oleh

Lamhot Sinaga : Pemerintah Melalui Peran BUMN Harus Maksimal Menanggulagi Corona

Kabartoday, Jakarta,- Dengan diumumkannya, ada 2 orang yang dinyatakan oleh pemerintah positif Covid-19 atau virus corona dan bertambahnya suspect di berbagai daerah, maka pemerintah harus melakukan tindakan sangat serius dalam penanganannya, “hal itu dikatakan oleh Lamhot Sinaga anggota DPR RI komisi VI, Jum’at, (6/3/2020).

Pemerintah pusat dan daerah harus memaksimalkan tindakan preventif, bukan menunggu munculnya suspect baru bertindak.

Salah satu cara efektif untuk tindakan preventif adalah dengan memanfaatkan peran BUMN dan anak cucunya yang tersebar di seluruh pelosok tanah air, “tambah Lambot.

BACA JUGA:  Kanwil DJP Jawa Timur II Juanda Gelar "Pajak Bertutur" Peringati Hari Guru

Semua rumah sakit yang dimiliki BUMN harus menyediakan layanan khusus penanganan virus corona, jangan hanya berharap pada rumah sakit pemerintah saja. Rumah sakit BUMN menyediakan tanggap darurat, ruang isolasi, dan penanganan khusus untuk suspect dan yang dinyatakan positif Covid-19.

BUMN juga harus dimaksimalkan perannya, khususnya untuk sosialisasi, jadikan semua area yang diakses masyarakat dilengkapi informasi corona. Hal yang bisa dilakukan antara lain adanya Banner, leaflet dan Videotron berisi konten terkait corona di semua kantor BUMN seperti Bank, transportasi, telekomunikasi, pegadaian, hotel, tempat wisata.

BACA JUGA:  Tyasno Bersama 107 Purnawirawan TNI-Polri Siap Turun Bersama Rakyat di 22 Mei

Lamhot mencontohkan Layar ATM Bank BUMN yang diisi sosialisasi penanganan corona dan sms dari Telkomsel juga dibroadcast untuk mengingatkan masyarakat cara hidup sehat.

Untuk mendukung ketersediaan masker, hand sanitizer, dan kebutuhan pokok lainnya, BUMN harus jadi ujung tombak. Genjot semaksimal mungkin produksi masker dan hand sanitizer dan wajib dijual dengan harga normal. Holding BUMN Farmasi harus bergerak cepat dan terkoordinasi.

BACA JUGA:  Amnesty Internasional Minta Polri Bawa Anggotanya Ke Peradilan Umum

Lamhot Sinaga yang sedang berada di Dapil dalam rangka masa Reses ini meminta menteri BUMN Erik Tohir langsung memberikan perintah ke semua Direksi BUMN dan menindak mereka yang tidak melakukan upaya maksimal dalam penanganan virus Corona ini. (Rgr/red)

Komentar