabuhan Hunimua Desa Liang Kecamatan Salahutu di Pulau Ambon.

Kapal berbobot 338 Gross Tonnage (GT) ini bertolak dari Pelabuhan Waipirit pukul 19.10 WIT lebih cepat 50 menit dari jadwal sebenarnya pukul 20.00 WIT. Kapal dengan ABK 16 orang ini, membawa 67 penumpang, lima unit kendaraan roda enam, sembilan unit kendaraan roda empat serta 19 unit kendaraan roda dua.

BACA JUGA:  Polres Sarolangun diadukan ke Propam Mabes Polri dan Komnas HAM RI

Saat bertolak dari dermaga Waipirit, seluruh ABK termasuk nakhoda belum menyadari kapal mengalami kebocoran. Nakhoda kapal dan ABK baru mengetahui kapal mengalami kebocoran saat kapal sudah 20 menit berlayar dengan jarak tempuh sekitar 1,7 mil atau sekitar 3,1 kilometer dari dermaga Waipirit.

Mengetahui lambung kapal bocor, nakhoda menginformasikan kepada seluruh penumpang. Kepanikan serta ketakutan sempat melanda para penumpang di atas kapal. Namun nakhoda serta ABK menenangkan penumpang dan meminta untuk mengikuti Standard Operation Procedure (SOP) keadaan membahayakan di kapal. Para penumpang diminta tenang dan segera menggunakan jaket penyelamat (life jacket) yang tersimpan di tempat yang telah disediakan. Para penumpang juga diminta untuk mengikuti seluruh instruksi pihak kapal.

BACA JUGA:  Antisipasi Guantibmas Jelang Ramadhan Bekasi Kota

Nakhoda kapal kemudian berinisiatif merubah haluan kapal mencari lokasi pantai terdekat untuk menghindari resiko yang lebih fatal. Dalam terpaan gelombang laut yang cukup tinggi, KMP Terubuk berbalik arah menuju pesisir pantai Gemba, Kairatu. Setelah berjuang sekitar 30 menit, KMP Terubuk akhirnya bisa mencapai bibir pantai Gemba yang berjarak sekitar satu kilometer dari dermaga Waipirit. Kapal kandas sekitar 50 meter dari bibir pantai.

BACA JUGA:  Gadis Belia Jadi Korban Pencabulan, Pelaku Masih Bebas Berkeliaran!

Evakuasi darurat dilakukan terhadap 67 penumpang. Seluruh penumpang diselamatkan ke daratan pantai menggunakan liferaft (perahu penyelamat dengan tenda pelindung) milik KMP Terubuk. Sementara kendaraan tetap berada di kapal.

Manager usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ambon Abdillah membenarkan peristiwa ini. “Iya benar kejadian di KMP Terubuk. Seluruh penumpang berhasil diselamatkan. Penyebabnya lambung kapal bocor karena benturan di dermaga Waipirit,” jelasnya. (Manuel)

Komentar